taitra-1Melihat potensi pasar Indonesia yang begitu besar, Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) melalui program Taiwan Trade Mission-nya kembali mengirimkan delegasi perdagangannya ke tanah air. Lebih dari 30 perusahaan dihadirkan untuk dipertemukan dengan mitra potensial di Indonesia untuk bertukar keahlian dan mengembangkan peluang bisnis yang saling menguntungkan.

Dimulai empat tahun lalu dengan lebih dulu memperkenalkan industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) lalu berlanjut ke machinery, electronic, fashion, home appliance hingga kesehatan, kali ini pada 25 September 2014, di Hotel Borobudur, Jakarta, TAITRA mulai mendatangkan delegasi perdagangan dari industri Fasteners, Health dan Beauty.

Menurut Project Manager, ISC for Consumer Goods Section Market Development Department, TAITRA, Claire Chen, delegasi fasteners yang tergabung dalam Taiwan Trade Mission mencapai 20 perusahaan. Masing-masing perusahaan mempunyai berbagai variasi baut maupun sekrup untuk memenuhi beragam kebutuhan, baik itu mesin, robot, mobil, perabotan, bangunan dan lainnya.

Trade meeting ini dilakukan untuk mencari pabrik atau importir yang tertarik dengan produk Taiwan. Baru saja, ada lima pimpinan perusahaan Indonesia yang mulai tertarik untuk melakukan kerjasama dengan kami. Besok pun, kami sudah mempunyai schedule untuk mengunjungi salah satu manufaktur besar di daerah Bekasi,” ujar Claire.

Taiwan Trade Mission

Mencari peluang bisnis yang potensial, para delegasi merasa senang berada di Indonesia. Disebutkan, Indonesia sebagai negara yang memilki kekayaan alam yang berlimpah dengan luas wilayah yang besar merupakan pasar yang potensial bagi Taiwan untuk mengembangkan bisnisnya di sini.

“Sebagai negara berkembang, Indonesia akan banyak membutuhkan materi dalam jumlah yang sangat besar sekali untuk melakukan berbagai pembangunan. Kami sebagai perusahaan penyedia baut dan sekrup tentunya bisa melengkapi kebutuhan tersebut untuk meningkatkan pembangunan di Indonesia,” papar Cooper Sai, salah satu delegasi dari Kind-Auspice Industrial.

Sementara itu, 14 delegasi dari industri Health & Beauty memperkenalkan produk kesehatan dan kecantikan mulai dari kebutuhan untuk perawatan muka, rambut hingga tubuh. Jadi yang dihadirkan tidak hanya perlengkapan kosmetik rias wajah, sabun, cream untuk merawat bagian luar tubuh, tetapi juga ada suplemen untuk perawatan kesehatan dari dalam untuk tubuh.

Stephanie Yen, ISC for Consumer Goods Section Market Development Department, TAITRA, menyebutkan, produk kecantikan dan kesehatan yang perkenalkan tidak hanya terbatas pada perawatan tubuh tetapi juga ada produk untuk kekebalan tubuh dan penyakit kanker, hingga untuk kebutuhan hewan. “Suplemen kesehatan tidak hanya dibutuhkan oleh manusia saja tetapi hewan peliharaan juga membutuhkan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuhnya,” lanjutnya.

Dengan beragam produk Health and Beauty yang diperkenalkan, Stephanie mengharapkan produk-produk ini bisa lebih dulu mendapatkan sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar bisa masuk ke Indonesia dan melakukan kerjasama dengan Indonesia.

“Pada dasarnya produk-produk kesehatan dan kecantikan yang diperkenalkan sudah dipercaya di Taiwan, dan beberapa sudah lebih dari 10 tahun berproduksi. Melalui Trade Mission ini, kami berharap BPOM meringankan persyaratannya agar produk ini bisa segera masuk ke Indonesia,” tandas Stephanie.

Para delegasi yang ikut serta dalam Trade Mission kali ini adalah, Advanced Global sourcing, A Jate Steel, Al-Pro Metals, Avious Enterprise, Boss Precision Works, Broaden Worldwide, Chite Enterpriese, Gem International, Kay Tai Fasteners Industrial, Kind-Auspice Industrial, Maudle Industrial, Panther T&H Industry, Ray Fu Enterprise, SG Carbide Die, Shuenn Chang Fa Enterprise, Wei In Enterprise, Yoang Ming Industrial, Your Choice Fasteners & Tools, Super Nut Industrial. Sementara untuk Health & Beauty ada, ATP, Acai Enterprise, Colame Cosmetics, Fortune Collection Incorporation, Fu-E Lifesciences, Greengo Biomedical International, Herdsman Enterprise, Hi-Q Marine Biotech International, Kao-Yu Biotech, Kenrey, La Powder, Magnoli Cosmetics, Timing Pharmaceutical dan Wel-Bloom Bio-Tech Corporation. •ANDRI

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.