Home Fokus Onno W. Purbo Masuk Dalam Calon Menteri Kabinet Jokowi

Onno W. Purbo Masuk Dalam Calon Menteri Kabinet Jokowi

166

Sejarah baru telah dimulai. Ini adalah pertama kali terjadi di Indonesia, dimana masyarakat dilibatkan secara langsung dalam memilih seorang menteri.

Calon MenteriPRESIDEN RI terpilih, Joko Widodo (Jokowi), dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK), kini telah memulai menyusun kabinetnya untuk masa pemerintahan 2014-2019. Ia meminta pandangan masyarakat terkait kabinet yang akan disusunnya.

Dalam akun resmi Jokowi-JK di Facebook dengan nama Jokowi Center, diunggah lembaran yang diberi nama Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR). Dikatakan, meskipun pemilihan menteri adalah hak prerogatif Presiden, Jokowi-JK berkeinginan mengajak masyarakat untuk terlibat aktif memilih calon menteri yang diharapkannya.

“Di dalam memilih daftar nama calon-calon menteri ini, kami melakukan diskusi intensif dengan berbagai kalangan: aktivis, intelektual, wartawan dan juga para politikus. Nama-nama ini kami hadirkan, dan Anda kami persilakan untuk memilihnya sebagai bagian dari laku politik. Selamat memilih, tetap tersenyum dan tetap mendukung Jokowi-Jusuf Kalla, untuk Indonesia yang lebih hebat, mandiri, dan bermartabat,” sebut Jokowi dalam akunnya.

Masyarakat tinggal mengklik tiga nama yang telah disediakan, atau mengisi nama lain yang  berpotensi dicalonkan masyarakat di kolom tambahan (Other). Nama-nama dan jabatan selengkapnya bisa diperoleh klik di SINI!

Di samping kalangan aktivis, intelektual, wartawan, politikus dan bahkan seniman, yang menarik, beberapa tokoh yang terkenal di dunia teknologi informasi (TI) juga ikut tercantum dalam bursa calon menteri ini.

Onno W Purbo-BiskomOnno W. Purbo adalah salah satu calon Menteri Komunikasi dan Informatika. Onno dikenal sebagai Pakar Internet Indonesia. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962 ini juga menjadi penulis, pendidik, dan pembicara seminar. Sebagai aktivis, Onno dikenal dalam upayanya memperjuangkan internet murah. Karya inovatifnya diantaranya adalah Wajanbolic, untuk koneksi internet murah tanpa kabel dan RT/RW-Net sebagai jaringan komputer swadaya masyarakat untuk menyebarkan internet murah, serta penerapan Open BTS.

Selengkapnya mengenai Onno W. Purbo, klik di SINI!

 

Romi Satria WahonoSelain itu ada nama Romi Satria Wahono dalam jajaran calon Menteri Riset dan Teknologi.  Kelahiran 2 Oktober 1974 ini adalah tokoh pendidik di dunia TI. Aktif sebagai peneliti dan dosen, dimana ratusan publikasi penelitian dalam bentuk scientific paper, artikel, dan tutorial telah diterbitkan dalam berbagai proceedings conference, jurnal ilmiah, majalah, koran dan portal, bertaraf nasional maupun internasional. Romi memulai karir sebagai software tester, programmer dan system analyst di beberapa software house dan game developer company di Jepang. Memiliki pengalaman sebagai engineer, konsultan, lecturer dan pembicara seminar, workshop, serta conference baik di Indonesia maupun luar negeri.

Selengkapnya mengenai Romi Satria Wahono, klik di SINI!
Jenderal TNI Budiman-Biskom

Nama Jenderal TNI Budiman masuk dalam jajaran calon Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Kelahiran Jakarta, 25 September 1956 ini sebelumnya adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) ke-29, dan belum lama ini memasuki masa pensiun dini. Meski berkiprah di bidang militer, Budiman juga terlibat aktif di dunia TI. Bersama Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), Budiman melakukan reformasi prajurit Indonesia yang melek TI.

Selengkapnya mengenai Jenderal TNI Budiman, klik di SINI!

