fuji xt-1-1FUJIFILM baru saja mengumumkan kehadiran X-T1, kamera dengan lensa interchangeable alias dapat digonta-ganti. Secara fisik, kamera mirrorless modern ini mengadopsi desain retro. Bisa dibilang, X-T1 adalah kamera bergaya DSLR lawas yang klasik.
Bodinya dibalut bahan magnesium alloy yang tahan di segala cuaca. Kamera ini anti cipratan air dan debu serta mampu bertahan di kondisi ekstrim hingga -25° Celcius. Bukan itu saja, layar fleksibelnya yang berukuran 3-inci  juga telah dilapisi dengan lapisan kaca yang berguna sebagai pelindung.

Spesifikasi Fujifilm XT-1 terdiri dari sensor APS-C X-Trans CMOS II dan prosesor EXR II untuk menghasilkan foto pada resolusi maksimum 16 megapiksel dan dapat merekam video pada resolusi Full HD 1080p. Dengan spesfikasi tersebut, kinerja Fujifilm XT-1 terasa lebih cepat di segala sektor. Waktu startup yang diperlukan sekitar 0,5 detik, jarak waktu menghasilkan foto satu ke foto berikutnya sekitar 0,5 detik, dan waktu shutter lag yang sangat cepat sekitar 0,05 detik.

Sistem fokusnya pun diklaim menjadi yang tercepat di dunia dengan kecepatan autofocus sekitar 0,08 detik. Pencapaian fokus yang cepat ini berkat paduan teknologi phase detection dan motion predictive autofocus. Sistem fokus ini juga memungkinkan Fujifilm XT-1 dapat mengambil foto secara continuous hingga 8 foto per detik.

FUJIFILM X-T1_2Viewfinder kamera ini menjadi daya tarik tersendiri.Dengan teknologi OLED, tingkat kerapatan pikselnya mencapai 2,36 juta titik. Tingkat pembesarannya mencapai 0.77x, tertinggi di antara kamera DSLR lain yang ada saat ini. Selain itu, lubang intip X-T1 ini merupakan yang tercepat di dunia,  nyaris tidak ada lag.

Ada 4 mode tampilan yang bisa dipilih. Untuk kondisi pemotretan umum, pengguna bisa memilih mode Full yang memaksimalkan rasio pembesaran hingga mencapai 0.77x atau mode Normal yang akan menampilkan informasi pengaturan kamera. Mode lainnya yang bisa dipilih adalah Mode Dual untuk pemotretan makro, dan Potrait yang memungkinkan tampilan kamera berputar vertikal secara otomatis.

Fujifilm XT-1 telah dilengkapi dengan koneksi WiFi terintegrasi untuk terhubung ke smartphone atau tablet PC. Anda juga dapat melengkapinya dengan aksesori vertical grip, yaitu VG-XT1.

Selain bodi baru, Fujifilm juga mengumumkan kehadiran 3 lensa baru yang juga tahan cuaca. Ketiga lensa tersebut adalah; Fujifilm XF18-135mm F3.5-5.6 R OIS WR, XF16-55mm F2.8 R OIS WR dan XF50-140mm F2.8 R OIS WR. Dilihat dari spesifikasinya, ketiga lensa ini akan ada di atas lensa zoom yang sudah tersedia saat ini.

Fujifilm XT-1 tersedia mulai Maret 2014 dengan harga US$ 1299.95 untuk bodi saja dan US$ 1699.95 sepaket dengan lensa kit XF18-55mm F2.8-4. •ARIE / M.TAUFIK (photo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.