Onno Center dan Cyberpreneur Indonesia Kembangkan Blusukan Online

Ditulis pada 05 September 14

Blusukan Online-Biskom-1

ISTILAH Blusukan Online mulai dikenal masyarakat. Adalah Onno W. Purbo, Pakar Internet Indonesia,  yang mengenalkan webinar dengan jumlah audience  hingga mencapai lebih dari 500 orang dari penjuru daerah, untuk bersama-sama melakukan komunikasi dua arah secara online.

Webinar ini dikembangkan pertama kali oleh Cyberpreneur Indonesia, sebuah yayasan yang memiliki tujuan untuk menciptakan enterpreneur-enterpreneur muda Indonesia. Kini  bersama Onno Center,  lembaga pendidikan yang mengsung Onno W. Purbo sebagai ikon,  Cyberpreneur Indonesia tengah  melakukan proses pengembangan Blusukan Online.

Blusukan Online-Biskom-2

Dedi Yudiant, Pendiri Cyberpreneur Indonesia mengatakan, “Kami telah mencoba sistem ini selama setahun, dan telah berhasil melibatkan lebih dari 500 peserta webinar. Jika kapasitas server yang kita gunakan lebih besar lagi, kemungkinan bisa melibatkan 1000 peserta sekaligus.”

Namun pengembangan bukan hanya sekedar menambah server, tetapi juga berevolusi menjadi beberapa bentuk kegiatan, seperti:

  • Blusukan Online Conference, adalah kegiatan interaktif Audio Visual berbasis web dengan server terpusat dengan jumlah partisipan atau peserta hingga 1000 orang serentak sekaligus dan bisa diakses dari mana saja, sejauh terhubung ke Internet dengan bandwidth minimal 512 Kbps.
  • Blusukan Online Web, adalah sistem informasi berbasis Web atau portal Kegiatan yang tujuannya melakukan identifikasi /monitoring tingkat ‘Kegalauan (Galauers)’ pengguna dunia maya terhadap sesuatu produk atau layanan, baik Layanan Publik, pemerintahan  maupun swasta. Melalui Blusukan Online Web, bisa diperoleh  indikasi awal terhadap informasi produk atau layanan berupa respon pengguna, baik positif maupun negatif,  di dunia maya. Khusus untuk Pemerintah, Blusukan Online Web memberikan kemudahan bagi Pemerintah untuk mengetahui isu-isu  yang paling dominan di masyarakat, berdasarkan fakta dan data secara instant, lengkap dengan pengaturan prioritas secara otomatis.
  • Blusukan Online Streaming, adalah kegiatan-kegiatan mengunggah atau mendownload file audio visual berbasis web di dunia Internet dengan server terpusat dan sistem informasi berbasis web secara terpadu. Misalnya seperti yang dilakukan oleh portal layanan streaming SMK.TV. Nantinya, Onno Center akan membuat layanan yang sama agar masyarakat, terutama di dunia TI dan pendidikan untuk mengisi  video streaming yang bermanfaat bagi banyak orang.
  • Blusukan Online On Air,  adalah kegiatan kolaborasi  mempublikasikan materi audio visual baik streamingrecording  maupun live berbasis internet yang ditayangkan secara On The Air melalui saluran TV satelit maupun segala jenis TV Channel, sehingga seluruh pengguna dunia maya dan pemirsa TV dapat menyaksikan tayangan yang  sama, di waktu yang bersamaan pula.

Onno W. Purbo, mengatakan, “Dengan dukungan teknologi internet dan siaran, penyebaran ilmu pengetahuan dapat dilakukan secara luas dan cepat,” tambahnya.

Untuk memberikan efek yang luar biasa, Onno pun mengajak seluruh komunitas TIK untuk saling berbagi memberi ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat. •ANDRI/M. TAUFIK (foto)

Arikel Terkait:
Onno W. Purbo: Blusukan Online, Blusukan Tanpa Becek-becekan
Jokowi Punya e-Blusukan, Onno Punya Blusukan Online
Onno Center Bukan ‘Kendaraan’ Menuju Menkominfo
Onno Center Siap Bangun SDM TIK Berkualitas
Kemdikbud dan Onno Center Resmikan Cyberpreneur Competition 2014
Jika Jadi Menkominfo, Onno W. Purbo: Anggap Bonus
Pakar IT Ini Bakal Pakai Sepatu Jika Jadi Menkominfo
Ini Visi Onno W. Purbo Jika Terpilih Jadi Menkominfo
Onno Center Siap Majukan Dunia Internet Hingga Plosok Desa di Indonesia
Onno W Purbo Paparkan Visinya Soal Menkominfo
ONNO W. PURBO: Cerdaskan Rakyat, Agar Merdeka di Bidang TI
Dicalonkan Jadi Menkominfo, Onno Raih Polling Tertinggi
Inilah 41 Calon Menteri Terpilih Versi Kabinet Rakyat
Onno W. Purbo Masuk Dalam Calon Menteri Kabinet Jokowi
ONNO W. PURBO: Lebih Baik Jadi Guru, Demi Cerdaskan Bangsa