Melamar pekerjaan sekarang ini tidak serepot dulu yang mengharuskan kita mempersiapkan berbagai berkas berupa lembaran kertas. Belum lagi, lembaran tersebut harus dikemas rapi dalam sebuah amplop surat yang harus kita antarkan secara langsung maupun melalui Pos atau jasa kurir ke perusahaan yang ingin kita tuju.

LinkedInKINI, salah satu salah satu jejaring sosial ternama LinkedIn yang memiliki konsep unik dimana sebagian besar penggunanya adalah profesional maupun pelaku bisnis, mulai melengkapi aplikasinya dengan fitur melamar pekerjaan yang tersedia dalam bahasa Indonesia. Fitur tersebut juga bisa diakses melalui perangkat mobile dengan mudah dan leluasa sehingga dimanapun dan dalam kondisi apapun tetap bisa tetap melakukan pencarian lowongan pekerjaan.

Diakui Vice President Product LinkedIn, Parker Barrile melalui blognya, sebanyak 33% pengguna mengakses LinkedIn melalui ponsel, dan 30% pekerjaan yang ada di LinkedIn dilihat dari ponsel. “Meningkatnya pengguna ponsel yang mengakses LinkedIn menyebabkan sebagian dari mereka menginginkan tidak hanya bisa melihat lowongan pekerjaan melalui ponselnya tetapi juga bisa melamar pekerjaan langsung dari ponselnya,” ujar Parker.

Menanggapi hal ini, Product Manager LinkedIn, Vaibhav Goel menyebutkan, keterbatasan ukuran layar ponsel yang kecil merupakan hambatan untuk membuat aktifitas menyunting dan mengelola resume, karena itu LinkedIn memperkenalkan sebuah kemampuan untuk melamar pekerjaan dari ponsel tanpa memerlukan lampiran resume.

“Versi terbaru dari aplikasi ponsel LinkedIn memungkinkan pengguna untuk dapat melamar pekerjaan langsung dari ponsel hanya melalui profil LinkedIn-nya,” terangnya.

Sebagai jaringan profesional terbesar sedunia, LinkedIn, tidak hanya sebatas menghubungkan profesional di dunia atau hanya menampilkan profil profesional pengguna ke publik. Lebih dari itu, LinkedIn adalah sarana bagi para profesional untuk mengembangkan identitas profesionalnya.

LinkedIn telah menyediakan aplikasi ponsel, seperti LinkedIn for Phone, LinkedIn for iPad, dan Pulse yang membantu pengguna untuk mencapai tujuan tersebut. Namun demikian, pihak LinkedIn menyebutkan tidaklah cukup untuk sekedar memiliki aplikasi ponsel yang mempermudah pengguna dalam mencari pekerjaan. Pengguna juga harus mengetahui cara-cara dalam memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal agar dapat menggapai pekerjaan impian serta mengembangkan identitas profesionalnya.

Untuk itu, LinkedIn memberikan tips-tips bagi pengguna agar dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi ponsel LinkedIn secara maksimal dan hal-hal yang dapat dilakukan dalam usahanya mengembangkan karier melaui aplikasi LinkedIn for Phone, LinkedIn for iPad, dan Pulse.

Lamar pekerjaan melalui perangkat mobile

Aplikasi ponsel LinkedIn memiliki tab “Pekerjaan” yang dapat dipilih. Tab ini akan menampilkan daftar pekerjaan yang telah disesuaikan dengan data Anda di LinkedIn, dan Anda juga dapat melamar pekerjaan tersebut secara langsung hanya dengan menggunakan profil LinkedIn.

Menelusuri daftar perusahaan yang direkomendasikan akan lebih menghemat waktu Anda dibandingkan dengan mencari posting pekerjaan yang relevan untuk Anda di situs lowongan kerja lainnya. Kelebihan untuk melamar pekerjaan dengan aplikasi ponsel adalah ukuran layar ponsel yang kecil yang cocok bagi Anda yang ingin melihat posting pekerjaan pada jam kerja tetapi tidak ingin terlihat oleh orang lain.

