Santoso Tanadi-Biskom-1UNTUK menjadi sukses, perusahaan kita harus berfokus pada market dan pelanggan dan kaya informasi. Organisasi masa depan haruslah bersifat fraktal network. Fleksibel, mampu beradaptasi, terhubung satu dengan lainnya, terpenggal penggal, dan sangat sensitip terhadap pasar yang dikejarnya. Cara kita berpikir dan mengatur bisnis haruslah mulai diubah secara radikal. Keterampilan (skill), Sikap (attitude) dan Kepemimpinan (leadership) adalah kunci penting untuk maju pada masa depan.

“Pekerjaan bukanlah tempat dimana Anda setiap hari pergi, pekerjaan adalah apa yang Anda lakukan dimanapun Anda berada,” demikian dikatakan Tanadi Santoso, enterpreneur yang kerap memberikan inovasi bisnis pada sejumlah perusahaan maupun organisasi, di hadapan sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) di Hotel Borobudur, Jakarta (11/9).

Dalam seminarnya yang bertajuk “Business Innovation: Out of The Box” tersebut, Tanadi mengajak peserta seminar motivasi untuk meninggalkan pola pikir lama dan keluar dari zona aman. “Ini hanyalah sebuah dunia, sebuah kesempatan. Dunia telah dibungkus dengan kulit digital, pelanggan tidak lagi mau menunggu kita. Kita harus memutuskan untuk melakukan sesuatu, karena masa depan itu milik kita,” paparnya.

Santoso Tanadi-Biskom-2Dengan gayanya yang khas, pria yang mengawali karirnya dengan membuka toko komputer ini melihat jaman sudah berubah dan pergerakan bisnis semakin cepat. “Bila tidak segera melakukan inovasi bisnis dan merubah cara kerja dari biasanya maka bisnis yang dibangun akan tertinggal,” ujarnya.

Menurut lulusan University of Chicago ini, perubahan pertama yang harus dilakukan adalah pada diri sendiri. Perubahan dilakukan untuk menjadikan diri kita lebih baik lagi dan itu harus dimulai dari diri sendri. “Saya mau berubah! Itu harus teguh diucapkan. Kita tidak bisa minta orang lain untuk berubah tetapi bisa untuk merubah diri kita sendiri,” tandasnya.

Lewat seminar ini, Tanadi menyampaikan inovasi bisnisnya yang meliputi, belajar berfikir “Out of The Box”, berada selangkah di depan pesaing dan mengungguli kompetisi di era fast changing market, memahami sepuluh lini inovasi yang dapat dijalankan dalam bisnis, mengaplikasikan tools untuk menciptakan terobosan, dan mempelajari contoh-contoh inovasi yang menarik dan melahirkan ide-ide inovatif dan solusi kreatif. •ANDRI/M. TAUFIK (foto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.