Onno W. PurboPRESIDEN terpilih, Joko Widodo, sejak menjabat Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta telah menunjukkan kegiatan ‘blusukan’ atau menjalin komunikasi dengan masyarakat secara langsung, untuk mengetahui kondisi terkini masyarakat.

Metode blusukan dipercaya dapat membantu menentukan program pemerintah yang berpihak pada kerakyatan. Tak heran jika kegiatan ini pun mulai banyak diikuti oleh pemimpin daerah lainnya untuk melakukan hal yang sama,  agar dapat mendekatkan seorang pemimpin dengan rakyatnya.

Pakar Internet Onno W Purbo, juga mulai mengadopsi istilah blusukan untuk teknologi terbarunya yang bernama Blusukan Online. Blusukan Online adalah komunikasi interaktif dua arah yang dilakukan dari jarak jauh secara online. Bisa dilakukan kapanpun dalam 24 jam, sepanjang terhubung dalam koneksi internet.

Dengan Blusukan Online, Onno berharap kegiatan mengajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang banyak dilakukannya saat ini bisa menjangkau lebih banyak orang di banyak daerah, bahkan di pelosok-pelosok desa.

Dikembangkan bersama antara Onno Center dan organisasi bernama Cyberpreuneur Indonesia, Blusukan Online sepintas hampir sama dengan webinar (seminar berbasis web) biasa. Namun yang istimewa, Blusukan Online mampu melibatkan banyak peserta di berbagai penjuru Indonesia. Tak tanggung-tanggung, bisa mencapai lebih dari 500 peserta!

Bersamaan dengan sosialisasi  Cyberpreneur Competition 2014 yang digelar Cyberpreneur Indonesia bersama Direktorat Pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hari ini (4/9) di Jakarta, Onno kembali melakukan ujicoba Blusukan Online bersama ratusan SMK se-Indonesia dan sejumlah media di Jakarta.

Onno menyebutkan, Blusukan Online merupakan cara distribusi informasi yang murah, cepat, efisien serta terjangkau hingga pelosok desa. “Dengan dukungan teknologi internet, penyebaran ilmu pengetahuan dapat dilakukan secara luas dan cepat. Bisa dibilang, ini caranya blusukan tanpa harus becek-becekan, misalnya saat pimpinan di pemerintahan ingin berkomunikasi dengan masyarakat di wilayah yang rawan banjir,” terangnya.

Kendati demikian, Onno menjelaskan, sebenarnya saat mengajar dirinya lebih suka mengunjungi anak didiknya secara langsung. “Cuma kan hampir tidak mungkin semua daerah bisa saya kunjungi,” tambahnya. •

Arikel Terkait:
Onno Center dan Cyberpreneur Indonesia Kembangkan Blusukan Online
Jokowi Punya e-Blusukan, Onno Punya Blusukan Online
Onno Center Bukan ‘Kendaraan’ Menuju Menkominfo
Onno Center Siap Bangun SDM TIK Berkualitas
Kemdikbud dan Onno Center Resmikan Cyberpreneur Competition 2014
Jika Jadi Menkominfo, Onno W. Purbo: Anggap Bonus
Pakar IT Ini Bakal Pakai Sepatu Jika Jadi Menkominfo
Ini Visi Onno W. Purbo Jika Terpilih Jadi Menkominfo
Onno Center Siap Majukan Dunia Internet Hingga Plosok Desa di Indonesia
Onno W Purbo Paparkan Visinya Soal Menkominfo
ONNO W. PURBO: Cerdaskan Rakyat, Agar Merdeka di Bidang TI
Dicalonkan Jadi Menkominfo, Onno Raih Polling Tertinggi
Inilah 41 Calon Menteri Terpilih Versi Kabinet Rakyat
Onno W. Purbo Masuk Dalam Calon Menteri Kabinet Jokowi
ONNO W. PURBO: Lebih Baik Jadi Guru, Demi Cerdaskan Bangsa 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.