 

Selain tiga nama tersebut, tentunya masih banyak tokoh nasional lain yang kiprahnya di dunia TI tidak perlu diragukan lagi. Kendati belum masuk dalam bursa calon menteri, nama-nama tersebut layak jadi pilihan lain Anda.
Firdaus Ali-Biskom

Misalnya saja Firdaus Ali. Pakar Air dan Sumber Daya Air Indonesia kelahiran Riau pada 21 April 1962 ini banyak terlibat dalam penanganan masalah air dan banjir dengan Pemprov DKI Jakarta dan banyak daerah lain di Indonesia. Dalam mengatasi krisis air, Doctor dari Department of Civil and Enviromental Engineering, University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat ini banyak mengandalkan terobosan teknologi yang paling efektif dan inovatif yang diakui oleh negara lain. Melihat kiprahnya, Firdaus Ali layak dicalonkan menjadi Calon Menteri Kependudukan dan lingkungan Hidup ataupun Menteri Pekerjaan Umum (PU) atau kementerian baru pengganti Kementerian PU yaitu Kementerian Sumber Daya Air dan Tata Ruang atau Kementerian Infrastruktur dan Sumber Daya Air yang akan dimaksudkan untuk menjawab tantangan pembangunan yang sedang dan akan dihadapi oleh Indonesia kedepan. Selain dari itu, Firdaus Ali yang merupakan Pendidik dan Peneliti Teknik Lingkungan di Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini bukanlah sosok yang asing bagi Jokowi, Presiden Terpilih 2014-2019, karena selama ini yang bersangkutan sudah aktif membantu Jokowi dalam urusan sumber daya air di Ibukota.

Selengkapnya mengenai Firdaus Ali, klik di SINI!

 

Budiman Sudjatmiko-Biskom

Nama hebat lain yang belum masuk dalam calon menteri misalnya Budiman Sudjatmiko. Aktivis kelahiran Cilacap, 10 Maret 1970 dan anggota DPR RI ini belakangan terlibat aktif dalam pembangunan Desa dan ekonomi kreatif.  Perhatiannya yang besar di kedua bidang ini layak menempatkannya di posisi calon Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selengkapnya mengenai Budiman Sudjatmiko, klik di SINI!

Bagaimana menurut Anda? •

Arikel Terkait:
TELAH TERBIT BISKOM EDISI AGUSTUS 2013
ONNO W. PURBO: Lebih Baik Jadi Guru, Demi Cerdaskan Bangsa
TELAH TERBIT BISKOM EDISI JUNI 2014
JENDERAL TNI BUDIMAN: Modernisasi Alutsista Tingkatkan Pertahanan Negara
Asosiasi dan Penggerak TIK Nasional Sepakati Roadmap dan Menteri TIK Kedepan
Pegiat Internet Indonesia #AkhirnyaMilihJokowi
Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif Padati Konser Salam Dua Jari
TELAH TERBIT BISKOM EDISI JULI 2014
FIRDAUS ALI: Ketahanan Air Lebih Krusial Dibanding Pangan dan Energi
ROMI SATRIA WAHONO:  Indonesia Butuh Penguasaan Teknologi
Inilah 41 Calon Menteri Terpilih Versi Kabinet Rakyat
Dicalonkan Jadi Menkominfo, Onno Raih Polling Tertinggi
ONNO W. PURBO: Cerdaskan Rakyat, Agar Merdeka di Bidang TI

9 COMMENTS

  1. Saya dukung Kang Onno jadi menteri komunikasi dan informatika…..sangat mumpuni…dan yang penting suka gayanya yg sederhana dan sandalan….ha ha ha….

  2. Mas Onno, Selamat Ya… jadi salah satu nominadi… semoga bisa terpilih dan bisa membanggakan kami…
    Tadi ada yg nanyakan Mas pada saya.. pokoknya Doa kami sekeluarga untuk keberhadilan Mas Onno

  3. Melihat kiprah Pak Onno dari awal, memberikan ilmu tanpa pamrih dan memperjuangkan internet agar tersedia bagi siapa saja, maka memang sudah saatnya Pak Onno saat ini maju sebagai Menkominfo. Semoga sukses Pak Onno!

  4. tanpa survei sekalipun, tokoh ti nomor satu di indonesia ya sudah pasti onno lah… pak presiden jokowi, pilih nama ini ya dalam kabinet mu..

  5. Saya rasa Pak Onno sangat cocok untuk menduduki jabatan sebagai Menkominfo,karena kiprah dan kemampuan Beliau yang sdh ahli dan berpengalaman dibidang TI,begitu juga dengan sifat Beliau yg suka bekerja keras tanpa pamrih dan sederhana sangat cocok dengan kriteria yg dibutuhkan oleh Bpk Jokowi.Mudah2ah Pak Onno diberi kemudahan dan kelancaraan.Amin..

