Onno BiskomONNO Widodo Purbo atau Onno W. Purbo yang dikenal sebagai pengajar sekaligus pakar internet dan teknologi informasi (TI), makin gencar dicalonkan menjadi calon menteri  Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) oleh masyarakat.

Belakangan ini memang muncul sejumlah website yang berisi polling, dimana masyarakat bisa memilih langsung calon menteri yang diidamkannya. Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi dan Jusuf Kalla sendiri secara terbuka berharap masyarakat dapat turut serta memberi masukan calon menteri untuk kabinet tahun 2014-2019 yang akan dipimpinnya.

Dalam website Polling untuk “Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR)“, misalnya, nama Onno W. Purbo bersaing dengan Ferry Mursyidan Baldan (Anggota Komisi II DPR RI untuk periode 2004-2009 sekaligus Ketua Pansus Rancangan Undang-Undang Pemilu), dan Nezar Patria (Anggota Dewan Pers dari unsur wartawan).

Sementara dalam website Kabinet Rakyat, Onno sampai siang hari ini (4/8), meraih polling 1101 suara, bersaing dengan Fadjroel Rachman (Direktur Soegeng Sarjadi School of Governtmen (SSSG)) yang meraih 199 suara dan Putra Nababan (Dosen dan Pemimpin Redaksi Metro TV) yang meraih 141 dukungan.

Onno Biskom-2Dalam rilis Masyarakat Profesional (MasPro) yang diterima BISKOM (3/8), para praktisi profesional dalam berbagai bidang juga mengusulkan nama Onno W. Purbo menjadi calon Menkominfo.  MasPro yang mengaku telah mengadakan survei  masyarakat ini merangkum nama-nama yang dipilih masyarakat dalam “Kabinet Indonesia Merdeka V2.0”, dan akan mengusulkan langsung  kepada Jokowi-Jusuf Kalla dalam waktu dekat.

Dukungan lain juga terus berdatangan untuk Onno, antara lain dalam bentuk petisi online. Petisi itu diposting di website change.org, dengan judul ‘Dukung Onno W Purbo Turun Tangan menjadi Menteri Informasi dan Teknologi’. Petisi online tersebut saat ini sudah mengumpulkan 958 pendukung.

Lalu bagaimana komentar Onno? Sebelumnya kepada sejumlah media dan follower di akun Twitter-nya yang beralamat di @onnowpurbo, ia mengaku ‘pening’ saat ditanyai pendapatnya mengenai pencalonan dirinya karena tidak ingin terlibat dalam urusan birokrasi. Namun melihat besarnya dukungan yang berkembang, kepada BISKOM akhirnya Onno mengatakan, “Hati kecil saya bertanya, apakah saya siap? Sebab saya  bisa, hanya bila semesta mendukung. Saya tentu bukan apa-apa, tanpa bantuan rakyat. Semoga Allah SWT bersama kita semua, Amin.”

Onno Biskom-3Sekilas mengenai Onno W. Purbo, kelahiran Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962 ini memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981 dan lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME.

Onno kemudian aktif sebagai aktivis open source dan Wajanbolic. Wajanbolic sendiri adalah antena penangkap sinyal WiFi yang terbuat dari wajan dengan memanfaatkan USB WiFi. Onno juga menjadi otak di balik pengembangan program RT/RW-Net, yaitu jaringan komputer swadaya masyarakat agar masyarakat dapat menikmati internet murah.

Karya inovatif Onno yang lainnya adalah OpenBTS. OpenBTS merupakan teknologi alternatif untuk membangun Base Transceiver Station (BTS) sendiri dalam telekomunikasi GSM berbasis peranti lunak bersifat terbuka. Mabes TNI AD adalah salah satu lembaga yang telah menggunakan teknologi OpenBTS yang dikembangkan bersama Universitas Surya. Onno yang sekaligus dosen Universitas Surya, terlibat dalam penelitian dan pengembangan tersebut. •

Arikel Terkait:
TELAH TERBIT BISKOM EDISI AGUSTUS 2013
ONNO W. PURBO: Lebih Baik Jadi Guru, Demi Cerdaskan Bangsa
TELAH TERBIT BISKOM EDISI JUNI 2014
JENDERAL TNI BUDIMAN: Modernisasi Alutsista Tingkatkan Pertahanan Negara
Asosiasi dan Penggerak TIK Nasional Sepakati Roadmap dan Menteri TIK Kedepan
Pegiat Internet Indonesia #AkhirnyaMilihJokowi
Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif Padati Konser Salam Dua Jari
TELAH TERBIT BISKOM EDISI JULI 2014
FIRDAUS ALI: Ketahanan Air Lebih Krusial Dibanding Pangan dan Energi
ROMI SATRIA WAHONO:  Indonesia Butuh Penguasaan Teknologi
Onno W. Purbo Masuk Dalam Calon Menteri Kabinet Jokowi
Inilah 41 Calon Menteri Terpilih Versi Kabinet Rakyat
ONNO W. PURBO: Cerdaskan Rakyat, Agar Merdeka di Bidang TI

10 COMMENTS

  1. 1000% setuju Kang Onno jadi Menkominfo. Tinggal bekerja sesuai hati nurani dan keinginan rakyat umumnya, maka jaya lah TI Indonesia. Selamat Kang.

