Bagi Lenovo, untuk mendapatkan perhatian pasar Indonesia yang sudah digempur berbagai brand global maupun lokal, tidak lah semudah membalikan telapak tangan. Beruntung, berkat pengalaman dan pemahaman terhadap produk yang dibawanya, pria berdarah India ini mampu menghantarkan Lenovo Indonesia mengalami hyper growth dengan pertumbuhan market share hingga double digit.

biskom-april-14.inddRAJESH HIRO THADANI, demikian nama pria India tersebut. Meski baru setahun menjabat sebagai Country General Manager Lenovo Indonesia, ia telah membuktikan kepiawaannya dalam membangun dan mendorong pertumbuhan pasar di tanah air.

Disebutkan, bila tahun sebelumnya market share PC Lenovo di Indonesia masih dibawah 10%, maka sejak kepemimpinannya yang dimulai 1 April 2013 lalu telah mengalami lonjakan menjadi 16,5% dikuartal 4 pada tahun fiskal 2013/2014. Sedangkan pangsa pasar tablet yang keberadaannya belum ada setahun di Indonesia bisa tembus diangka 12% dan smartphone sudah diatas 10%.

Dengan demikian, Lenovo Indonesia untuk pasar PC sekarang ini ada di ranking 3, begitupula dengan pasar tablet. Sementara smartphone berada di ranking 4. Namun demikian, Rajesh mengakumulasi bila PC digabung angkanya dengan tablet maka sudah menjadi No.1 di Indonesia dengan pangsa pasar 15%. Begitupula bila PC ditambah tablet dan smartphone, maka Lenovo Indonesia berada di posisi No.2 dengan pangsa pasar 12%.

Lanjutnya, salah satu yang cukup menonjol di pasar PC adalah pada segmen small medium bisnis yang saat ini berada di rangking 1 dengan pangsa pasar 20%. Sedangkan untuk kategori konsumer masih di posisi 3 tetapi pangsa pasarnya mencapai 17%.

“Untuk membawa Lenovo menjadi market leader di pasar Indonesia, saya harus bisa melihat potensi yang ada dan mengelolanya dengan baik. Serta harus bisa memanfaatkan pertumbuhan yang begitu cepat melalui portofolio produk yang mendukung kearah percepatan tersebut,” ujar penggemar bacaan fiksi dan manajemen ini.

Mengawali karir di IBM India pada tahun 2000 yang kemudian memasuki tahun kelima saat IBM diakuisisi Lenovo, telah membawa Rajesh ikut terlibat ke dalam bisnis Lenovo yang merupakan produsen PC terbesar di Tiongkok. Berbagai fungsi strategis pun dijalaninya, mulai dari sales, distribusi, produk dan kemudian terakhir sebagai Consumer Lead di India.

Bukan tanpa alasan, lulusan Engineering dan pasca sarjana di bidang Marketing dari Mumbai University ini ditempatkan di Indonesia. Kesuksesannya membawa bisnis konsumer Lenovo di India menjadi brand No. 2 pada tahun Fiskal 2012/2013, diharapkan dapat ditularkan di pasar Indonesia dan bahkan menjadi lebih baik lagi.

Pria ramah ini juga mempelopori ekspansi lebih dari 600 toko ekslusif Lenovo di Tahun Fiskal 2011/2012 dengan total toko ekslusif mencapai lebih dari 1.000, sehingga menempatkan Lenovo India menjadi satu-satunya retailer PC terbesar dan brand AIO No. 1 di negara tersebut.

“Indonesia merupakan karir pertama saya di luar India. Tentunya, saya akan bekerja lebih keras lagi untuk mengembangkan bisnis di sini. Karena ini merupakan kesempatan untuk growth secara company dan juga karir saya secara personal,” terang Rajesh yang mengaku lebih senang menghabiskan waktu bersama istri dan seorang anaknya di waktu luangnya tersebut.

Untuk mendukung pertumbuhan tersebut, sejak setahun lalu Lenovo secara komitmen berinvestasi di Indonesia yang sekarang ini mulai memperlihatkan hasilnya dengan berbagai pertumbuhan yang signifikan.

Lebih lanjut, berikut petikan wawancara BISKOM dengan Rajesh Hiro Thadani di sela-sela kesibukannya, belum lama ini.

Rajesh Thadani-Lenovo-Cover Biskom-2Apa saja tugas-tugas Anda di Lenovo Indonesia?
Saya mempunyai tugas untuk membangun dan mendorong hubungan dengan klien-klien utama di segmen korporat, mengelola saluran distribusi di segmen konsumer dan UKM, serta menangani penjualan dan pemasaran untuk merek dan produk secara keseluruhan di Indonesia.

