redfishPARA pemimpin industri di bidang teknologi seperti Dell, Emerson Network Power, HP dan Intel mengumumkan kehadiran Redfish, sebuah aplikasi yang sedang dikembangkan untuk manajemen data center dan sistem dengan fungsionalitas, skalabilitas, dan keamanan yang komprehensif. Ini adalah salah satu spesifikasi paling komprehensif sejak peluncuran Intelligent Platform Management Interface (IPMI) pada 1998 lalu.

Redfish menggunakan jenis antarmuka (interface) jejaring modern yang memungkinkan akses terhadap data menggunakan metode pemrograman script-based yang sederhana. Solusi ini akan didesain untuk meningkatkan skalabilitas dan memperluas akses dan analisis data, membantu menurunkan biaya, dan mengembangkan manajemen jarak jauh yang kaya fitur agar lebih canggih lagi (feature-rich remote management) sekaligus memastikan solusi yang aman yang melindungi investasi penggunanya.

Fokus dari para pihak yang terlibat dalam kerjasama pengembangan Redfish adalah memastikan bahwa spesifikasi tersebut meningkatkan interoperabilitas di berbagai lingkungan server ganda dan memudahkan pengelolaan secara signifikan, agar para administrator bisa ‘berbicara’ dalam satu bahasa dan menjadi lebih produktif. Selain itu, Redfish memungkinkan akses ke informasi dalam jumlah sangat besar dan secara efisien menerjemahkan  data tersebut menjadi insight yang bisa ditindaklanjuti untuk monitoring dan manajemen sistem.

Upaya pengembangan ini dilakukan dengan memanfaatkan pengalaman dari para pihak yang terlibat khususnya dalam teknologi hardware sistem TI, mikroprosesor, dan manajemen infrastruktur data center (DCIM).

Perusahaan yang terlibat bekerjasama dengan berbagai badan dan asosiasi standar industri untuk mempercepat proses pengembangan, demi mengantisipasi pengadopsian Redfish secara luas. Spesifikasi ini akan diserahkan ke ‘Distributed Management Task Force’ untuk mendapatkan pertimbangan dari ‘Scalable Platform Management Forum’, sebuah forum yang baru dibentuk dan bertugas untuk membuat standar terkait solusi yang sedang dikembangkan ini. Setelah mendapat persetujuan Forum di atas, spesifikasi ini akan segera tersedia untuk umum. •

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.