SONY DSCTIDAK ingin ketinggalan ikutan meramaikan tren selfie, aktivis open source dan pakar internet, Onno W. Purbo membawakan seminar bertemakan “Fun Multimedia: Yuk bikin Video Selfie”, yang merupakan hasil kerjasama Onno Center International bersama Radio 99ERS 100FM Bandung.

Dalam seminar yang berlangsung 6 Oktober 2014, di Antropark, Dago, Bandung, ikon Onno Center International ini memaparkan bagaimana video selfie yang dibuat tidak hanya dapat uploud ke Youtube tetapi juga disiarkan secara live streaming, layaknya siaran langsung di televisi-televisi.

Dengan cara yang menyenangkan, dipraktekkannya kepada puluhan peserta yang hadir bagaimana cara membuat Youtube versi sendiri dan membuat TV Internet. “Ada dua jenis streaming video, yaitu, Live Streaming dan Video on Demand. Pada Live Streaming, kita dapat melakukan siaran langsung di Internet, sedangkan untuk Video on Demand kita dapat menonton banyak film di TV LCD tanpa perlu mempunyai VCD/DVD Player,” papar Onno.

SONY DSCPerlengkapan yang dibutuhkan pun cukup sederhana agar video selfie dapat dibroadcast. Hanya bermodalkan ponsel Android yang terkoneksi dengan internet untuk video streaming, lalu dikoneksikan dengan laptop dimana video yang berasal dari ponsel tadi oleh laptop disalurkan lagi ke server dan server itu menyiarkan ke jaringan Internet agar bisa d tonton banyak orang.

Dijelaskannya, untuk live streaming dapat menggunakan Android yang diinstalasi aplikasi seperti sistem operasi Broadcaster yang tersedia gratis ke server streaming, misalnya menggunakan Linux sendiri yang dibangun dari Nginx dan RTMP yang juga gratis. “Sedangkan untuk Video On Demand kita dapat menggunakan UPnP server. UPnP Server dapat dibuat dari server Linux atau kita beli harddisk NAS yang sudah jadi. Sementara di sisi TV atau client-nya, dapat menggunakan aplikasi gratis seperti UPnP,” lanjutnya.

Onno berharap, acara ini bisa memotivasi banyak anak muda untuk menciptakan hal-hal baru yang bisa bermanfaat bagi semua orang.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.