RICOH PENTAX Q-S1-1BANYAK orang yang menginginkan hasil foto yang sempurna dari kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR). Namun karena bentuknya yang cukup besar, terkadang orang, terutama para wanita, enggan membawa kamera DSLR kemana-mana.  Mencoba menjawab permasalahan ini, Ricoh baru saja meluncurkan kamera barunya, Pentax Q-S1.

Pentax Q-S1 diklaim sebagai kamera DSLR termungil dan teringan di dunia saat ini dengan dimensi 105 x 58 x 34 mm dan bobot 203 gram sudah termasuk baterai. Kamera ini tampil dengan gaya retro yang elegan dan didesain dengan pilihan warna-warna yang ceria. Total ada 40 kombinasi warna dengan 5 pilihan warna bodi dan 8 pilihan warna untuk bagian grip. Untuk warna bodinya, ada warna hitam, gunmetal, putih, emas dan silver. Sementara hand grip akan tersedia dalam pilihan warna hitam, cream, merah, kuning, hijau, biru, burgundy, dan pink. Dengan pilihan warna seperti ini pengguna bisa memiliki kamera yang beda dengan kamera pengguna lain.

Secara spesifikasi, Pentax Q-S1 menggunakan sensor BSI-CMOS 12 megapiksel berukuran 1/1.7-inci seperti yang digunakan pada kamera seri Pentax Q7. Bedanya, sensor Pentax Q-S1 telah mendapat tambahan mekanisme DR II (Dust Removal II) untuk membersihkan debu di area sensor. Selain itu juga terdapat dukungan SR (Shake Reduction) dengan sensor Gyro untuk memerangi efek guncangan tangan yang membuat hasil foto kurang tajam.

RICOH PENTAX Q-S1-2Ricoh melakukan peningkatan prosesor gambar pada seri ini untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Dengan prosesor Q Engine terbaru, Pentax Q-S1 diklaim mampu menekan noise di ISO tinggi dengan lebih baik. Pilihan ISO yang tersedia pun masih sama dengan Pentax Q7 yaitu antara ISO 100 hingga ISO 12800.

Selain pilihan ISO, ukuran layarnya sama dengan dengan Q7, yaitu 3 inci. Pengguna dapat membidik objek melalui layar LCD  atau menggunakannya untuk merekam video. Kemampuan kamera ini dalam merekam video menghasilkan output hingga kualitas Full HD 1080p.

Ada beberapa fitur lain yang bisa diandalkan, diantaranya mode Smart Effect yang menawarkan pilihan ragam efek filter di kamera. Yang paling menarik adalah fitur Bokeh Control. Sesuai namanya, fitur ini akan membantu Anda untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh menggunakan lensa apapun. Q-S1 juga telah dilengkapi 21 scene mode untuk berbagai kondisi pemotretan dan mode HDR.

Pentax Q-S1 tersedia di bulan September 2014 dan dibanderol dengan harga US$ 499.95. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.