Nikon CoolPix S810cSETELAH Nikon memperkenalkan CoolPix S810c, konsumen kini memiliki pilihan baru kamera saku Android selain Galaxy Camera dari Samsung yang populer di tanah air. Nikon CoolPix S810c sendiri sebenarnya merupakan kamera saku Android kedua yang pernah diproduksi Nikon. Sebelumnya, Nikon pernah merilis CoolPix S800c. Sebagai generasi terbaru, tentunya CoolPix S810c lebih canggih dibanding kamera S800c.

Nikon CoolPix S810c bekerja dengan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean. Dibanding dengan Nikon S800c yang mengusung OS Android 2.3.3 Gingerbread, versi Android pada Nikon CoolPix S810c jelas lebih baik. Sama seperti smartphone atau tablet PC, kehadiran sistem operasi Android di dalamnya memungkinkan penggunanya mendownload ribuan aplikasi lewat PlayStore.

Nikon S810c yang didesain dengan sedikit tombol fisik ini membawa layar sentuh berukuran 3,7 inci 1229k-dot dengan TFT LCD. Kamera ini menggunakan prosesor Cortex-A9 dan sensor BSI CMOS beresolusi 16 megapiksel untuk menghasilkan foto. Untuk membidik foto, kamera ini telah dilengkapi dengan Xenon flash, lensa 25mm berfitur 12x optical zoom (25-300mm) dan memiliki modul GPS terintegrasi untuk menandakan lokasi pengambilan foto di manapun Anda berada.

Nikon CoolPix S810c-1Nikon CoolPix S810c memiliki memori Internal 1.1 Gb dan juga mendukung microSDHC atau microSDXC untuk berekspansi.  Beberapa fitur canggih lain yang dimiliki diantaranya Dedicated Connect ke smartphone atau tablet untuk langsung share foto dan video yang terekam dengan Nikon S810c. Juga ada fitur Timeline View untuk mengedit gambar dan komentar di album kamera.

Sayangnya, Nikon S810c hanya mengandalkan koneksi WiFi untuk berbagi via email atau layanan penyimpanan berbasis komputasi awan. Koneksi WiFi ini mungkin membatasi pengguna untuk terhubung dengan internet karena harus bergantung pada hotspot WiFi. Namun sisi positifnya, pengguna bisa melakukan penghematan pada baterai.  Seandainya mendukung koneksi 3G, baterai tentu akan lebih cepat habis digunakan untuk akses paket data.

Hal menarik lainnya,  kamera ini juga telah dilengkapi dengan headphone jack sehingga Nikon S810c juga bisa digunakan sebagai media player.

Nikon CoolPix S810c kabarnya akan tersedia di bulan Mei dengan pilihan warna hitam dan putih. Harganya sekitar US$ 349.95 atau sekitar Rp.3.8 juta. Namun sejauh ini belum ada info apakah akan tersedia di Indonesia atau tidak. •

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.