Pengalaman telah menjadi guru terbaik dalam mengembangkan diri dan membangun bisnis sendiri. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan yang baru dirintis sejak tiga tahun lalu itu sudah menjangkau 6 negara di seluruh Asia Selatan dan ASEAN yang jaringannya semakin terus dikembangkan.  Indonesia sebagai negara berkembang pun tidak luput dari perhatiannya dalam melebarkan brand yang dibawanya. Channel Works, adalah nama perusahaan tersebut.

biskom-mei-14.inddSELAMA lebih dari dua dekade terjun di dunia teknologi informasi (TI) profesional pada perusahaan-perusahaan besar di Amerika, seperti SDRC (sekarang Siemen PLM Software), i-flex Solution (sekarang bagian dari Oracle), dan Autodesk & Technologies, menjadikannya memiliki segudang pengalaman yang mematangkannya untuk membangun dan mengembangkan bisnisnya sendiri bernama Channel Works, yang berfokus pada penyediaan alat-alat CCTV Surveillance System, Video Analytic, Access Control, serta Automation System untuk rumah dan kantor.

Raman Madan, Managing Partner dan Co Founder dari Channel Work, memilih Singapura sebagai kantor pusatnya. Perusahaan yang masih terbilang seumur jagung ini kini sudah menghadirkan layanannya di Sri Lanka, India, Phillipina, Vietnam dan Indonesia dengan jangkauan partner lebih dari 250 dealer-dealer dan distributor yang terdaftar di seluruh Asia.

Diakuinya, Channnel Works merupakan perusahaan distribusi security system dengan jaringan terbaik dan terbesar di ASEAN dan Asia Selatan, dan memiliki beberapa merk-merk terpercaya dan ternama seperti CP Plus, Maximus, Oxxon dan Flir. Dimana saat ini, Channel Works merupakan franchise license holder untuk CP Plus di Asia, sehingga bila bicara CP Plus pastinya berhubungan dengan Channel Work.

“Produk kami sudah digunakan di ratusan ribu pemerintahan, proyek-proyek pengamanan kota, serta sistem keamanan untuk retail, bank, bandara internasional, pelabuhan, fasilitas manufaktur, perusahaan besar dan kecil, maupun rumahan,” ujar pria berkebangsaan Jerman ini.

Kelengkapan produk CP Plus sendiri meliputi Video Door Phone (analog dan IP Based) untuk Villa, Multi-Villa, Apartment dan Multi-Apartment, serta Home / Office Automation Solution System. Sedangkan di DVR analog dilengkapi Mobile DVR (untuk kendaraan) dengan option GPS System dan realtime video streaming, two way communication, ATM DVR (untuk mesin ATM), hingga mensuport POS integration (untuk retail yang mau terhubung dengan mesin kasir / POS system ), Combo DVR (LCD Monitor 10 inci yang sudah embeded DVR seperti All in One PC), HD CVI Camera. Tidak ketinggalan, Video Analytic Software seperti People Counting, Object Missing, Flame Detection, Smoke Detection, TresPassing, dan Face Detection / Recognition.

Prestasi yang dicapai Channel Works dalam membawa merk CP Plus dibuktikannya dengan tingkat pertumbuhan yang sangat cepat sekali di pasar. Terutama di India yang selama beberapa tahun belakangan ini memimpin pasar hingga 24% dengan revenue US$ 50 juta dengan hanya satu distributor saja, yaitu Aditya Infotech.

Keberhasilannya di India tidak lepas dari pemahamannya atas pasar India yang didapatkan dari pengalaman sebelumnya selama 6 tahun berkarir pada industri Computer Aided Design (CAD) dan Computer Aided Manufacturing (CAM) di India.

“Saat itu saya ditugaskan untuk bertanggung jawab mengembangkan jaringan kerja profesional di India. Lalu, difokuskan pada pasar internasional sehingga diharuskan migrasi ke Eropa untuk memimpin pengembangan bisnis dan jaringan untuk Eropa Barat pada sebuah perusahaan software solusi perbankan.”