Langsung kirimkan undangan untuk terhubung dengan orang yang baru Anda temui

Salah satu kelebihan aplikasi LinkedIn, seperti LinkedIn for Phone dan LinkedIn for iPad, adalah kecepatan dalam mengirimkan undangan untuk terhubung. Misalnya, saat Anda sedang bertemu dengan klien potensial atau rekan-rekan profesional di sebuah acara, undangan untuk terhubung dapat langsung dikirimkan saat itu juga dengan menggunakan aplikasi LinkedIn. Dengan cara ini, Anda meningkatkan kemungkinan orang tersebut untuk menerima undangan Anda, serta menghemat waktu Anda untuk terhubung dengan orang tersebut.

Jika sudah beberapa lama Anda tidak berkomunikasi dengan orang yang ingin Anda hubungi di LinkedIn, ingatkanlah orang tersebut tentang Anda. Luangkan waktu beberapa menit untuk menuliskan 2-3 kalimat yang dapat mengingatkan bagaimana orang tersebut mengenal Anda, dan menjelaskan mengapa Anda ingin terhubung, serta bagaimana kalian dapat saling membantu.

Jadikan aplikasi ponsel LinkedIn sebagai alat untuk mendapatkan informasi sebelum meeting

Sinkronkan kalender ponsel Anda dengan aplikasi LinkedIn untuk dapat melihat profil orang yang Anda jadwalkan di kalender untuk bertemu. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih siap dalam menghadapi rapat dengan klien ataupun interview kerja, karena informasi tentang orang tersebut telah Anda dapatkan. Dapatkan manfaat fitur ini dengan memilih “Kalender” di bar menu aplikasi dan mengikuti petunjuknya.

Dapatkan tips profesional dengan Pulse

Dengan Pulse, fitur terbaru dari LinkedIn, Anda dapat menyimpan artikel untuk dibaca nanti. Jika Anda sedang menunggu penerbangan atau rapat yang tertunda, bacalah artikel-artikel yang telah tersimpan tersebut. Untungnya, dengan menyimpan artikel di Pulse, Anda dapat mengaksesnya walapun tidak terhubung dengan WiFi.

Ikuti perusahaan di LinkedIn untuk mengakses informasi dengan cepat dan mudah

Di aplikasi LinkedIn for Phone dan LinkedIn for iPad, pilih “Perusahaan” untuk menelusuri daftar perusahaan yang direkomendasikan oleh LinkedIn untuk Anda ikuti. Selain itu, Anda juga dapat mencari suatu perusahaan yang ingin Anda ikuti. Setelah Anda mengikuti suatu perusahaan (semakin banyak perusahaan yang Anda ikuti, semakin baik!), LinkedIn akan menampilkan profil perusahaan tersebut di tab “Perusahaan” agar Anda dapat menelusuri halaman dan melihat lowongan pekerjaan, update, dan karyawan di perusahaan tersebut.

Tab “Perusahaan” adalah sarana untuk mendapatkan informasi dan berita tentang perusahaan yang Anda minati. Sebagai tambahan, ketika Anda mengikuti suatu perusahaan, semua update dan konten dari perusahaan tersebut akan tampil di feed halaman utama Anda.

Kembangkan jaringan Anda secara aktif ketika sedang bepergian

Saat Anda menelusuri berita di LinkedIn for Phone atau LinkedIn for iPad, Anda juga dapat mengambil langkah proaktif dengan meningkatkan interaksi Anda. Misalnya, Anda dapat menyukai dan memberi komentar untuk posting menarik. Anda juga dapat mengucapkan selamat kepada koneksi Anda yang memiliki posisi baru atau mendapatkan promosi. Jika Anda melihat artikel menarik yang relevan dengan karier dan kehidupan profesional, Anda dapat membagikan artikel tersebut dengan jaringan Anda. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.