Young adult using a smart phoneTEKA teki mengenai kehadiran teknologi komunikasi generasi keempat atau yang dikenal dengan 4G Long Term Evolution (LTE) di Indonesia di tahun 2014 ini cukup membuat penasaran. Pasalnya, kehadiran teknologi ini sempat diprediksi mulai diimplementasikan pada 2012, namun tak juga terwujud hingga tahun 2013 berakhir. Padahal negara lain kini malah sudah memperkenalkan teknologi 5G.

Teknologi jaringan nirkabel yang mampu mengirim data sampai kecepatan 100 – 300 Mbps untuk download dan 75 Mbps untuk upload ini sebenarnya sudah hadir di Indonesia. Namun layanan itu baru bisa dicicipi secara terbatas di Jabodetabek saja. Itupun yang menyediakan bukan dari operator telekomunikasi. Pada KTT APEC di Bali pada Oktober 2013 lalu pun sejumlah operator telah sukses diujicoba. Tapi kapan ketersediaannya secara luas, hingga saat ini belum ada kepastian.

Menurut Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), regulasi mengenai penerapan teknologi 4G LTE di Indonesia baru akan diselesaikan pada akhir 2013.

Itu baru regulasi. Belum lagi tahap persiapan lainnya, hingga bisa kita simpulkan bahwa kemungkinan besar teknologi ini belum akan tersedia di tahun 2014 ini. Meskipun Kemkominfo mengklaim layanan 4G LTE  bisa digelar di Indonesia pada akhir kuartal ketiga 2014 untuk TDD-LTE, sementara untuk FDD-LTE pada pertengahan 2015.

Namun jangan khawatir. Meskipun terlambat dalam teknologi 4G, kita masih bisa menyaksikan dan mungkin juga merasakan teknologi lain yang bakal muncul di tahun ini. Misalnya saja makin berkembangnya teknologi TV 4K, Android yang terintegrasi dalam wujud lain selain smartphone, tablet dan kamera, ataupun teknologi Cloud yang kian marak, dan lain sebagainya.

Sementara sebagai bangsa Indonesia, kita masih mempunyai tantangan untuk mulai berperan sebagai pencipta ketimbang negara konsumen. Teknologi bukan hanya untuk dinikmati, tetapi juga bisa menjadi jembatan untuk berkreasi dan berdaya saing. Semoga saja kita dapat mengejar semua ketertinggalan dengan negara-negara lain.

Akhirnya, kami mengucapkan Selamat Tahun Baru 2014. Tetap semangat dalam berkarya! •

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.