SONY DSCPERTUKARAN data berukuran besar yang begitu cepat telah mempopulerkan teknologi Cloud Computing. Berbeda dengan server biasa yang dibatasi keterbatasan fisik seperti  jumlah core processor, harddisk dan memori,  maka Cloud Computing berbentuk kumpulan hardware atau server yang tersambung dalam sebuah jaringan (LAN / WAN). Yang menarik ternyata, sebenarnya kita bisa membuat server Cloud Computing sendiri dengan langkah yang relatif singkat dan murah.

Langkah-langkah pembuatan server Cloud Computing tersebut dibahas oleh Pakar Internet, Onno W. Purbo di hadapan peserta seminar dan workshop “Cloud Computing dan TV Internet” di Hotel Aryaduta, Manado, Sulawesi Utara  (16/9).

Acara yang diadakan oleh pengurus Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Sulawesi Utara ini diikuti oleh anggota Apkomindo di Manado dan sekitarnya, dan terbuka bagi masyarakat umum.

Ketua Apkomindo Sulawesi Utara, Rival Hendrik mengatakan, “Masyarakat Sulawesi Utara menaruh perhatian besar terhadap perkembangan teknologi. Karenanya kami sangat senang bisa memfasilitasi masyarakat Sulawesi Utara dengan nara sumber yang sangat berkompeten, yakni Pak Onno. Kedepan, kami akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.”

2. Foto bersama Workshop di Manado

Microsoft yang turut mensponsori acara ini mendapatkan kesempatan memaparkan layanan Cloud Computing yang disediakan perusahaan tersebut. Gerardo Andri, Cloud Sales Manager, Small and MidMarket Solutions & Partner Group Microsoft menyampaikan, Microsoft membuka layanan Cloud untuk banyak segmen, diantaranya untuk pendidikan, Usaha Kecil Menengah dengan layanan Azure in Open dan untuk pribadi maupun perusahaan.

“Penyimpanan awan milik Microsoft lainnya, OneDrive, belum lama ini juga melakukan peningkatan  batasan ukuran file yang bisa diupload,  dari sebelumnya berukuran maksimal 2 Gb menjadi 10 Gb untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu kami juga menjamin proteksi dan privacy penuh bagi pelanggan,” papar Gerardo.

Pada kesempatan ini, Onno W. Purbo sekaligus memperkenalkan Onno Center, sebuah yayasan pendidikan dan penelitian teknologi yang digagas oleh sejumlah Praktisi Teknologi Informasi (TI), kepada masyarakat Sulawesi Utara.

Soegiharto Santoso, salah satu Pendiri Onno Center menyampaikan, “Onno Center baru saja  melakukan soft launching, namun sambutan masyarakat begitu luar biasa. Suatu kebanggaan bagi Onno Center karena Apkomindo Sulawesi Utara berkenan mengundang kami untuk saling berbagi informasi seputar TI. Hal ini sejalan dengan misi Onno Center, yakni sebanyak mungkin bisa menyebarkan ilmu TI yang dimiliki Pak Onno, kepada masyarakat di seluruh Indonesia.”

Selain Cloud Computing, dalam seminar sehari ini juga diangkat tema lain, yaitu TV Internet. Tema ini dipilih setelah melihat perkembangan teknologi  telekomunikasi dan pertelevisian yang begitu luar biasa.

Seminar Cloud Computing dan TV Internet ini didukung oleh BISKOM sebagai media partner.

loading...

1 COMMENT

  1. terima kasih buat penyelenggara yang telah menghadirkan pakar it kang Onno W.Purbo untuk dapat memberikan ilmu kepada kami di manado.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.