Raman Madan-Biskom-Mei 2014-4Kemudian, setelah menyelesaikan tugasnya di Eropa Barat, Raman pun mulai beralih kembali ke Asia dengan Autodesk. “Saya bekerja untuk Autodesk Singapore sebagai Kepala Divisi Media & Entertainment Software Business untuk area Asia Pasifik. Saya bekerja dalam industri M&E selama lebih dari satu dekade sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi pengusaha yang akhirnya terwujud kini,” paparnya.

Lebih lanjut, berikut petikan wawancara BISKOM dengan Raman Madan di sela-sela peluncuran CP Plus di Jakarta, medio April 2014 lalu.

Kenapa Channel Works memilih produk Surveillance System untuk dipasarkan?
Ada dua alasannya. Pertama, yaitu pola pertumbuhan. Sesuai IMS Report, pasar Surveillance Equipment di Asia itu bernilai lebih dari US$ 3,3 miliar dalam 2009 dan diperkirakan akan tumbuh dengan Compounded Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 15,2% menjadi senilai lebih dari US$ 6,7 milyar pada 2014.

Jaringan Video Surveillance Equipment Market (produk IP) adalah pendorong pertumbuhan utama dan memperlihat pertumbuhan 32,8% di seluruh Asia. Hal ini membuat Surveillance menjadi salah satu segmen pasar yang berkembang pesat. Kedua, struktur jaringan dealer yang tidak terorganisir.  Struktur jaringan pemasaran segmen surveillance system di seluruh wilayah saat ini tidak terorganisir dengan baik, seperti struktur jaringan pemasaran TI di awal 90-an. Disinilah, kami merasa mempunyai kekuatan dalam pengembangan jaringan dan pengaturan terorganisir  yang akan memberi keunggulan dalam persaingan. Karena Channel Works hampir memiliki  lebih dari 140 tenaga pemasaran per tahun yang berpengalaman dalam jaringan pemasaran di  tim Asia.

Apa target Channel Works yang ingin dicapai pada tahun 2014 ini?
Dalam hal pertumbuhan, pada tahun 2013 Channel Works mencapai pertumbuhan lebih dari 200% untuk omset dalam setahun. Kami menargetkan untuk memiliki pertumbuhan yang sama untuk 2014.

Kami memiliki omset di kuartal 1 yang sangat baik dengan pertumbuhan kuartal lebih dari 250% dari tahun lalu dalam periode yang sama. Dalam hal pengembangan tim, kami memperluas jaringan lebih dari 60% untuk Asia. Di pasar berkembang seperti Indonesia, kami memperluas tim kami dengan lebih dari 100% pada tahun 2014.

Kami juga menargetkan pengembangan di daerah secara langsung di sekitar 7 kota besar di Indonesia. Perluasan tim Indonesia saat ini untuk penjualan dan dukungan pra dan purna jual. Sedangkan dalam hal pengembangan jaringan, dealer telah mencapai dua kali lipat kapasitas jaringan dealer kami di seluruh Asia Selatan dan ASEAN. Sampai 2013, fokus kami adalah ekspansi jaringan dealer di kota kelas A.

Pada tahun 2014 kami sudah mulai fokus di kota kelas B. Sebagai contoh di Indonesia, sebagian besar bisnis kami berasal dari Jakarta dan sekarang kami memperluas kehadiran kami di kota-kota seperti Surabaya, Makassar, Medan, Bandung, Yogyakarta, Bali dan lainnya melalui jaringan kemitraan.

Raman Madan-Biskom-Mei 2014-3Apa saja keunggulan dari produk CP Plus dibandingkan dengan produk-produk lainnya?
Merk CP Plus menawarkan varian produk yang lengkap. Jangkauan terluas produk CP Plus merupakan hasil dari proses pembelajaran berkelanjutan dari akumulasi masalah-masalah sebenarnya di lapangan dan karena itu menciptakan berbagai produk untuk jawaban kebutuhan semua orang.

