Inovasi tidak lagi sekedar menjadi kata kunci di perekonomian saat ini. Ia merupakan prasyarat bukan hanya untuk sukses, tapi untuk bertahan hidup. Inovasi adalah mesin penting dari perubahan positif, dan informasi adalah bahan bakarnya. Oleh karena itu, kemampuan untuk menemukan, menganalisis dan menggunakan informasi secara akurat dan cepat sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Hanya organisasi yang dapat beradaptasi yang akan bertahan dan berkembang.

big-data-2INFORMASI telah mengubah aturan inovasi. Dan big data telah mengubah aturan informasi itu sendiri. Pentingnya big data menjadi jelas ketika seseorang memahami definisi dari 3 V yaitu Volume (jumlah), Variation (variasi) dan Velocity (kecepatan). Big data pada akhirnya adalah sebuah transformasi cara perusahaan menghasilkan, menangkap, menyimpan, mengolah dan mendapatkan wawasan dari data.

Menurut laporan Economist Intelligence Unit  baru-baru ini, sektor jasa keuangan, perusahaan teknologi, dan perusahaan jasa profesional adalah yang paling siap untuk era data. Sebaliknya, strategi manajemen data paling sedikit ditemukan diantara manufaktur atau ritel.

Lembaga keuangan menggunakan data secara luas untuk menghitung risiko premium produk keuangan. Perusahaan farmasi menggunakan data DNA manusia untuk mendukung penemuan obat, sementara operator telekomunikasi menganalisis pola penggunaan untuk menawarkan jangkauan jaringan dan layanan yang lebih baik.
Pengelolaan dan pemanfaatan data dalam perencanaan dan operasi dapat memberikan manfaat bisnis potensial di hampir setiap industri saat ini, termasuk manufaktur, farmasi, telekomunikasi, pemerintahan, dan lainnya.

Farmasi

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kesehatan dan ilmu kehidupan (Health and Life Science) telah mengalami evolusi data yang telah terlihat di organisasi seperti rumah sakit, lembaga genomik dan perusahaan besar farmasi yang menghasilkan dan mengumpulkan data berukuran terabyte.

Rumah sakit telah beralih ke catatan kesehatan elektronik (EHRs) untuk memungkinkan catatan pasien disimpan, dikelola dan dicari diantara organisasi yang berbeda. Praktek baru ini memungkinkan penyimpanan dan pengambilan yang lebih efisien catatan pasien dan data yang relevan. Berbagai data medis seperti X-ray, Computed Tomography (CT), dan scan Magnetic  Resonance Imaging (MRI) diperoleh dan disajikan dalam format digital dan diproses melalui pengarsipan gambar dan sistem komunikasi (PACS). Sebuah catatan medis pasien dapat disimpan selama lebih dari 80 tahun, dan harus tersedia selama 24 jam dalam 7 hari.

Data yang besar, dengan volume terus meningkat ini harus dibuat digital, dibagi dan disimpan, menciptakan kebutuhan penting terhadap infrastruktur penyimpanan medis yang kuat, otomatis dan skalabilitas terus-menerus.

Media dan Hiburan

Industri media dan industri hiburan juga telah melihat perubahan fenomenal dalam cara mereka bekerja selama beberapa tahun terakhir. Di antara film, televisi, game, iklan dan desain grafis, permintaan untuk konten yang dibuat secara digital telah meningkat karena meningkatnya ketergantungan pada CGI, animasi 3-D, motion capture dan teknologi lainnya. Munculnya definisi tinggi (HD), UltraHD dan berkembangnya standar resolusi video seperti 4K berarti bahwa volume data akan terus meningkat.

Itu belum semua. Penciptaan efek-efek khusus film-film blockbuster membutuhkan sistem data yang kuat yang memungkinkan untuk pasca produksi yang lebih halus. Kemampuan ini dimungkinkan dengan memungkinkan I/O dan throughput yang lebih baik, rendering yang lebih cepat, download lebih cepat, berkurangnya kemacetan throughput, dan jendela waktu yang lebih kecil untuk transcoding.

Sarana Publik

Selain itu, sarana publik, menghasilkan sejumlah besar data yang dapat dianalisis untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi pemborosan. Sebagai contoh, lembaga yang berwenang untuk pengairan di Australia yang mengalami 50% pertumbuhan data per tahun, memerlukan solusi data yang dapat ditingkatkan seiring data dikumpulkan dan disimpan. Lembaga tersebut juga telah memulai inisiatif untuk menganalisis konsumsi air dan mempersiapkan diri untuk kebutuhan pasokan tak terduga.

Industri Minyak dan Gas

Pentingnya industri minyak dan gas di dunia saat ini tidak perlu ditekankan lagi. Habisnya sumber daya, meningkatnya biaya dan banyak sekali faktor yang tak terduga membuatnya menjadi salah satu industri yang paling intensif dalam hal data. Pengumpulan dan analisis data dapat memiliki dampak pada setiap aspek bisnisnya. Misalnya, analisis canggih, seperti pengenalan pola, diterapkan pada seperangkat data seismik untuk mengidentifikasi tanda jejak seismik produktif yang masih potensial yang sebelumnya diabaikan. Data juga dapat berperan dalam peramalan kinerja, meningkatkan pemulihan dan prediksi pemeliharaan yang dapat memiliki pengaruh pada keselamatan, kesehatan dan dampak lingkungan.

Telekomunikasi

Industri lain yang dapat memperoleh manfaat besar dari big data adalah telekomunikasi. Ledakan pertumbuhan perangkat yang tersambung ke Internet telah memperlihatkan perusahaan telekomunikasi dibebani dengan sejumlah besar data.
Menurut TM Forum Report , data telah tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 29% selama 5 tahun terakhir, dan kemungkinan akan tumbuh pada tingkat dua digit di masa depan. Saat ini, ada hampir 6 miliar ponsel yang beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini harus menghadapi sejumlah besar data yang dihasilkan oleh, dan melewati, jaringan mereka.

Penyedia layanan komunikasi juga perlu menganalisis data pelanggan untuk mengumpulkan intelijen bisnis dalam rangka memperbaiki pengalaman pelanggan, merencanakan ekspansi jaringan mereka, dan kontrol biaya.

Big data memang telah siap untuk membuat dampak yang lebih besar pada bisnis di semua industri. Namun tantangan data saat ini melebihi tantangan di masa lalu. Aktivitas bisnis, data terstruktur -seperti OLTP dan database- telah dilampaui dalam hal volume  oleh data tidak terstruktur dari aktivitas manusia, seperti email dan media sosial. Namun, masa depan informasi benar-benar terletak pada data dari aktivitas mesin, seperti sensor dan satelit, yang akan menciptakan volume yang lebih besar secara luar biasa.

Organisasi harus paham bahwa dibutuhkan strategi yang kuat untuk manajemen informasi di semua tipe data untuk mengubah data yang tersedia menjadi lebih efektif, sesuai janji dari big data. •DJUANDA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.