Jagad hiburan tentunya tidak bisa lepas dari pemberitaan media. Terlebih di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak berita dan informasi yang mudah diakses dengan mengunakan smartphone. Tak heran jika para entertainer atau artis kerap menjadikan perangkat ini untuk mendongkrak popularitas dirinya dan juga bisnis yang digelutinya.

Vicky ShuBERKEMBANGNYA teknologi informasi (TI) dan semakin meningkatnya pengunaan perangkat mobile yang terhubung dengan internet di tanah air memberikan pengaruh yang cukup besar bagi perputaran informasi. Informasi yang  membuat perangkat TI yang tersambung internet  menjadi jembatan yang tepat bagi seorang artis dengan fansnya. Tetapi tidak hanya selalu kegiatan keartisan, bisnis lain yang digeluti sang artis pun bisa disosialisasikan secara lebih luas dan menjangkau lebih banyak orang.

Penyanyi muda Indonesia yang multitalenta, Vicky Shu, tak ketinggalan dalam mengadopsi kecanggihan TI. Penyanyi bernama lengkap Vicky Veranita Yudhasoka ini mengaku sangat sering menggunakan fsilitas yang disediakan internet, terutama sosial media. Perempuan kelahiran Cilacap ini juga kerap mengupload foto dan moment-moment pentingnya ke jejaring sosial Instagram. Di akun Instagram miliknya yakni @Vickyshu, banyak foto-foto yang diupload olehnya di berbagai kesempatan.

Media sosial yang menjadi lahan baru dalam dunia bisnis pun dijadikan  Vicky sebagai salah satu media pemasaran yang efektif untuk bisnis sepatu yang sampai saat ini digelutinya.

Syu Shu merupakan nama merek sepatu yang didesain sendiri oleh penyanyi cantik ini. Yang membanggakan, sepatu-sepatu hasil desainnya ini juga pernah digunakan oleh artis-artis Internasional seperti penyanyi asal Australia, Lenka, aktris Hollywood Ashley Tisdale, dan juga Kelly Osbourne.

Kegemarannya mendesain sepatu sudah dimulai sebelum dia menjadi seorang penyanyi terkenal. Sejak kecil dia memang menyukai sepatu, koleksi-koleksi sepatunya pun cukup banyak. Atas dasar inilah Vicky mempunyai ide untuk mengembangkan hobinya menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Dampak positif dari internet pun dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Vicky dengan memasarkan sepatu hasil karyanya melalui internet secara online.

Karena kedekatannya dengan dunia TI, tak mengherankan jika Vicky kemudian didapuk menjadi Brand Ambassador SPC mobile. SPC Mobile adalah salah satu vendor lokal yang terbilang aktif dalam melakukan peluncuran smartphone berbasis Android dengan harga murah.

Vicky sendiri mengaku menggunakan tiga ponsel sekaligus dan salah satunya produk SPC untuk keperluan bisnis. Menurutnya, “SPC Mobile dapat memenuhi kebutuhan saya sebagai artis maupun entrepreneur. SPC Mobile tidak hanya menyediakan teknologi tinggi yang berkualitas namun juga dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Yang membuat saya bangga menggunakan SPC Mobile adalah karena produk ini merupakan merek lokal Indonesia.”

Berikut petikan wawancara BISKOM dengan penyanyi yang memulai debutnya dengan meluncurkan sebuah album solo bertajuk “Drink Me”, dengan lagu andalan “Mari Bercinta 2? ini.

Sebagai seorang artis, seberapa pentingnya perkembangan TI untuk Anda?
Sangat penting, apalagi untuk urusan pekerjaan. Misalnya ada album baru, atau foto-foto terbaru, penggemar akan menunggu updatenya. Atau misalnya saya liburan kemana, mereka pasti ingin tahu foto-foto terbaru atau tempat-tempat apa yang dikunjungi. Semakin saya sering update segala sesuatu yang baru, maka semakin banyak juga yang tertarik untuk “follow”, sehingga saya dan manajemen akan lebih mudah lagi untuk nge-blast sesuatu, semisal lagu.

Vicky Shu2Saat ini Anda menjadi Brand Ambassador SPC Mobile, seberapa besar pemanfaatan smartphone SPC untuk keseharian Anda?
Bagi saya, SPC Mobile adalah pilihan gadget yang dapat memenuhi kebutuhan saya sebagai artis maupun entrepreneur. Untuk email, dan segala macamnya sangat menunjang pekerjaan saya. Yang spesial dari SPC ini ada aplikasi MeTunes, yang membantu saya sebagai seorang musisi. Lagi pula smartphone Android juga kan simpel, bisa juga untuk download berbagai jenis messenger dan media-media sosial lainnya.

Apa alasan Anda lebih memilih SPC ketimbang gadget premium yang lain?
SPC Mobile menjanjikan teknologi tinggi yang berkualitas dan juga dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Yang membuat saya bangga menggunakan SPC Mobile adalah karena produk ini merupakan merek lokal Indonesia.

Seberapa besar pemanfaatan TI dalam bisnis Anda?
Hampir semua bidang bisnis memerlukan bantuan sebuah gadget yang anti lelet, cepat, dan selalu on. Dengannya, pekerjaan lebih terbantu dan terkontrol karena setiap penjualannya bisa diketahui secara online kapan saja dan dimana saja.

Jaringan sosial apa saja yang Anda gunakan untuk mendukung pemasaran?
Ada Path yang lebih private dan saya juga menggunakan Instagram atau Twiter untuk mengupload foto dan berita-berita terbaru. Tentu saja semmuanya di-link ke Facebook agar konsumen dan calon konsumen bisa melihat produk terbaru dari Syu Shu.

Apakah berdampak besar melakukan pemasaran melalui media online?
Dampaknya sangat besar. Seperti kita tahu, semua bisnis memiliki banyak sekali kompetitor bahkan kompetitor yang berkapasiatas internasonal. Hal ini tentunya membuat kita harus lebih keras lagi berjuang untuk melakukan pemasaran agar dapat mengalahkan beberapa kompetitor bisnis. Namun dengan melakukan pemasaran melalui media online, maka sebuah proses pemasaran akan berjalan dengan sangat lancar, tersegmentasi dan yang tak kalah penting: lebih hemat.

Sebentar lagi di Indonesia akan tersedia jaringan 4G. Apakah ada niat untuk mengganti ponsel yang kompatibel dengan jaringan 4G?
Saya sih tergantung. Saya bukan tipe orang yang langsung mengikuti teknologi terbaru. Tapi kalau memang sudah butuh pasti akan menggunakan itu. Sementara ini saya merasa masih kompatibel dengan teknologi yang lama.

Bagaimana harapan Anda kedepan untuk dunia TI di Indonesia?
Indonesia sebenarnya di bidang apapun tidak kalah dibanding negara lain. Hanya saja sumber daya manusianya yang masih kurang kompetitif, etos kerja keras pun terkadang masih kurang. Saya pribadi berharap akan semakin banyak produk buatan lokal yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia sendiri, bahkan juga bagi konsumen di negara lain. •ARIE/M. TAUFIK (foto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.