Berapa investasi yang dikeluarkan untuk mendorong pertumbuhan Lenovo di Indonesia?
Kalau investasinya kami fokus di empat area, yaitu pertama di brand yang sekarang ini sudah memperlihatkan hasilnya dari tahun ke tahun, dimana brand consideration kami tahun lalu itu berada di rangking 8 tetapi sekarang sudah di posisi 4.

Area kedua adalah di channel atau retail infrastruktur dan sistem kerjanya. Kemudian, area ketiga pada produk sehingga produk-produk yang dihasikan juga mempunyai keunikan. Kami melakukan inovasi tidak cuma untuk follower tetapi punya inovasi sendiri, seperti teknologi multi mode.

Selanjutanya area yang keempat adalah persoalan servis. Memang selama ini servis Lenovo sudah mengcover 31 kota di seluruh Indonesia dengan 77 authorized service provider yang dibantu oleh IBM. Namun untuk meningkatkan komitmen Lenovo, kami mulai membangun sejumlah Lenovo Service Center. Itu adalah milik Lenovo sendiri yang untuk pertamakalinya baru dibuka di Yogyakarta pada 5 Maret lalu dan kedepannya akan terus dibangun di 7 kota utama.

Apa yang menjadi target Anda di tahun kedua masa jabatan Anda saat ini?  
Di dunia sekarang ini, Lenovo untuk pasar PC berada di urutan pertama dengan market share 18,5%. Ini tentunya menjadi inspirasi Lenovo Indonesia untuk bisa menjadi No.1 dalam satu tahun kedepan.

Tapi, keinginan kami, bisa tumbuh secara konsisten, predictable dan investasinya juga jangka panjang. Jadi kami berusaha setiap kuartalnya stabil, tidak tiba-tiba tinggi kemudian anjlok. Begitu pula dengan tablet yang juga menjadi fokus utama kami. Kami berharap pertumbuhannya sehat dan sustain.

Tablet itukan mulainya belum ada setahun tetapi di kuartal terakhir kemarin sudah double digit. Nah, kami menginginkan sepanjang tahun bisa double digit terus sehingga kedepannya lebih bagus fondasinya. Sedangkan untuk pasar PC dengan smartphone sendiri diharapkan bisa Top 3.

Apa usaha yang sudah dilakukan untuk mencapai target tersebut?
Seperti saya katakan tadi, ada empat kunci utama investasi kami. Secara konsisten investasi di brand akan terus dilakukan karena kami melihat ada korelasi antara brand dengan market share itu sendiri. Setidak-tidaknya saya berharap ada di Top 2 untuk brand consideration.

Kemudian, di channel itu ada yang namanya core channel atau channel utama. Di sini kami akan menjalin kerjasama lebih dalam lagi untuk membangun loyalitas dan komitmen. Sedangkan produk dan inovasi kami melihat untuk PC sendiri masih mempunyai potensi karena sekarang ini penetrasinya baru 30% artinya masih besar peluang pasar PC.

Sementara tablet dan smartphone yang memang cepat pertumbuhannya juga akan menjadi perhatian kami. Oleh sebab itu kami mempunyai diferensiasi produk. Lalu, sesuai tagline kami “for those who do”, kami mencoba berkomunikasi dengan young population. Maka kaum muda ini akan menjadi area perhatian kami untuk mencapai goal yang akan datang.

Rajesh Thadani-Lenovo-Cover Biskom-3Bisakah Anda jelaskan alasan mengapa orang harus menggunakan produk Lenovo?
Kunci utama diferensiasi Lenovo ada pada inovasi dan bagaimana mengenal market. Dari inovasi sendiri tentunya unggul karena kami mempunyai pabrik sendiri dan berinvestasi cukup besar secara global di R&D dengan nilai US$650 juta dan memiliki lebih dari 3500 engineers. Salah satu contoh inovasi yang kami lakukan adalah mengeluarkan teknologi multi mode. Kami sebagai pelopor teknologi multi mode yang memungkinkan notebook bisa berfungsi menjadi tablet, seperti Yoga Tablet, Yoga 2 Pro dan Thinkpad Yoga.

Kami melihat kaum muda ini menyukai teknologi baru dan sangat cepat mengadaptasinya telah menginspirasi untuk selalu menyediakan teknologi. Inovasi yang dilakukan juga berusaha untuk menjawab tantangan yang ada di pasar Indonesia dan kebutuhan sesuai karakteristik masyarakatnya.

Diantara line up produk Lenovo, mana yang berkontribusi besar terhadap pendapatan Lenovo?
Kalau dilihat dari revenue, PC tetap yang paling besar terutama notebook. Tetapi kalau dari shipment atau per unitnya adalah smartphone dan tablet. Kedepannya kami harap akan berbarengan menjadi lebih besar daripada PC. Itu sudah gambaran market, dimana pasar smartphone itu selalu 3x dari PC.