  2. Dear Rekan2 semua,

    Sejumlah survei dan polling, baik yang digelar oleh Jokowi Center, Kabinet Rakyat, Masyarakat Profesional (MasPro) dan Change.org, telah mengunggulkan Pakar Internet, Onno Widodo Purbo, menjadi calon Menkominfo dalam kabinet Presiden terpilih 2014-2019, Jokowi.

    Dan Puji syukur Alhamdulillah, Kang Onno sendiri kepada BISKOM mengaku siap menjadi menteri jika rakyat berkendak. Jawaban ini menepis keraguan kita selama ini, tentang Kang Onno bersedia menjadi Menteri atau tidak!!!, Mantaaaap pisan euy, heheheee…

    Bagi rekan-rekan, yg ingin ada perubahan dibidang TIK dan ingin mendukung Kang Onno menjadi Menkominfo, Mohon bantu melakukan poling di “Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR)“ dan Kabinet Rakyat serta isi petisi nya di website change.org, atau bisa juga bantu memberikan dukungan kepada Kang Onno via link web Biskom ini.

    Terima kasih.
    Salam, Hoky.

  3. Sbg bagian dr masyarakat IT,kang Onno hrs didukung habis.inilah org yg cocok.jgn yg dr org2 yg bs omong aja.
    Semoga terwujud

  4. Saya membayangkan dengan Pak Onno bersedia mengemban tanggung jawab sebagai Menkominfo / CIO bangsa, maka infrastruktur ICT indonesia akan menjadi semakin murah untuk seluruh rakyat dan dengan kualitas yang justru semakin baik lagi.

    Keinginan Pak Onno dalam memberdayakan open source, adalah karena solusi ini dapat memberikan kontribusi terbesar relatif terhadap investasi yang terkecil, plus aspek kedaulatan ICT yang sangat mungkin diraih bila mengedepankan open source. Tapi vendor proprietary di sisi lain tidak perlu terlalu khwatir, karena saya yakin open source dan proprietary bisa saling melengkapi, bukan dikotomi.

    Pak Onno sudah banyak sekali berkarya untuk bangsa, yang juga diakui di dunia international, sangat concern dengan pendidikan, mengedepankan teknologi yang merakyat, independent dan sangat dikenal oleh berbagai kalangan. Sayang sekali bila anak bangsa yang berprestasi seperti Pak Onno, tidak diserahkan kepercayaan untuk memimpin kemenkominfo yang memang sudah bidang keahliannya.

    Pak Onno sempat “pusing” ketika ditawari untuk menjadi menkominfo adalah karena beliau langsung membayangkan begitu banyaknya ide/ inovasi / terobosan yang dapat diimplementasikan untuk kemajuan ICT bangsa. Beliau langsung membayangkan bahwa sebagai CIO bangsa, begitu banyak aspek ICT yang perlu ditumbuhkembangkan di seluruh sektor pemerintahan terutama terkait pelayanan untuk rakyat. Untuk itu Yuk kita dukung Pak Onno untuk menjadi Menkominfo dan juga mendukung beliau (semampu kita) saat menjalankan amanahnya di kabinet nantinya (Insyaa Allah).

  5. Sudah saat nya Komunitas TIK menggerakkan Kan Kang Onno agat bisa membantu Jokowi daripada blusukan konvensional..bisa blusukan Online dan seluruh perwakilan asosiasi tiap daerah memfasilitasi..

    INISIATIF Awal saya siap Webinar kan Kang Onno dengan 500 SMK TIK di 500 Kab/kota dari Kampus IBM ASMI yg saya sudah siapkan jadi studio Siaran Webinar.

    Jadi digabungkan aja semua perwakilan komunitas kita undang sekalian menyaksikan..kalo mau dalam rangka menyambut hari kemerdekaan kita buat segera..

    Sudah Saat nya Menteri Kominfo yang paham Efisiensi dan TIK dan tidak Perlu Paham Politik…Krn Politik itu Busuk…

    Dan Kekayaan Intelektual kita dan SDM yg Melimpah jangan sampai kita sdh hancur di Industri Perangkat keras dan Jaringan…mau Hancur lagi dari industri Software …??????

    Apa susah nya buat content dan mendidik jarak jauh sehingga ke pelosok..????

    Dan content whats app, line,kakao talk,viber…kenapa bangsa kita tidak bisa..????

    JADI harga Mati ada Figur yg apa ada nya dan makan secukup nya…bukan yg serakah dan JAGO POLITIK..

    Salam
    Dedi Yudiant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.