Samsung-Galaxy-Tab-3-Lite-2INGIN memiliki tablet canggih dari Samsung tapi dengan dana terbatas? Jangan khawatir, dalam waktu dekat, Samsung akan segera merilis Galaxy Tab 3 Lite, tablet yang dibandrol dengan harga di bawah Rp. 2 juta. Melalui tablet ini, Samsung semakin menancapkan dominasinya di pasar tablet Android untuk pasar kelas menengah ke bawah. Untuk ceruk pasar Rp. 2 jutaan ke bawah, sejauh ini memang belum ada tablet Samsung yang dipasarkan. Namun untuk pasar Indonesia, tablet merek lokal dan merek China yang mengutamakan harga murah cukup banyak varian yang bisa dipilih konsumen.

Sesuai namanya, tablet ini mengambil dasar dari Samsung Galaxy Tab 3. Perbedaan antara Galaxy Tab 3 Lite dan pendahulunya ini sebagian besar terletak spesifikasi yang dimilikinya. Selain spesifikasi, hampir seluruh bagian dari tablet ini sangat mirip dengan Galaxy Tab 3 termasuk ukuran dan resolusi layarnya.

Samsung-Galaxy-Tab-3-Lite-1Perbedaan kecil akan dirasakan dari sisi bobotnya yang kini sedikit lebih berat dibandingkan Galaxy Tab 3. Begitu juga dengan dimensinya yang sedikit lebih lebar. Namun untuk ketebalan bodi, Tab 3 Lite tampil sedikit lebih tipis. Dimensinya sendiri adalah  116,4 x 193,4 x 9,7 mm.

Galaxy Tab 3 Lite meluncur ke pasaran dengan layar WSVGA 7 inci (1024 x 600 piksel). Sementara untuk spesifikasi, Samsung memilih menggunakan prosesor dual-core 1,2GHz, RAM 1 Gb, internal memori 8 Gb, dan slot microSD.

Berdasarkan spesifikasi resmi Galaxy Tab 3 yang dikeluaran oleh Samsung, ada beberapa hal yang mengalami perubahan dari Galaxy Tab 3 7.0 biasa, yakni penggunaan modul kamera dan juga kapasitas daya baterai.

Jika pada Galaxy Tab 3 biasa, Samsung menggunakan kamera dengan resolusi 3 megapiksel dan baterai 4.000mAh, maka ada sedikit penurunan spesifikasi. Untuk Galaxy Tab 3 Lite, kamera yang disematkan hanyalah 2 megapiksel dan baterai berkapasitas 3.600mAh. Selain itu, Samsung juga tidak memberikan kamera depan.

Tablet ini mengusung konektivitas WiFi 802.11 b/g/n/ (2,4GHz), WiFi Direct, BT4.0, GPS, dan USB 2.0. Dalam rilis yang diluncurkan Samsung, nantinya tablet murah ini akan beredar di pasaran dalam waktu dekat dengan dua varian yaitu WiFi Only dan 3G 21 Mbps HSPA. Tablet berbasis OS Android 4.2 Jelly Bean ini akan dibanderol US$ 130  atau setara Rp.1,5 jutaan. •

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.