Taipei International Electronics Show (Taitronics) 2014 akan segera digelar pada bulan Oktober mendatang. Menyambut event  ini, peserta dari pemeran elektronik terbesar di Taiwan ini pun sudah mulai mempersiapkan inovasi dan produk terbarunya untuk diperkenalkan dalam pemeran yang juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seminar, procurement meeting hingga pemberian Award.

Taitra-TaitronikTAIWAN External Trade Development Council (TAITRA) yang telah dipercaya oleh Bureau of Foreign Trade (BOFT), Ministry of Economic Affairs (MOEA) untuk mengkoordinir kegiatan pemeran Taitronics, telah mempersiapkan sekitar 1.400 booth untuk dapat diisi oleh lebih 700 peserta di lokasi TWTC Nangang Exhibition Hall, Taipei, Taiwan, pada 6 – 9 Oktober 2014 mendatang. Taitronics 2014 diharapkan mampu menarik 40.000 lebih visitor dari dalam maupun luar negeri.

Memasuki tahun ke 40, Taitronics kali ini mengangkat tema “Green Electronics, Smart Living” untuk meningkatkan kesadaran dunia akan lingkungan, sekaligus untuk memimpin tren ponsel pintar. Perangkat pintar menjadi soroton utama karena industri komponen elektronik Taiwan saat ini banyak mendapatkan benefit dari perangkat pintar yang beberapa tahun belakangan ini semakin popular. Terutama untuk perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet dimana hampir setiap negara saat ini mulai ikut memproduksinya, sehingga permintaan pasokan komponen elektronik utama seperti PCB, IPM, konektor, dan baterai akan terus meningkat di tahun ini.

Berdasarkan hasil penelitian Mei 2014 yang dilakukan Industrial Technology Research Institute (ITRI), pertumbuhan produksi komponen elektronik Taiwan diperkirakan tahun ini akan mencapai 4,4% dengan nilai produksi sebesar NT$ 910,67 miliar. Hal ini dipengaruhi pasar consumer electronics di negara-negara maju perlahan mulai pulih dan perangkat genggam pintar dengan spesifikasi tinggi namun harga terjangkau mulai ramai di pasaran, serta tumbuhnya pasar Internet of Things (IoT), wearable device dan aplikasi.

Tumbuhnya produksi perangkat genggam pintar sendiri akan terlihat dengan dirilisnya produk baru seperti LG, Sony, Intel maupun Qualcom di tahun ini. Tidak ketinggalan, Google Glass, Apple iWatch dan Samsung aksesoris juga akan menjadi sorotan. Oleh karenanya, masa depan komponen akan terletak pada embedded circuit board atau substrate technologies.

Sehingga akan mempengaruhi pemilik usaha mengambil tindakan proaktif untuk terus berinvestasi pada komponen perangkat genggam pintar. Disisi lain, dalam jangka panjang agar tetap kompetitif di shifting market, ITRI menyarankan produsen untuk berinvestasi di mobil, perangkat elektronik medis, atau bidang yang sedang berkembang seperti sektor energi.

Taitra-foto bersama

Produk Terbaik

Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, para peserta pameran Taitronics akan menampilkan produk terbaru meliputi kategori, Electronic Components & Part, Meters & Instruments, Active & Passive Components, LED Lighting and Applications, Cells, Batteries & Power Supplies, Industrial Process & Automation Equipment, Smart Living and Consumer Electronics, Broadband Products & Application, Cloud Computing Technology, Pavilion of Standards, Testing & Certification, Made-in-Taiwan (MIT) Household Electrical Appliance Pavilion, National Pavilions.

Menyambut pagelaran Taitronics yang disebut-sebut sebagai peluang industri elektronik dan listrik Taiwan untuk dikenal oleh pasar global, para peserta pun sudah menyiapkan inovasi maupun produk terbarunya untuk diperkenalkan pada pameran listrik dan elektronik terbesar di Asia ini.

BISKOM mendapatkan kesempatan ekslusif untuk mengunjungi beberapa manufaktur Taiwan sebelum pameran Taitronics digelar. Manufatur tersebut diantaranya Good Will Instrument, Chief Land Electronic, Chant Sincere, Avertronics, Universal Microelectronics, Excel Cell Electronic, UniSVR Global Information Tech, Ty-Ohm Electronic Works dan Chroma Ate.

Berikut beberapa perusahaan dan produk terbaiknya yang akan meramaikan Taitronic 2014:

 1. Starconn

Taitra-STARCONN2Diawali dengan Starconn. Brand dari Chief Land Electronic ini merupakan manufaktur konektor Top 5 Taiwan yang menyediakan kebutuhan untuk PC dan industri telekomunikasi.  Berdiri sejak 1978, Chief Land Electronic telah mempelopori pengadaan mold tooling plastik dan part plastik untuk sektor konektor utama maupun teknologi upgraded connector. Sehingga sejak tahun 1981 produsen konektor ini memimpin pasar di Taiwan.

