PERUSAHAAN asal China, Lenovo, di tahun ini sangat gencar memperkenalkan produk-produk barunya di Indonesia.  Satu lagi yang baru dari Lenovo adalah Flex 14, sebuah notebook yang mengusung konsep Multi-Mode.

Hadir dengan desain yang serupa dengan pendahulunya yakni Lenovo Yoga 13, Flex 14 menawarkan solusi komputasi mobile yang ringkas dan cerdas. Pengguna dapat memutar layarnya hingga 300° untuk beralih dari mode notebook menjadi mode stand. Dalam mode stand, keyboard akan menghadap ke bawah sehingga pengguna hanya akan berinteraksi dengan layar sentuhnya. Sesuai namanya, Lenovo Flex 14 telah dilengkapi sentuh 14 inci multi-touch 10 jari.

Meski dapat diatur sedemikian rupa, Lenovo berpesan hendaknya ketika diubah posisinya, pengaturan dilakukan secara wajar untuk menghindari benturan, agar perangkat bisa tahan lama.

Berbeda dengan Yoga 13 yang mendukung 4 mode penggunaan, Flex 14 hanya mendukung 2 mode karena menggunakan desain engsel yang berbeda.   Engsel Flex 14 tidak dapat diputar hingga 360° sehingga tidak dapat dijadikan tablet.

Flex 14 yang tampil minimalis ini memiliki ketebalan sekitar 21,5 milimeter dengan berat 2 kilogram. Layarnya dilengkapi teknologi multi-touch yang bisa diakses lebih dari satu pengguna, sehingga bisa memainkan game bersama-sama pada notebook ini.

Sementara secara kemampuan, Flex 14 telah didukung dengan prosesor Intel generasi keempat, dengan dua varian yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Perbedaan mendasar dari kedua varian ini hanya terletak pada penggunaan prosesor dan kartu grafisnya saja. Spesifikasi yang berbeda ini menyebabkan harga keduanya juga menjadi berbeda.

Konfigurasi terendah Lenovo Flex 14 meliputi prosesor Intel Core i3 1.7GHz dan kartu grafis Intel HD4400, sedangkan konfigurasi kedua dilengkapi prosesor Intel Core i5 1.6GHz dan kartu grafis Nvidia GeForce GT720M. Kendati demikian dari segi fisik, tidak ada yang berbeda dari kedua varian tersebut, baik dari sisi ukuran, bobot hingga spesifikasi lainnya.

Selain mobilitas yang mempuni, Lenovo mengklaim Flex 14 sebagai notebook dengan ketahanan baterai yang tinggi. Notebook yang ditujukan untuk profesional muda ini dapat dioperasikan seharian tanpa takut kehabisan daya. Ini dikarenakan Lenovo melengkapinya dengan baterai 4 Cell Lithium-Ion. Untuk penggunaan normal, daya tahannya bisa mencapai sembilan jam. Sedangkan jika digunakan untuk menonton video dengan kualitas high definition (HD) dapat bertahan sepanjang enam jam.

Lenovo Flex 14 ini akan dipasarkan di Indonesia mulai bulan Desember 2013. Untuk konfigurasi dengan prosesor Intel Core i3, Lenovo membandrolnya seharga Rp.7.999.000, sedangkan konfigurasi dengan prosesor Intel Core i5 dipasarkan seharga Rp.8.999.000. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.