domainBERTEPATAN dengan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2014, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) akan meluncurkan Domain Tingkat Tinggi (DTT) .ID, atau yang populer dengan sebutan Apapun.id.

Sebelum dirilis, PANDI telah mengenalkan DTT .ID ini sejak 20 Januari 2014 dengan membuka pendaftaran khusus melalui tiga tahapan periode prioritas. Pertama, periode Sunrise yang ditujukan bagi pemegang merek, dan tahapan kedua periode Grandfather yang ditujukan bagi pemilik Domain Tingkat Dua (DTD) .ID.

Tahapan ketiga, periode Landrush berjalan hingga 15 Agustus 2014 yang telah mendaftarkan lebih dari seribu nama domain. Domain yang didaftarkan lebih dari satu pihak dan masih dalam proses lelang adalah agenda.id, diskon.id, diving.id, forklift.id, lampu.id, potret.id, toko.id, safety.id, genset.id, media.id, bintang.id, bunga.id, software.id, triumphmotorcycles.id, magna.id, dan foto.id. Selain itu juga ada beberapa nama cantik yang hanya didaftarkan oleh satu pihak, seperti internet.id, multimedia.id, download.id, pasar.id, dan market.id.

Menurut Ketua PANDI bidang Sosialiasi dan Komunikasi, Sigit Widodo, dengan segera berakhirnya periode Lundrush, maka setiap orang dapat langsung menggunakan .id tanpa tambahan ekstensi sebelumnya. “Ini hadiah kami untuk ulang tahun Republik Indonesia ke-69. Indonesia, selain akan punya presiden terpilih baru dan desain mata uang baru, juga akan punya nama domain internet baru dalam waktu dekat ini,” ujar Sigit di Jakarta (11/8).

Jadi, mulai 17 Agustus 2014, nama domain Apapun.id sudah dapat didaftarkan dengan cara biasa menggunakan prinsip pendaftar pertama atau first come first serve. “Siapa yang mendaftar maka dia berhak mendapatkan nama domain tersebut selama nama tersebut belum terdaftar di Pandi. Pendaftarannya langsung ke registrar-registrar PANDI,” ungkap Sigit.

Untuk Apapun.id, PANDI hanya menyediakan 100 ribu nama domain dengan biaya pertahun Rp. 500 ribu. Bila ini masih terasa mahal, masyarakat bisa menggunakan DTD yang sesuai peruntukannya masing-masing, yaitu co.id, web.id, or.id, sch.id, ac.id, net.id, biz.id, my.id, desa.id, go.id, dan mil.id. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.