Depicta2014-2DEPOK ICT Award (Depicta) 2014, ajang apresiasi penggiat dan komunitas teknologi informasi (TI) di Kota Depok, Jawa Barat, resmi dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tifatul Sembiring. Acara yang dilaksanakan di Margo City Depok ini berlangsung berkat kerjasama Cyber Community Depok dengan Diskominfo Kota Depok, Komunitas Depok Digital, Depok Mobi, Depok Creative, MIFTA, Kapuk Valley, STT NF, Penggiat TI Gunadarma dan Universitas Indonesia (UI), Code Margonda serta Depoklik.com.

Dalam sambutannya, Tifatul menyampaikan apresiasinya terhadap  kegiatan yang baru pertama kalinya dilaksanakan oleh Kota Depok. “Di tingkat daerah ini adalah acara yang pertama. Ajang kreatifitas seperti ini dapat  menampung banyak talenta dari anak Indonesia untuk membangkitkan inovasi dan kreasi yang bisa dikembangkan untuk hal yang bermanfaat,” ujar Tifatul (12/5).

DEPOK ICT Award-Biskom-2

Ia menambahkan, pemerintah akan terus mendukung lomba-lomba seperti ini agar nantinya dapat bersaing di tingkat internasional seperti misalnya ajang Asian Pasific Information and Communication Technology Award (APICTA). “Bukan itu saja, karya anak bangsa dalam bidang teknologi akan kami arahkan untuk bisa dikembangkan oleh perusahaan atau instansi lainnya agar berdaya guna bagi masyarakat,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Depok, Idris Abdul Somad mengatakan, “Melalui acara ini, semoga rencana Depok Digital Valley yang diusung komunitas TI segera terwujud, yang nantinya menjadi ruang ekspresi ide komunitas sekaligus laboratorium penghasil karya-karya inovasi TI.”

Ketua Panitia Depicta 2014, Rudi Malau mengatakan, Depicta 2014 dalam usianya yang ketiga  telah mengadakan bermacam-macam lomba dan pelatihan yang dipersembahkan oleh Depok Cyber Community. Ajang yang diselenggarakan dalam rangka Ulang Tahun Kota Depok yang ke 15 ini diharapkan dapat menyalurkan kreativitas siswa, guru, mahasiswa dan masyarakat Depok dalam hal pengembangan TI ditingkat wilayah Kota Depok.

DEPOK ICT Award-Biskom-1

Rangkaian  acara yang berlangsung  selama tujuh hari, dimulai tanggal 12-18 Mei 2014 ini, dirangkai dengan talkshow, sharing session, pentas seni, pameran komputer, lomba Komunikasi Informasi Masyarakat (KIM) antar Kelurahan dan Kecamatan, serta lomba inovasi teknologi informasi dan komunikasi di Margo City Depok yang dimulai dari  pukul 12.00-21.00 WIB.

Pada hari kedua pelaksanaan Depicta 2014 (13/5), Universitas Gunadarma membawakan presentasi Kemajuan TI di Kota Depok yang diwakili oleh  Astie Darmayantie, Jessica Permatasari dan Lulu Mawaddah. Acara juga dirangkai dengan seminar bertema pemanfaatan TI Dalam Dunia Pendidikan dengan nara sumber Onno W. Purbo (Pakar TI),  Winastwan Gora dan Syaiful (Telkomsel), dan dipandu oleh Wicak (Kompas.com).

SONY DSCSepanjang pagelaran, Depicta 2014 juga dimeriahkan oleh banyak kreativitas seni serta pameran produk TI terbaru, antara lain dari Acer, Asus, Toshiba, Lenovo, Samsung, Dell, Axioo, Advan, Samsung, BlackBerry, Sony, Genius, Logitec, Canon, Hewlett Packard dan Epson.

Bukan hanya masyarakat umum, Depicta 2014 berhasil mendatangkan ratusan pengunjung setiap harinya mulai dari mahasiswa hingga pakar dan praktisi TI, diantaranya I Made Wiryana, Ranu Arifudin dan Soegiharto Santoso.

Depicta 2014 juga memberikan penghargaan bagi karya inovasi TI dan blog terbaik di tingkat guru maupun Komunitas Informasi Masyarakat. Ada 3 kategori lomba yang digelar, yakni Blog untuk Guru, Blog untuk Kelompok Informasi Mayarakat (KIM) dan komunitas warga Depok lainnya, serta lomba Karya Inovasi TI untuk semua warga yang tinggal atau beraktivitas di Depok.

Depok ICT Award 2014 didukung oleh BISKOM selaku media partner

Berita terkait:
Red Hat Resmikan Kehadirannya di Indonesia
–  ICT Expo 2014 Berikan Penghargaan Bergengsi

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.