batik-taitra-biskomSetelah melalui proses penyeleksian selama satu bulan, akhirnya Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), lembaga di bawah Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT) Kementerian Ekonomi (MOEA) Taiwan, mulai mengumumkan pemenang Kompetisi Batik Taiwan Excellence yang diselenggarakan pada 27 Agustus hingga 29 September lalu.

Melalui proses seleksi ketat oleh para juri yang terdiri dari Tony Lin (Direktur TAITRA Jakarta), Nonita Respati (Perancang Busana dan Pemilik Purana Batik), dan Whulandary Herman (Celebrity Endorser Taiwan Excellence 2014), mengumumkan ketiga pemenangnya, yaitu pemenang pertama adalah Sugeng Wijayanto dari Jakarta, juara kedua adalah Utsman Amiruddin Sulaiman dari Sukoharjo dan Melita Mulyani dari Surabaya sebagai juara ketiga.

Wayne Lee, Manajer TAITRA Jakarta, tidak menyangka kompetisi batik yang pertama kali digelar ini ternyata mendapat respon yang sangat luar biasa melebihi ekpektasi dari jumlah hasil karya yang diterimanya. Disebutkannya, tema batik yang diangkat Taiwan Excelence merupakan rasa kekaguman Taiwan terhadap kebudayaan tradisional Indonesia yang dikenal dunia.

batik-taitra-biskom-1“Batik merupakan kebudayaan tradisional yang orisinal dengan memilki nilai seni tinggi yang tidak dimiliki bangsa lain. Kreativitas menjadi salah satu hal penting dalam perancangan batik itu sendiri seperti halnya produk-produk Taiwan Excellence yang juga tinggi dalam kreativitas dan inovasi,” ujar Lee, di Jakarta (13/11).

Sementara itu, Sugeng Wijayanto pemenang pertama yang merupakan mahasiswa tingkat akhir di Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta menyebutkan, rancangan batik yang dibuatnya menggabungkan motif Madura, Kawung dan Kalimantan serta unsur Geometris dengan memadukan logo dari Taiwan Excellence ke dalam motifnya.

“Kombinasi motif Kawung yang melambangkan harapan akan kebaikan, kebahagiaan dan kejayaan dengan unsur Madura dan Kalimantan menggambarkan harapan saya pada Taiwan Excellence untuk terus menyediakan produk-produk inovatif, bernilai dan andal bagi konsumen dunia.” Sugeng juga mengungkapkan bahwa gadget Taiwan Excellence seperti notebook Acer dan USB flash drive Transcend telah sangat membantunya dalam menciptakan motif tersebut.”

Sebagai apresiasi, TAITRA menyerahkan hadiah uang tunai jutaan rupiah dan sejumlah gadget Taiwan dari HTC, Acer dan JustMobile kepada para pemenang. TAITRA juga berencana mengoptimalkan penggunaan desain batik dari para pemenang untuk keperluan branding perusahaan yang bergabung dalam Taiwan Excellence. •ANDRI

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.