  6. Saya meyakini perkembangan TI di Indonesia akan maju pesat jika Kementerian Komunikasi dan Informatika dipimpin oleh Onno W. Purbo.
    Track-record-nya jelas, keberpihakan kepada rakyat.
    Di bidang TI, kita boleh dibilang orang “purba”, sangat jauh tertinggal, sehingga diperlukan percepatan agar gap menyempit, perlu seorang Onno Purbo.

    Masih banyak impian, harapan dan PR di bidang TI, entah itu di bidang kependudukan yang tak rampung-rampung, di bidang geografis yang bernilai sangat strategis itu, di bidang komunikasi dan informasi publik, dan lain sebagainya.

    Seandainya saja, Single Identity Number bisa diwujudkan, maka banyak sekali paperwork yang dapat dieliminasi, atau seandainya kita bisa memiliki nomer panggil telepon seluler sendiri, maka tak perlu ganti-ganti nomer HP sekali pun menggunakan operator lain.
    Dan masih banyak lagi yang merupakan impian dan harapan saya yang sampai saat ini masih belum terwujud.
    Semoga Onno W. Purbo dapat dipertimbangkan memimpin kementerian ini, karena itu akan mendekatkan saya kepada impian dan harapan saya itu.
    Semoga…

  7. Wah pak Hoky…. usul yang baik tapi ada yang ketinggalan Pak Hoky…. ini saya dapat beritanya di Headline Yahoo.co.id salah satu calon mentri di kabinet Jokowi JK sedang dampingi Kasad yang baru dilantik hehehe
    https://id.berita.yahoo.com/video/ksad-akan-lanjutkan-program-tahunan-180429145.html;_ylt=As04yt5xOs62P1Q2oQLpxZF9V8d_;_ylu=X3oDMTE2ZHJrMTRiBG1pdAMEcG9zAzIEc2VjA01lZGlhQkNhcm91c2VsTWl4ZWRMUENB;_ylg=X3oDMTBhOWtzcTRsBGxhbmcDaWQtSUQ-;_ylv=3

    atau via youtube: http://www.youtube.com/watch?v=pN6v2UgCHfI

  8. Pak Onno sudah memberikan kontribusi yang banyak bagi kemajuan ICT di Indonesia, dan kontribusi ini akan menjadi jauh lebih banyak lagi dan tentunya lebih tepat sasaran, bila beliau berada dalam struktur dan memimpin langsung Kemenkominfo. Yuk kita dukung beliau untuk menjalankan amanah ini dan semoga pemerintahan yang baru bisa menunjuk beliau untuk mengemban amanah ini. ICT sekarang sudah menjadi salah satu ujung tombak kedaulatan suatu bangsa, dan sudah saatnya Indonesia mendapatkan dan mempertahankan kedaulatan itu dengan memilih orang yang tepat – Pak Onno – untuk memimpin Kemenkominfo.

  9. Teman2, baru kali ini terjadi, kita sbgi masyarakat dilibatkan secara langsung dlm hal memilih Menteri2-nya, ayo kita manfaatkan kesempatan ini dgn sebaik-baiknya, kita wajib turut serta memilih, agar Indonesia menjadi semakin baik, Amin.

    Mohon klik ke http://bit.ly/polling-menteri dan memilih dgn lengkap, nanti selain Kang Onno masih banyak nama tokoh2 lainnya yg sangat peduli dgn dunia teknologi informasi (TI), sehingga sudah selayaknya kita memberikan dukungan diantaranya kepada Mas Romi agar dapat menjadi MenRistek, lalu Jenderal TNI Budiman agar dapat menjadi Menko Polhukam dan Mas Firdaus Ali agar dapat menjadi Menteri Kependudukan dan lingkungan Hidup ataupun Menteri Pekerjaan Umum (PU) atau kementerian baru pengganti Kementerian PU yaitu Kementerian Sumber Daya Air dan Tata Ruang atau Kementerian Infrastruktur dan Sumber Daya Air, Mas Budiman Sudjatmiko agar dapat menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pak Richard Sam Bera agar dapat menjadi Menpora dan Jenderal TNI (Purn.) Ryamizard Ryacudu agar dapat menjadi Menteri Pertahanan serta Pak Anis Baswedan agar dapat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Amin.

    Khusus utk Kang Onno, kita juga bisa menandatangani petisi ini: Dukung Onno W Purbo Turun Tangan menjadi Menteri Informasi dan Teknologi dgn cara klik ke https://www.change.org/id/petisi/onno-w-purbo-dukung-onno-w-purbo-turun-tangan-menjadi-menteri-informasi-dan-teknologi

    Semoga upaya2 kita semua ini membuahkan kebaikan, Amin.

    Terima kasih.
    Salam, Hoky.

Comments are closed.