CP Plus Teknologix Labs (CP Plus Research & Development Unit) bekerja dengan penuh dedikasi dengan mitra dan end-user untuk mendengarkan kebutuhan mereka saat ini dan masa depan yang kemudian dapat mengeluarkan produk terbaru. Solusi CP Plus sangat kuat, dapat diandalkan, bernilai estetis baik dan mudah digunakan. Selain itu, CP Plus juga menawarkan hasil investasi yang menguntungkan pada konsumen, dengan memberikan produk berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

Teknologi terbaru apa yang dikeluarkan oleh CP Plus?   
Ada banyak hal-hal menarik yang ditawarkan CP Plus dengan mengusung teknologi terbaru CP Plus, seperti Teknologi High Definition (HD), bernama HDCVI yang terdapat pada CP Plus Coral Series terbaru. Teknologi Analog HD ini merupakan yang terdepan dan terbaik dengan performa mengagumkan.

Kecanggihan teknologi memudahkan proses penginstalasian dan penggunaan, dimana signal video bisa menjangkau hingga jarak 500 meter tanpa gangguan meskipun menggunakan kabel co-Axial biasa. Ini tentunya sebuah mimpi yang mejadi kenyataan bagi para pemain CCTV yang memang mencari solusi Survelillence HD yang terjangkau untuk menjawab kebutuhan konsumen mereka.

Selain itu, kami juga mempunyai teknologi Quadra yang menawarkan fitur-fitur seperti jangkauan voltasi yang luas (6V-24V), perlindungan tegangan tinggi, gambar yang jernih, desain anti panas dan anti IR Reflect pada kaca depan. Tersedia juga, IP Camera Apex Series dengan performa terdepan dan efisiens karena lebih hemat daya, hemat kapasitas penyimpanan, hemat bandwidth dan bekerja sempurna pada area kurang pencahayaan.

Apa alasan dari CP Plus menargetkan pasar pengguna di Indonesia, dan sejak kapan?
Indonesia adalah negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan merupakan salah satu kunci ekonomi pasar berkembang di dunia. Mengingat kondisinya saat ini dan potensi pertumbuhan masa depan, umumnya menjadi keharusan bagi setiap pemain utama pasar global untuk fokus pada Indonesia dan memenangkan hati para pelanggan di sini.

CP Plus telah mengembangkan rangkaian produk setelah mendapatkan pengalaman yang bervariasi dari negara-negara besar lainnya. CP Plus sudah menjadi perusahaan penyedia solusi produk surveillance  terbesar di India dengan pangsa pasar lebih dari 16% dengan pesaing terdekat kami memiliki pangsa pasar kurang dari 6%. Berkaitan dengan pasar surveillance kami melihat banyak kesamaan antara India dan Indonesia, sehingga kami pun bercita-cita untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia.

Bagaimana dengan penjualan CP Plus di Indonesia sejauh ini?
Channel Works dan CP Plus berkomitmen untuk visi jangka panjang di Indonesia. Saat ini kami berada pada posisi membangun dan yang kami lakukan saat ini adalah tim kami sedang bekerja keras untuk memperkuat hubungan dengan mitra, membangun layanan dan dukungan jaringan. Dalam melakukan penjualan, kami mengutamakan pelayanan yang prima, support dan kepuasan pelanggan. Responnya sanggat luar biasa. Kami optimis akan mencapai lebih dari tujuan kami.

Raman Madan-Biskom-Mei 2014-2Bagaimana dengan keunggulan serta keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna produk-produk CP Plus?

Berbagai solusi CP Plus telah dikembangkan dengan mendengarkan kebutuhan pelanggan kami yang berharga di seluruh dunia. Hari ini, CP Plus tidak hanya memiliki portofolio terluas untuk produk surveillance dan solusi dalam lini bisnisnya, tapi juga harga yang terjangkau dan komitmen pada kualitas layanan. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan sangat penting bagi kami.

Apa saja target pasar dari CP Plus?
Pasar Indonesia merupakan pasar yang sedang berkembang dengan potensi yang sangat besar di setiap segmennya. Baik itu proyek Infrastruktur, pelayaran, pengawasan pesisir pantai (pelabuhan) atau solusi yang diperlukan untuk sektor keuangan, lembaga pendidikan, mall, kantor atau rumah.

