Tak diragukan lagi, Google berhasil mendominasi berbagai hal tentang mesin pencari. Dalam waktu yang singkat, Google menjadi kata utama yang kita pikirkan saat mencari sesuatu di internet. Apapun yang kita butuh untuk tahu, pasti selalu mengunjungi Google dan mulai bertanya.

GoogleSEJAK ditemukan pada beberapa dekade yang lalu, Google telah menghadirkan banyak teknologi canggih tentang mesin pencari yang paling inovatif dan terus mengembangkan produk mereka dari waktu ke waktu. Saat ini banyak orang yang hanya menjadikan kolom pencarian pada setiap web hanya sebagai “pajangan” saja, karena mereka berpikir apapun yang mereka pikirkan, Google-lah yang akan merekomendasikan informasi yang paling relevan.

Dengan gambaran seperti itu, kira-kira apa yang bisa kita bayangkan tentang pelayanan dan teknologi Google di masa Mendatang? Mungkin sebuah fantasi yang sangat luas untuk kita bayangkan. Tapi tidak salahnya jika kita meraba kemungkinan seperti ini.

Mesin Pencari Yang Makin Pintar

Meski hingga tahun 2013 ini Google telah memiliki berbagai macam produk, tetap saja fokus utama “Sang Maestro” adalah mesin pencari. Dengan penerapan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), mesin pencari Google di masa depan bakal jadi asisten kita dalam mencari informasi di internet. Soalnya Google bisa memberikan referensi dan saran yang paling relevan dengan apa yang kita inginkan. Sebab Google akan lebih pintar dalam memahami segala keinginan kita.

Saat ini saja ketika kita mengetikan keyword di Google, kepintarannya akan merekomendasikan kita sebuah autocomplete meski kita belum selesai memasukkan keyword, bahkan Google sudah dapat mengoreksi kesalahan ketik sehingga menampilkan hasil pencarian yang paling relevan.

Di masa mendatang, Google akan menggunakan history pencarian yang telah kita lakukan dan karakteristik kita dalam mencari informasi untuk lebih mengerti apa yang kita cari di internet. Google akan menghadirkan sebuah teknologi hasil pencarian sesuai dengan karakteristik kita dalam menggunakan internet bukan hanya menggunakan data geografis kita saja.

Misalnya, jika kita mencari tempat atau event di daerah tertentu, Google akan menggunakan hasil pencarian yang pernah tercatat dan merekomendasikan berdasarkan hit pada sosial media, pengaturan pencarian, dan berbagai macam hal yang dapat diterapkan Google untuk membantu kita dalam menemukan hasil yang paling sesuai.

Saat ini, Google telah mengikuti maraknya persaingan sosial media dengan nama Google+ yang terlihat memiliki grafik kesuksesan yang bagus. Google telah mengkombinasikan kustom pencarian berdasarkan apa yang disukai teman kita (dalam Google+ dikenal dengan Circle), rekomendasi, tidak disukai, dan apapun yang ada di Google+.

Mungkin di masa depan, Google akan mencoba memberikan rekomendasi yang kompatibel dengan kita. Misalnya, Google akan menyarankan untuk menambahkan Circle seseorang yang memiliki kesamaan dalam berbagai hal, terutama dalam karakteristik pencarian. Apapun bentuknya itu, hal ini akan jadi level menarik yang akan membuat Google jadi sahabat sejati para “Netter” dengan berbagai macam tawaran kecanggihan teknologinya.

Lebih Mengerti Yang Kita Mau

Ingat Iron Man? Tony Stark? Jarvis? Atau Film SciFi? Lantas apa hubungannya dengan Google? Bayangkan untuk mencari sesuatu kita hanya tinggal berbicara pada komputer kita, dan segala informasi tersebut akan dicarikan asisten kita (Google). Lalu Google langsung memberitahukan pada kita dengan narasi suara yang menarik sehingga penggunaan Google akan sangat interaktif.

Apalagi jika input device-nya bisa fleksibel misalnya menggunakan Google Glasses, Microphones, Smartphones, dan teknologi-teknologi baru yang juga akan bermunculan di masa depan. Kemungkinan dengan cara Google mengenal karakteristik kita yang tersimpan dalam bank data mereka yang sangat besar, kita bisa menemukan sesuatu yang dicari dengan mudah, relevan, dan pasti sangat cepat.

Fakta yang tak bisa dipungkiri adalah Google terus berusaha untuk membuat internet lebih mudah diakses semua orang. Google berharap selain mewujudkan hal tersebut, internet bisa digunakan dengan harga yang sangat murah atau bahkan gratis.

Meski alasan tersebut dapat meningkatkan penggunaan broadband yang sangat tinggi, Google telah menemukan cara baru untuk membuat akses Internet lebih mudah seperti di Afrika, Asia, dan Amerika Selatan. Hal lainnya yang mendukung adalah Google Public DNS yang telah terbukti berkomitmen untuk membuat lebih cepat. Dengan produk ini, juga Chrome, Google terus mencoba untuk membuat browsing internet lebih cepat sehingga memudahkan berbagai aktifitas pencarian informasi.

Di masa depan, para provider internet mungkin akan menawarkan penggunaan Google Public DNS untuk para pelanggan mereka sehingga dapat digunakan pada server mereka sendiri.

Berkembang di Luar Internet

Keberhasilan Google di internet yang mendominasi sudah jadi fenomena yang memicu perusahaan-perusahaan lain untuk terus berinovasi sebagai pesaing Google atau perusahaan lain yang memanfaatkan Google.

Salah satu harapan para pengguna Google mungkin berupa kejutan Google di dunia otomotif. Bayangkan jika kita duduk di dalam mobil yang memberikan banyak kemudahan serba otomatis dalam melakukan hal apapun dengan teknologi Google. Bekerja dan berkomunikasi melalui sosial media dengan menggunakan berbagai macam Google Apps sambil menikmati perjalanan kita sampai ngga berasa sudah sampai ke tujuan.

Di Dunia Sumber Daya & Energi

Di masa depan, sumber daya bakal jadi hal yang langka, jadi Google akan berinovasi dalam membuat atau menemukan sumber daya energi yang lebih efisien. Google melalui Larry Page menaruh harapan besar dalam pembaharuan energi yang bersahabat ramah lingkungan agar tetap Go-Green. Menghasilkan hingga memberikan satu gigawatt sumber tenaga yang lebih murah daripada sumber tenaga yang bersumber dari batu bara.

Pada kenyataannya, Google hanya akan menggunakan sumber daya dari daerah domisilinya dalam beberapa tahun ke depan saja. Sebab Google sudah mencoba menggunakan sumber tenaga untuk seluruh operasi atau aktivitas Google.
Pada 2009 lalu, Google telah menciptakan anak perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya untuk mengurangi biaya penggunaan sumber daya untuk Google.

Seperti apapun gerakan dan program yang ingin direalisasikan oleh Google ini sudah sepatutnya kita berikan dukungan, selama berusaha untuk menciptakan sesuatu yang tepat guna di masa depan.Jadi, seperti apa lagi Google di masa depan menurut Anda? •IWA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.