LG Nexus 5-1SECARA resmi, LG Nexus 5 akhirnya meluncur di Indonesia, setelah sebelumnya diluncurkan di beberapa negara dunia.
Smartphone hasil kermitraan antara Google dan LG ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada 1 November 2013 dengan nama Google Nexus 5. Di Indonesia, kehadiran smartphone Nexus 5 menandai debut perdana sistem operasi milik Google, Android 4.4 Kitkat. Seri ini dijual secara langsung oleh pembuatnya, LG.

Secara fisik, LG Nexus 5 tampak  lebih tipis dan minimalis jika dibandingkan dengan smartphone generasi sebelumnya, Nexus 4. Hampir keseluruhan bodi Nexus 5 terbuat dari plastik, namun tidak membuatnya terkesan enteng dan murahan. Sebaliknya, Nexus 5 terasa sangat kokoh dan solid saat digenggam.

Kesan mewah tercermin dari desain layar yang terlihat lapang, terlebih LG merancang bodi belakang dengan layar yang hampir tanpa dan tidak terlihat adanya jarak atau gap pada garis sambungan tersebut. Nexus 5 ini banyak mengambil elemen rancangan dan hardware dari smartphone flagship LG, yaitu G2.

Tidak banyak tombol yang disematkan pada seri ini. Beberapa tombol fisik tombol daya dan tombol pengatur volume diletakkan sedemikian rupa agar mudah dijangkau. Sementara material sejenis karet lembut atau biasa disebut soft-touch yang melapisi bodi bagian belakang membuat smartphone ini terasa nyaman digenggam dan tidak licin.

LG Nexus 5 memiliki layar berukuran 4,95 inci yang mendukung resolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel dengan kerapatan 445 ppi. Layarnya dilindungi oleh kaca buatan Corning, Gorilla Glass generasi tiga.

Dari sisi hardware, smartphone ini ditenagai prosesor quad-core 2,3 GHz Qualcomm Snapdragon 800, chip grafis Adreno 330 450 MHz, dan RAM sebesar 2 Gb. Versi Nexus 5 yang beredar di Indonesia memiliki media penyimpanan internal sebesar 16 Gb.

LG Nexus 5-2Nexus 5 datang dengan sistem operasi terbaru Android yakni 4.4 atau KitKat. Sayangnya, ketika Android KitKat secara global telah menerima update ke versi 4.4.2, versi yang dipamerkan di Indonesia masih menggunakan versi 4.4. Meski demikian, perpindahan antar menu terbilang cepat dan juga proses buka tutup aplikasi cukup singkat.

Beralih ke fasilitas multimedia, Nexus 5 dibekali dengan kamera depan beresolusi 8 megapiksel, dan kamera depan beresolusi 1.3 megapiksel. Meski fitur autofokus yang ada kurang cepat menangkap fokus yang diinginkan, hasil foto tangkapan kamera Nexus 5 cukup baik. Hal yang sama juga terlihat pada pengambilan gambar pada mode video.

Fasilitas kamera lainnya antara lain Optical Image Stabilization dan  mode HDR+, yang berguna saat pengguna mengambil banyak foto dalam satu waktu. Kemampuan kamera tersebut bisa ditingkatkan jika pengguna melakukan update sistem operasi KitKat versi 4.4.2. Demikian yang dijanjikan LG.

Untuk urusan fitur konektivitas jaringan, Nexus 5 yang menggunakan baterai berkapasitas 2.300 mAH ini mendukung WiFi A/C, NFC, Bluetooth 4.0 LE, dan LTE (band: 1/3/5/7/8/20). Selain itu, Nexus 5 juga memiliki fitur wireless charging.

Smartphone anyar ini dihargai  Rp 5,8 juta. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.