Onno Center-biskom-2ONNO Center dibangun bukan untuk memanfaatkan nama Onno W.Purbo, Pakar Internet, yang saat ini digadang-gadang menjadi calon Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

“Ide Onno Center sebetulnya sudah dibicarakan sejak lama. Cita-cita mencerdaskan bangsa pun telah menjadi visi Onno sejak lama,” papar Soegiharto Santoso, salah satu pendiri Onno Center pada saat soft launching yayasan tersebut di Jakarta (28/8).

Soegiharto menegaskan, Onno Center tidak ada hubungannya dengan pencalonan Onno sebagai Menkominfo dan bukan ‘kendaraan’ untuk mempromosikan Onno. “Namun memang harus diakui, saat ini adalah momen yang tepat  untuk segera merealisasikan Onno Center, dimana pemerintahan yang baru terpilih mempunyai program utama yakni revolusi mental. Program tersebut tidak jauh berbeda dengan kami, yakni ingin sebanyak mungkin membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ini akan menjadi dukungan terhadap program pemerintah dan yang bisa kami berikan untuk rakyat Indonesia,” paparnya.

Saat peresmian Onno Center yang mengundang sekitar 20 wartawan tersebut, kepada BISKOM Onno mengatakan, “Menteri itu urusan presiden sepenuhnya. Terpilih atau tidak jadi menteri, visi saya dari dulu tetap sama yaitu mencerdaskan bangsa. Daripada sibuk memberi komentar tentang pencalonan tersebut, saya memilih untuk terus berkarya. Mengajar itu hobi saya. Kalau jadi menteri, saya khawatir tidak bisa ngajar. Tapi kalau nanti terpilih jadi menteri pun, ya anggap saja bonus,” ujarnya berseloroh.

Onno Center adalah pusat kegiatan pengembangan riset dan teknologi serta penulisan, terutama untuk teknologi internet, dengan Onno W. Purbo, sebagai icon-nya. Kegiatan Onno Center akan berupa seminar dan workshop, ujicoba produk, memfasilitasi inkubasi startup,  diskusi dan pembahasan terkait bidang TIK, roadshow ke daerah-daerah untuk mewujudkan internet masuk desa (#internetrakyat), menjalin hubungan baik dengan pemerintah, industri, asosiasi, media dan institusi pendidikan untuk mengadakan kegiatan lain yang tujuannya mencerdaskan bangsa.

Selain mempunyai basis lokasi fisik, opersional riset dan kegiatan Onno Center akan banyak dilakukan lewat media internet seperti Twitter dan Facebook serta webinar yang dinamai Blusukan Online.

Selama masa sosialisasi, Onno Center akan terus mengajak berbagai pihak untuk mendukung dan bergabung ke dalam semua aktifitas yang sudah direncanakan. •

Arikel Terkait:
Onno Center dan Cyberpreneur Indonesia Kembangkan Blusukan Online
Onno W. Purbo: Blusukan Online, Blusukan Tanpa Becek-becekan
Jokowi Punya e-Blusukan, Onno Punya Blusukan Online
Onno Center Siap Bangun SDM TIK Berkualitas
Kemdikbud dan Onno Center Resmikan Cyberpreneur Competition 2014
Jika Jadi Menkominfo, Onno W. Purbo: Anggap Bonus
Pakar IT Ini Bakal Pakai Sepatu Jika Jadi Menkominfo
Ini Visi Onno W. Purbo Jika Terpilih Jadi Menkominfo
Onno Center Siap Majukan Dunia Internet Hingga Plosok Desa di Indonesia
Onno W Purbo Paparkan Visinya Soal Menkominfo
ONNO W. PURBO: Cerdaskan Rakyat, Agar Merdeka di Bidang TI
Dicalonkan Jadi Menkominfo, Onno Raih Polling Tertinggi
Inilah 41 Calon Menteri Terpilih Versi Kabinet Rakyat
Onno W. Purbo Masuk Dalam Calon Menteri Kabinet Jokowi
ONNO W. PURBO: Lebih Baik Jadi Guru, Demi Cerdaskan Bangsa 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.