charger, ilustrasiPERANGKAT boleh makin tipis dan ringan. Tapi apa daya, jika membawa banyak charger untuk banyak perangkat yang berbeda-beda, akhirnya toh bawaan kita sehari-hari menjadi berat juga.

Kabar gembira bagi mereka sering membawa beberapa notebook sekaligus, karena pada masa depan nanti, semua kerepotan itu mungkin tak akan terjadi lagi karena semua notebook bakal menggunakan standar charger yang sama (universal), mirip dengan smartphone masa kini yang kebanyakan memakai port untuk micro-USB.

Sebagaimana dilaporkan oleh ArsTechnica, spesifikasi charger tersebut sedang disiapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC), lembaga internasional yang bertanggung jawab menetapkan standar dunia atas berbagai peralatan elektronik. IEC sebelumnya juga telah menerapkan standardisasi charger ponsel universal berbasis micro-USB.

Spesifikasi charger universal notebook tersebut bakal dipublikasikan pada awal 2014. Di dalamnya, IEC mengatur semua aspek kritis yang berkenaan dengan notebook, seperti jenis konektor, keamanan, kinerja, dan pertimbangan lingkungan.
Dengan diberlakukannya standar baru ini, diharapkan jumlah sampah elektronik akan berkurang. Membeli charger baru untuk notebook juga bakal dibuat lebih mudah.

Standar charger universal semacam ini sebenarnya sudah diterapkan oleh Apple yang memakai charger MagSafe untuk seluruh lini produk notebook MacBook miliknya. Produsen lain seperti HP, Lenovo, dan Acer diperkirakan bakal mengadopsi standar baru dari IEC ini. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.