Deputy Director, Chief Land Electronic, Vincent Lau menyebutkan, Starconn konektor sekarang ini dipercaya sebagai produk yang memiliki kualitas teratas dengan harga terjangkau. “Teknologi kami menawarkan presisi dan tingkat transmisi yang tinggi untuk system integrator CEM, ODM atau OEM untuk partners desktop, LCD Panel, Notebook, Server, Storage, Telekomunikasi dan Datacomm,” ujar Lau.

Produk terbaru yang diperkenalkan adalah 127AB-Winner yang merupakan konektor berkecepatan tinggi untuk di back plane dengan kecepatan data 18Gb/detik. Winner, dirancang dengan perisai khusus dan bila dipasangkan sinyalnya kuat dibandingkan dengan konektor lain di back plane. biasanya digunakan pada telekomunikasi, router, server, WiFi network, storage dan data center.

 2. Chant Sincere

Taitra-Chant SincerePerangkat konektor juga dilakukan Chant Sincere, pemegang brand Coxoc yang juga melengkapi bisnisnya dengan memproduksi kabel untuk memberikan solusi total kepada pelangganya.

Perusahaan yang mulai berdiri pada tahun 1985 ini memilki konsep manajemen “Honest, Innovative, Quality, Longterm” dalam merancang dan memproduksi konektor dan kabel yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi yang berbeda, seperti Computing, Industrial Automation &, Telekomunikasi, Otomotif, Waterproof, Consumer dan Industri Medis.

Banyak mendapatkan penghargaan, diantaranya “National Bedrock Award” dan “Small Giant Award”, Chant Sincere memfokuskan pada peningkatan desain dan teknologi manufaktur dengan banyak mendaftarkan paten secara internasional pada produknya, termasuk konektor I/O, konektor Board to Board, konektor waterproff, Industrial Connector, Automotive connector, Memory Card connector dan adaptor, High Speed connector dan kabel USB3.0, Audio & Vidio connector dan kabel HDMI maupun Display Port.

Produk terbaru yang diperkenalkan untuk mendukung meningkatnya penggunaan smartphone berbasis Android, Chant Sincere memperkenalkan OTG Reader berupa USB Flash drive yang bisa plugin ke PC ataupun smartphone Android secara langsung karena tersedianya dua konektor yang dilengkapi micro USB dan didalamnya terpasang micro SD card. ”Produk ini diluncurkan untuk menyaingi i-Stick produk yang ditujukan untuk iPhone dan iPad dimana harganya jauh lebih mahal dibandingkan OTG Reader yang memilki fungsi yang hampir sama,” papar Jean Hsu, Project Team Director, Chant Sincere.

 3. Avertronics

Taitra-AvertronicsPerusahaan yang satu ini sedikit berbeda karena aktif dalam mengembangkan kontrol nirkabel dan produk sistem kontrol pencahayaan, yaitu Avertronics. Didirikan pada tahun 1986 menawarkan pengolahan elemen penghubung, menghubungkan modul kawat, modul aplikasi nirkabel, produk sistem, dan teknologi yang terkait untuk Photonics elektronik, listrik, mekanik, dan industri perawatan kesehatan.

Produk terbaru yang diperkenalkan adalah Smart Lighting Control System untuk mendesain tata lampu atau pencahayaan di dalam ruangan atau gedung yang dapat dikontrol melalui aplikasi Avin yang bisa didownload pada iOS. Dengan system ini juga bisa mengontrol waktu lampu kapan waktu on dan off, serta setup bisa disesuaikan keinginan penggunanya.

“Instalasinya sangat mudah dilakukan. Kedepannya kami akan mengunakan cloud dimana wifi menjadi sarana penghuhubung controlernya,” ujar Patricia Lee dari Avertronics.

Patricia juga menjelaskan bisnis baru yang sedang dikembangkan Avertronics adalah LED Environment berupa lampu indoor hidrophonic untuk mengatur pencahayaan perkebunan di dalam ruangan.

Berkaitan dengan Taitronics, perusahaan-perusahaan ini mempunyai alasan yang tidak jauh berbeda untuk mengikuti pagelaran tahunan ini, yaitu ingin membuka kerjasama dengan berbagai industri di dunia. Taitronics memberikan peluang tersebut, karena perusahaan tidak hanya berkesempatan memamerkan produknya tetapi secara eksklusif membuka proyek terbaik antara pembeli dan pemasok dengan digelarnya 2 procurement meeting, yakni Sourcing Taiwan for Government Procurement dan 1-on-1 match-making meeting. • ANDRI / FIQI (foto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.