SONY tengah mempersiapkan dua kamera  mirrorless full frame terbaru dan pertama di dunia,  Sony A7r dan A7. Keduanya hadir dengan tampilan fisik yang modern minimalis,  mirip dengan material magnesium yang tangguh di segala kondisi cuaca.

Dengan sensor 35mm full frame CMOS EXMOR yang sama, Sony A7r hadir dengan resolusi yang lebih tinggi dibanding Sony A7 yaitu 36.4 megapiksel dan tanpa dilengkapi optical low pass fiter, yang menjanjikan hasil foto lebih detil dan tajam.

Untuk sistem fokusnya, Sony A7r mengusung teknologi autofokus Fast Intelligent AF dengan kecepatan autofokus yang diklaim lebih cepat dan akurat. Sebagai tambahan, tersedia 3 opsi ukuran autofokus Flexible Spot AF frame yang berguna untuk meminimalisir kesalahan fokus di titik yang telah ditentukan pada subjek.

Sementara Sony A7 mampu menghasilkan foto pada resolusi maksimum 24.3 megapiksel. Dilengkapi dengan optical low pass filter dan teknologi autofokus hybrid, dan Fast Hybrid AF, yang mengkombinasikan phase dan contrast detect AF untuk kecepatan dan akurasi fokus. Selain itu, Sony A7 juga memiliki kecepatan memotret yang lebih cepat yaitu dengan kecepatan 5fps sedangkan Sony A7r hanya 4fps.
Keduanya ditunjang dengan prosesor BIONZ X terbaru yang diklaim memiliki kecepatan pemrosesan 3 kali lebih cepat. Dengan prosesor terbarunya tersebut, Sony A7r dan A7 dapat digunakan untuk memotret dan merekam video pada resolusi Full HD 1080p di sengala kondisi pencahayaan dengan hasil yang tajam dan sangat minim noise.

Tersedia opsi kontrol rekam suara serta output HDMI yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat monitor atau alat rekam tambahan saat merekam video, serta viewfinder elektronik berteknologi XGA OLED Tru-finder. Ini adalah sebuah layar fleksibel yang belum dilengkapi fitur sentuhan serta koneksi WiFi dan NFC. Sony A7r dan A7 dapat terhubung ke perangkat smartphone atau tablet PC dan kompatibel dengan platform Sony PlayMemories Camera Apps yang menyediakan opsi olah gambar sederhana seperti misalnya menambahkan efek, filter, dan pengaturan lainnya.

Sony A7r ditawarkan hanya dalam versi bodi saja, harganya sekitar US$ 2300. Untuk Sony A7 dibanderol mulai dari US$ 1700 untuk bodi saja dan US$ 2000 sepaket dengan lensa full frame Sony SEL2870 28-70mm F3.5 – F5.6.

Sejauh ini belum ada info kapan kedua kamera ini akan hadir di Indonesia. •

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.