Onno Center-cyberpreneur-biskom-2SOFT launching Onno Center bertepatan dengan  peluncuran Cyberpreneur Competition 2014 yang digelar Genta Foundation Cyberpreneur bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Dalam kesempatan tersebut, sosialisasi  kegiatan Cyberpreneur Competion 2014 dan Onno Center dilakukan langsung kepada 510 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  yang tersebar di wilayah Indonesia melalui fasilitas web seminar (webinar) atau video conference.

Cyberpreneur Competition merupakan bagian dari kegiatan Cyberpreneur yang berupa pelatihan di bidang TIK untuk SMK dengan mengunakan fasilitas webinar.  Pelatihan yang diikuti ratusan sekolah dari berbagai daerah ini digelar setiap minggu dan telah berlangsung selama satu tahun.

Bertujuan meningkatkan kompetensi siswa, dalam kompetisi ini akan mengangkat materi-materi lomba di bidang TIK yang memang dibutuhkan pasar saat ini, antara lain WLAN, System Network Admin, Aplikasi Mobile Android, Toko Online, Web Portal Daerah, Membuat Rencana Bisnis dan Web Desain Statis.

“Program Cyberpreneur dalam kegiatannya tidak hanya mendorong pelajar SMK untuk meningkatkan kompetensinya di bidang TIK, tetapi juga menjadi jembatan penghubung antara SMK dengan industri. Oleh sebab itu kami membuat materi lomba yang disesuikan dengan kebutuhan industri,” ungkap Dedi Yudianto, Ketua Pembina Genta yang juga masuk dalam tim Onno Center.

Onno Center-cyberpreneur-biskom-1Terkait dengan peresmian Onno Center, Dedi merasa kegiatan-kegiatan ini adalah yang dibutuhkan bangsa saat ini agar tidak tertinggal di bidang TIK. “Bersinergi dengan Onno Center akan menambah kekuatan bagi Cyberpreneur dalam pembinaan pendidikan internet dan produk-produk turunannya, karena di dalamnya berkumpul para ahli di bidang TIK,” lanjut Dedi.

Oleh sebab itu, pihaknya juga menyertakan tim yang ada di Onno Center untuk menjadi juri dalam kompetisi yang diadakannya, antara lain Onno W Purbo (Pakar Internet), Soegiharto Santoso (Pebisnis TIK), Ranu Arifudin (Praktisi Infrastruktur Jaringan Wireless), dan Chairul Anwar (Akademisi dari IBM ASMI). Sedangkan dari pemerintahan ada Mustaghfirin Amin (Direktur Pembinaan SMK), yang selama ini mendukung kegiatan Cyberpreneur untuk diselenggarakan di instasinya.

Mustaghfirin mengatakan, “Cyberpreneur Competition yang akan berlangsung selama satu semester ini bervisi untuk menciptakan wirausahawan dan profesional muda Indonesia dalam bidang TIK yang berdaya saing global. Nantinya peserta didik tidak hanya sekedar lulus tapi mempunyai kompetensi.”

Onno sendiri melihat, apa yang dilakukan Cyberpreneur sangat mendukung penciptaan SDM yang berkualitas di bidang TIK. Namun saat kegiatan webinar berlangsung, masih terlihat keterbatasan akses internet yang menyebabkan sering terputusnya komunikasi di beberapa daerah. “Keterbatasan internet ini lah yang harus menjadi perhatian bersama untuk mengupayakan prioritas percepatan implementasi internet sekolah, terutama di daerah-daerah,” papar Onno.

Onno mengatakan, penyediaan akses internet untukpendidikan yang merata di seluruh Indonesia menjadi tugas semua pihak. Karenanya Onno Center bertekad untuk menjalin hubungan baik dengan pemerintah, industri, asosiasi, media dan institusi pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mencerdaskan bangsa. •

Arikel Terkait:
Onno Center dan Cyberpreneur Indonesia Kembangkan Blusukan Online
Onno W. Purbo: Blusukan Online, Blusukan Tanpa Becek-becekan
Jokowi Punya e-Blusukan, Onno Punya Blusukan Online
Onno Center Bukan ‘Kendaraan’ Menuju Menkominfo
Onno Center Siap Bangun SDM TIK Berkualitas
Jika Jadi Menkominfo, Onno W. Purbo: Anggap Bonus
Pakar IT Ini Bakal Pakai Sepatu Jika Jadi Menkominfo
Ini Visi Onno W. Purbo Jika Terpilih Jadi Menkominfo
Onno Center Siap Majukan Dunia Internet Hingga Plosok Desa di Indonesia
Onno W Purbo Paparkan Visinya Soal Menkominfo
ONNO W. PURBO: Cerdaskan Rakyat, Agar Merdeka di Bidang TI
Dicalonkan Jadi Menkominfo, Onno Raih Polling Tertinggi
Inilah 41 Calon Menteri Terpilih Versi Kabinet Rakyat
Onno W. Purbo Masuk Dalam Calon Menteri Kabinet Jokowi
ONNO W. PURBO: Lebih Baik Jadi Guru, Demi Cerdaskan Bangsa 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.