Belakangan Lenovo sangat gencar meluncurkan produk baru. Apa yang ingin dicapai dari strategi ini?
Memang banyak produk yang diluncurkan akhir-akhir ini, mulai PC Multimode, Yoga Tablet dan smartphone Vibe X. Ini tentunya inline dengan gambaran market Indonesia yang targetnya merupakan young population agar mereka merasakan produk Lenovo itu sebenarnya keren dan canggih. Kami menawarkan kepada kaum muda bahwa produk Lenovo adalah yang mereka cari yang sesuai dengan kebutuhan mereka yang penuh inovasi.

Produk dan teknologi terbaru apa saja yang menjadi unggulan di 2014 ini?
Multimode! Teknologi ini mempunyai kemampuan lebih dari satu fungsi untuk menjawab kebutuhan konsumen akan PC dan tablet. Tapi intinya untuk flexibility yang bisa untuk menjalankan berbagai fungsi.

Secara garis besar ada dua kebutuhan orang dalam kesehariannya, yaitu yang disebut dengan content creation untuk menciptakan sesuatu. Misalnya, untuk membuat Word dokumen atau PDF itu biasanya bisa dilakukan di PC atau notebook yang ada keyboard-nya. Kedua, content consumption atau menikmati konten yang biasa adanya di tablet. Nah, dengan multimode, keduanya bisa berjalan beriringan.

Teknologi unggulan Lenovo lainnya adalah tablet 7 inci dan smartphone berlayar besar untuk kebutuhan video, browsing, chat, 3G maupun WiFi, seperti Lenovo K900. Teknologinya akan berputar untuk hal-hal seperti itu.

Apa implikasinya terhadap bisnis di Indonesia bila dikaitkan dengan akusisi Lenovo terhadap Motorola?
Akuisisi Motorola sekarang ini masih dalam proses, artinya kami belum bisa bercerita banyak terkait akusisi ini. Tapi yang pasti dengan diakuisisinya Motorola ini merupakan strategi Lenovo untuk menjadi lebih kuat lagi terutama di pasar smartphone karena Motorola itu kuat di Amerika dan Eropa.

Ini juga menjadi bahan kami juga untuk bisa tumbuh di Indonesia sendiri. Jadi tunggu saja kabar selanjutnya nanti.

Rajesh Thadani-Lenovo-Cover Biskom-4Dari smartphone sendiri, apa saja kelebihan-kelebihan yang ditawarkan dan yang membedakan Lenovo dari para kompetitor?
Karena Lenovo mempunyai pabrik sendiri maka kami punya time to market yang lebih cepat dan lebih predictable dan fleksibel. Kami membuat sendiri teknologinya, sehingga lebih mudah menyesuaikan kebutuhannya apa dan lebih cepat membuatnya. Misalnya, yang memperkenalkan pertama  smartphone dual core  di China adalah Lenovo dan begitu pula smartphone yang quad core.

Di Indonesia, karena masuknya juga baru tapi kami yang pertama memperkenalkan smartphone dengan quad core. Jadi, kunci inovasi kami  karena kami mempunyai pabrik sendiri dan kami juga kuat di R&D. Makanya, smartphone Lenovo mempunyai range yang cukup banyak. Mulai produk untuk first entry yang seri A, lalu ada yang menengah maupun premium. Jadi begitu masuk Indonesia, langsung menggebrak dengan beberapa pilihan, yang pastinya membuat smartphone Lenovo itu menjadi lebih terdepan dibandingkan kompetitor.

Dengan pabrik sendiri, apakah berarti ditahun ini akan segera diluncurkan smartphone Lenovo – Motorola?
Sekali lagi, hal itu masih dalam proses pemikiran dan diskusi di pusat. Tapi yang pasti untuk brand-brand yang sudah kuat seperti Motorola kemungkinan akan tetap kami pertahankan. Seperti yang kami lakukan dengan ThinkPad saat kami mengakusisi IBM. Brand ThinkPad tetap ada pada produk PC Lenovo.

Seberapa penting pasar Indonesia bagi Lenovo?
Extremely important. Baik di Asia Pasifik maupun di kantor regional, kami melihatnya sangat penting. Bahkan di level world wide office kami yang di Beijing menganggap Lenovo Indonesia adalah pasar yang sangat penting. Kami menyebutnya dengan emerging market.  

Bahkan di Asean sendiri kontribusi Indonesia mencapai 30-35%. Populasi Indonesia sebagai negara terbesar keempat di dunia, telah membuat pertumbuhan yang signifikan bagi produk-produk Lenovo, seperti tablet dan smartphone.

Kami menganggap pasar Indonesia sangat penting, sehingga menjadi kewajiban bagi kami untuk mempersembahkan  produk dan layanan terbaik Lenovo untuk masyarakat Indonesia. •ANDRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.