indocomtech-biskom-1PAGELARAN  tahunan Indocomtech yang memamerkan berbagai produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terdepan kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Memasuki usianya yang ke-22, pameran TIK terbesar kali ini mengangkat tema “Digital Lifestyle” yang tidak hanya menampilkan perangkat komputer dan notebook saja, tetapi juga berbagai produk gadget seperti smartphone dan tablet untuk mendukung mobilitas dan gaya hidup masyarakat. Indocomtech 2014 sendiri berlangsung selama 5 hari kedepan, mulai 29 Oktober – 2 November 2014.

 Plt. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), Rudi Rusdiah, dalam sambutannya mengatakan, meski didominasi perangkat mobile, bukan berarti bisnis PC sedang down. Perangkat PC kini tengah mengalami transformasi dari yang tadinya produk consumer menjadi solusi provider, data center, back office, Cloud, maupun virtualisasi.

 “Pasar PC di Indonesia masih tetap positif mengingat penetrasinya masih sangat rendah sekitar 30%. Ini artinya potensi perkembangannya sangat perspektif berbeda dengan penetrasi mobile phone yang sudah lebih dari 100%,” ujar Rudi, di Jakarta (29/10).

Berdasarkan data yang diperolehnya, pasar PC pertumbuhannya mencapai sekitar 14% atau 8,6 juta pertahun, berbeda dengan mobile phone yang penjualannya di 2014 tembus angka 60,8 juta. “Dengan meningkatnya smartphone perkembangannya sekarang ini terjadi konvergensi yang melahirkan perangkat tablet 2 in 1 dan 3 in 1,” sambungnya.

indocomtech-biskom-2

Chris Iwan Japari dari Yayasan Apkomindo menambahkan, bila tiap tahunnya Indocomtech selalu memberikan sesuatu yang berbeda dikarenakan dinamika industri TIK selalu mengalami perkembangan. “Melihat perkembangan ini, kami selalu menghadirkan berbagai produk maupun teknologi terbaru. Tidak salah bila Indocomtech selama dua decade terakhir telah menjadi ajang pameran terbesar di tanah air dan selalu menjadi barometer dalam evolusi industri TIK,” papar Chris.

Sementara itu, Direktur PT Amara Pameran Internasional (API), Sri Vista Limbong, menyebutkan Indocomtech kali ini melibatkan kurang lebih 300 perusahaan dari bidang telekomunikasi, computer, software, game dan aksesoris.

Beberapa brand besar yang mengikuti antara lain, TAITRA Taiwan Excellence, Telkomsel, XL, Intel, Samsung, LG, Lenovo, HP, Acer, Asus, Apple, Axioo, Indosat, Evercoss, Vivo, Panasonic, Canon, Olympus, Polytron, Huawei, Logitech, Bolt, Seagate dan WD.

Untuk memeriahkan pagelaran Indocomtech yang didukung BRI ini, tidak hanya menyajikan berbagai produk saja tetapi juga dimeriahkan berbagai promo dan diskon menarik, seminar Big Data, hingga kompetisi Games.

“Panitia juga memberikan kemudahan-kemudahan untuk masyarakat mengakses Indocomtech dengan memfasilitasi shuttle bus dari FX Sudirman dan MargoCity Depok, ke lokasi pameran. Serta aplikasi Mapflik yang dapat diunduh untuk memudahkan pengunjung mengetahui denah dari booth setiap peserta dan berbagai informasi pameran lainnya,” jelas Vista. •ANDRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.