Sony Cyber-Shot RX100 III-1NAMA besar Cybershot membuat Sony dengan percaya diri terus mengembangkan kamera saku dengan nama ini. Belum lama ini Sony mengungkap generasi ketiga dari kamera Cybershot RX series yang populer, yakni RX100 III.

Kamera Cybershot RX100 III ini menawarkan desain compact seperti pendahulunya,  Sony RX100 MkII, tapi dengan sejumlah peningkatan fitur di dalamnya. Perubahan yang jelas terlihat terletak pada layar belakangnya yang kini bisa dilipat 180 derajat, sehingga mereka yang gemar berfoto selfie dipastikan akan menyukai kamera ini.

Sony teleh memperbaharui penggunaan lensa pada Sony Cyber-Shot RX100 III.  Seri ini menggunakan Carl Zeiss Vario-Sonnar T* 24-70mm f/1.8-2.8. Dengan spesifikasi barunya ini, lensa RX100 III akan lebih terang di ujung zoom dibandingkan RX100 II.

Sony tetap menggunakan sensor BSI-CMOS Exmor R berukuran 1-inci beresolusi 20.1 megapixel, seperti yang digunakan RX100 II. Untuk pemrosesan gambar dan video, RX100 III kini menggunakan prosesor BIONZ X yang juga diandalkan Sony untuk beberapa kamera DSLM atau DSLT terbarunya seperti Sony a7, a7r dan Alpha A77 II.

OLYMPUS DIGITAL CAMERADengan BIONZ X, kemampuan rekam videonya juga ikut meningkat. Apalagi Sony juga  menggunakan codec XAVC-S yang lebih minim kompresi. Ini menjadikan hasil rekaman video Full HD kamera ini lebih baik. Sony Cyber-Shot RX100 III juga menjadi kamera Cyber-shot RX-series pertama yang mendapat dukungan Intelligent Active Mode untuk mengurangi efek guncangan dari gerakan tangan atau gerakan tubuh saat merekam video dengannya.

Didukung EVF OLED Tru-Finder, Sony Cybershot RX100 III juga menggunakan sebuah sensor mata yang bisa secara otomatis menampilkan antara display dan viewfinder.  Namun Sony tidak menyertai  hotshoe flash untuk menambah aksesoris flash eksternal.

Seperti kamera modern lainnya, juga tersedia fitur WiFi dan NFC. Dipadukan dengan aplikasi Sony PlayMemories, Anda bisa menjadikan perangkat tablet atau smartphone Android menjadi remote shutter atau memindahkan hasil foto ke tablet atau smartphone.

Sony Cyber-Shot RX100 III  tersedia di bulan Juni 2014 dengan bandrol harga US$ 800 atau sekitar Rp. 9 juta.•

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.