Portofolio produk dan solusi dari CP Plus menyumbang persyaratan kritis atau solusi tepat yang dibutuhkan. Dengan basis yang lebih luas dan komprehensif para profesional di bidang sekuriti lebih memilih CP Plus di pasarnya.

Apa saja target Channel Work setelah peluncuran produk di Indonesia baru-baru ini?  
Kami sedang mengerjakan beberapa hal, seperti membangun kesadaran pasar dan image branding untuk CP Plus. Kami akan melakukan peluncuran produk di  tiga kota yaitu Surabaya, Makassar dan Bali di pertengahan bulan Mei 2014. Kami juga melakukan kampanye mailer dan beberapa iklan dan promosi di beberapa majalah security dan TI. Lalu, mengembangan jaringan dealer atau pemasaran yang menjadi fokus utama kami di 2014 untuk pasar Indonesia.

Kami memperluas jangkauan kami melalui mitra perusahaan sekuriti dan TI di seluruh kota di Indonesia. Kami mengundang mitra penyedia sekuriti dan TI yang tertarik untuk bergabung dengan Channel Works dan CP Plus. Selain itu, membangun dukungan layanan infrastruktur dan purna jual.

Saat ini kami sedang membangun tim yang berdedikasi tinggi dalam melakukan dukungan pra dan pasca penjualan. Tim ini juga akan mendukung mitra dengan konfigurasi sistem, desain sistem dan implementasi pada proyek-proyek pekerjaan yang dilakukan para mitra.

Bagaimana Anda membangun hubungan kerjasama yang baik dengan para distributor dan dealer di Indonesia?
Kami sedang membangun tim lokal di Indonesia untuk mendukung mitra kami. Setiap karyawan yang dipekerjakan dalam tim ini merupakan warga Indonesia sehingga ia memahami sistem nilai dan budaya Indonesia. 100% dari bisnis kami adalah melalui mitra, maka kami mendukung mitra kami dengan kegiatan pengembangan pasar dan memberikan program pimpinan dan bimbingan untuk membantu memperluas bisnis mereka.

Selain itu, kami juga mendukung mereka untuk memenangkan transaksi dengan pelanggan-pelanggan utama mereka, membangun kemitraan dengan berdasarkan kepercayaan dengan memberikan yang sesuai pada apa yang menjadi komitmen dan hanya melihat hubungan jangka panjang dengan mitra, serta melakukan program pelatihan bersertifikasi CP Plus pada pertengahan kuartal untuk membantu mitra bisa naik ke tingkat berikutnya.

Sekarang ini, kami juga sedang mengerjakan sebuah model jaringan distribusi yang akan memastikan bahwa mitra menghasilkan keuntungan usaha yang baik dalam jangka pendek dan jangka panjang sehingga nantinya tercipta sebuah jaringan kemitraan dengan keseimbangan antara pencapaian tujuan dan fokus.

Bagaimana menurut Anda tentang karakter orang Indonesia dalam hal penggunaan teknologi?
Saya pribadi merasa bahwa Indonesia sangat mirip dengan orang-orang di ekonomi berkembang Asia lainnya. Kami melakukan analisis biaya dan harga yang sangat signifikan sebelum mengadopsi teknologi baru.

Apa yang menjadi tujuan utama Anda pribadi dalam dunia bisnis?
Saya bercita-cita untuk membuat Channel Works sebagai perusahaan jaringan terbesar dan paling efisien di Asia, di mana setiap partner senantiasa merasa bangga bekerjasama dengan Channel Works. •ANDRI/M. TAUFIK (foto)

Artikel Terkait:
TELAH TERBIT BISKOM EDISI APRIL 2014
KURNIADI S. SANJAYA: CP Plus Berikan Servis Terbaik
Channel Works Kenalkan CCTV Canggih Dari Jerman
TELAH TERBIT BISKOM EDISI MEI 2014
RAMAN MADAN: Channel Works Tawarkan Solusi Surveillence Terlengkap
Channel Works Gelar Certification Training CP Plus

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.