SONY DSCBELAJAR teknologi informasi (TI) tidak perlu harus berada dalam kelas yang serius. Santai di bawah rimbunan pohon pun bisa. Suasana inilah yang berhasil dibawa oleh IT Camp, sebuah kegiatan workshop TI yang dipadukan dengan kegiatan kemping bersama.

Melibatkan lebih dari 200 peserta, IT Camp yang digelar setahun sekali ini telah terselenggara untuk kelima kalinya. ‘Do it Yourself with Android’ menjadi tagline dari acara rutin yang digawangi oleh ODC (one Destination Center) dengan KeRMIT (Kelompok Remaja Melek IT), yang pada tahun ini juga melibatkan Onno Center, sebuah yayasan pembelajaran TI yang didirikan oleh penggiat TI Indonesia.

Acara yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada 13-14 September 2014 ini menghadirkan Onno W. Purbo, Pakar Internet, sebagai nara sumber workshop cara membuat sistem operasi Android sendiri. Tema lain yang tak kalah menarik dibawakan oleh para ahli, diantaranya pembuatan streaming server oleh Andri Johandri, Studio Streaming oleh Ian Keikai, Open BTS oleh Direktorat Perhubungan TNI Angkatan Darat, serta VoIP di Android oleh Anton Raharja.

SONY DSC“Peserta IT Camp 2014 sebagian besar anak sekolah, terutama SMK bidang TI. Bukan hanya dari Jakarta, peserta juga datang dari daerah lain seperti Pontianak dan Papua,” kata Nurlina Purbo, Ketua Pelaksana IT Camp.

IT Camp telah dimulai sejak tahun 2009. Pada saat itu peserta baru memperoleh pelatihan dasar seperti pengenalan komputer, jaringan, merakit komputer server, pembuatan jaringan internet, jaringan wireless maupun internet telepon (VoIP).

Tahun 2010, IT Camp memberi pelatihan berupa hacking karena banyaknya tuntutan dari peserta yang ingin mendalami ilmu tentang hacking. Sementara tahun 2011 materi yang diberikan tentang Open BTS dan Cloud Computing dan di tahun 2012, fokus materi pada TV Internet (Streaming), Radio Internet, Home Teater PC, Media Server, UPnP, OpenBTS new version (Multi BTS). “Tema yang dibawakan setiap tahun terus berubah mengikuti tren teknologi terkini,” tutup Nurlina.

IT Camp 2014 disponsori antara lain oleh TAITRA, Lenovo dan Canon (PT. Datascrip), serta BISKOM sebagai media partner. •

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.