Lenovo1DUA bulan pasca diperkenalkannya ThinkPad X1 Carbon pada ajang CES 2014, Lenovo secara resmi meluncurkan notebook tersebut ke Indonesia. Lenovo telah melakukan banyak perubahan untuk seri ini, dibanding keluarga ThinkPad sebelumnya.

“Lenovo terus meningkatkan desain dan teknologi pada perangkat-perangkat buatannya guna menghadirkan produk terbaik di pasaran. Komitmen kami untuk selalu mengejar kesempurnaan terlihat dari perangkat pintar yang akan meningkatkan produktivitas dan cara orang berinteraksi di kantor dan juga di rumah,” ungkap Chief Operating Officer Lenovo Indonesia, Sandy Lumy, saat peluncuran ultrabook ini di Jakarta (20/3).

Ini terlihat dari desain ThinkPad X1 Carbon yang sangat tipis. Lenovo bahkan mengklaimnya sebagai ultrabook berlayar 14 inci yang paling ringan di dunia. Meski berdesain tipis dan enteng, Lenovo menjamin bahwa  penerus pertama yang hadir di tahun 2012 ini memiliki bodi yang kuat dan tahan terhadap guncangan. Sebab sesuai namanya, X1 Carbon menggunakan bahan serat karbon dengan karakteristik yang lebih ringan daripada magnesium dan aluminium, tetapi lebih kuat dari keduanya. Material ini sama seperti yang digunakan pada pesawat terbang dan mobil balap Formula 1.

LENOVO THINKPAD X1 CARBON-1Dengan bobot yang ringan, yaitu 2,8 pon, dan dikombinasikan dengan daya tahan baterai, yang diklaim Lenovo sampai 9 jam, ultrabook ini tetap menyajikan nilai portabilitas yang tinggi. Selain itu X1 Carbon juga dilengkapi dengan teknologi Rapid Charge, yang mempercepat proses charging baterai yaitu mencapai level pengisian 80% dengan waktu kurang dari satu jam.

Lenovo membekali ThinkPad 8 dengan SoC Multi-Core terbaru dari keluarga Intel Bay Trail yakni Intel Atom Z3000. Dengan penggunaan SoC terbaru Intel ini, Lenovo ThinkPad 8 akan dapat menghadirkan keseimbangan antara performa dan kemampuan mengolah grafis yang baik, serta tentunya daya tahan baterai yang bagus.

Beberapa keunggulan lain yang dimiliki ThinkPad X1 Carbon adalah Adaptive Keyboard yaitu sederet tombol pada keyboard yang berubah fungsi sesuai dengan aplikasi yang dijalankan. Sehingga fitur ini mempermudah pengoperasian aplikasi yang sedang dijalankan. Selain itu ultrabook ini juga dapat dioperasikan melalui suara dan gesture.

LENOVO THINKPAD X1 CARBON-2Teknologi ColorBurst Display diterapkan pada layar sentuhnya sehingga menurut Lenovo, menyajikan tampilan layar yang lebih tajam dan cerah pada gambar atau video resolusi tinggi dengan view angle yang lebar.

X1 Carbon juga disertai dengan konektor OneLink yang dapat disambungkan ke Pro Dock untuk koneksi ke power, jaringan Gigabit Ethernet, dan layar kedua, sehingga menghindarkan keruwetan kabel. Pada OneLink Pro Dock juga terdapat slot USB, port audio, DisplayPort dan DVI. Di dalamnya juga terintegrasi dengan adapter 90W AC untuk sumber power ultrabook yang mendukung rapid charge dan juga dapat untuk mengisi ulang baterai peranti lain seperti smartphone.

ThinkPad X1 Carbon mulai dipasarkan pada April 2014 dengan haga mulai dari US$ 1299. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.