01. INAICTA 2014 - Menkominfo Tifatul SembiringTAHUN ini, Indonesia ICT Award (INAICTA) 2014 telah memasuki tahun ke-8. INAICTA yang merupakan lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang  teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Bertepatan dengan acara buka puasa bersama, Kemkominfo pada hari ini (15/7), mengundang para pemangku kepentingan baik dari operator, dunia usaha, asosiasi dan komunitas TIK di Indonesia untuk terlibat dalam CXO Meeting INAICTA 2014 di Jakarta.

Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring, mengajak para pemangku kepentingan TIK di Indonesia untuk tetap mendukung acara INAICTA, khususnya mendukung para peserta dan hasil karya mereka, agar bisa lebih bermanfaat bagi kemajuan industri TIK  di Indonesia.

“Dengan kerjasama aktif diantara seluruh pemangku kepentingan, perkembangan dunia TIK di Indonesia akan lebih maju dan siap menghadapi tantangan kompetisi global di masa mendatang,” kata Tifatul dalam sambutannya.

02. INAICTA 2014 - Menkominfo Tifatul Sembiring - Dirjen Bambang Heru TjahjonoPada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) Kemkominfo, Bambang Heru Tjahjono mengatakan, INAICTA 2014 diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong berkembangnya produk-produk TIK lokal dengan peningkatan kualitas maupun inovasi produk. Tidak hanya bagi pengembang individu, tapi juga bagi komunitas untuk pemberdayaan masyarakat.

“Faktor utama dibalik kemajuan TIK adalah kemampuan sumber daya manusia (SDM). Oleh sebab itu diperlukan usaha keras untuk meningkatkan keterampilan SDM di bidang  TIK. INAICTA adalah salah satu wahana untuk mendorong kreativitas dan inovasi anak bangsa,” jelasnya.

Tema dari kegiatan INAICTA 2014  adalah “Innovate – Integrate – Empower” dengan harapan agar hasil karya inovasi anak bangsa dapat berperan dalam menghasilkan produk unggulan TIK di berbagai bidang dan menjadi sarana untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat dan daya saing ekonomi nasional.

03. INAICTA 2014 - Foto bersama

INAICTA 2014 membuka kategori perlombaan yang sedikit berbeda dari tahun lalu. Untuk tahun ini, penjurian INAICTA 2014 dibagi menjadi 15 jenis perlombaan dan dibagi dalam dua kategori, yaitu Pelajar dan Profesional:

Kategori Pelajar:
1.    Applications (SD, SMP)
2.    Applications (SMA/K)
3.    Applications (Perguruan Tinggi)
4.    Games (Perguruan Tinggi)
5.    Animation (SMA/K, Perguruan Tinggi)
6.    Applicative Robot (SMA/K, Perguruan Tinggi)

Kategori Profesional:
7.    Health & Well-being
8.    Education & Culture
9.    Financial & SME
10.  Tourism
11.   E-Inclusion
12.   Research & Development
13.   Games
14.   Digital Interactive Media
15.   Digital Animation

Bukan hanya perlombaan, INAICTA 2014 juga akan menyoroti trend dan potensi perkembangan industri TIK melalui serangkaian konferensi, workshop dan pameran.  Batas akhir pendaftaran peserta INAICTA 2014 sendiri akan berakhir pada 31 Juli,  kemudian penjurian tahap 1 pada 14 Juli, dilanjutkan penjurian tahap 2 pada 27 Agustus.  Sementara pengumuman pemenang, pameran dan malam penganugerahan INAICTA 2014 akan berlangsung pada  28-29 Agustus 2014, di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan.

INAICTA 2014 didukung oleh BISKOM selaku media partner. •

Artikel Terkait:
Inaicta 2014 Lombakan 15 Kategori

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.