FUJIFILM X100T-12014 menjadi tahun yang semarak bagi Fujifilm. Di tahun ini, cukup banyak produk yang dikeluarkan perusahaan tersebut ke pasar Indonesia. Bahkan menjelang akhir tahun pun, Fujifilm masih meluncurkan kamera mirrorless terbaru.

Kamera baru yang bernama X100T tersebut merupakan kamera saku premium berukuran ringkas. Ya, dilihat dari namanya, X100T adalah generasi ketiga dari seri X100 X100S yang sangat populer di kalangan fotografer amatir dan profesional.

Memang tak banyak perubahan yang dibawa X100T secara fisik. Masih mengusung desain retro ala kamera rangefinder, kemasannya juga terlihat mirip dengan X100s. Terlebih, lensa yang dibawanya tidak berubah dengan tetap mengandalkan lensa Fix Fujinon 23mm berdiafragma F2.0. Tapi jika diperhatinkan lebih seksama, ternyata ring lensanya kini bisa digunakan mengatur diafragma hingga 1/3 stop. Selain itu tombol putar untuk kompensasi exposur juga ditambah hingga pengaturan ±3 EV.

Secara spesifikasi ada sejumlah perubahan. Kamera ini memang masih mengandalkan sensor X-Trans CMOS II berukuran APS-C yang digunakan generasi sebelumnya. Namun, ada peningkatan ISO yang kini mencapai ISO 51200. Kecepatan rana juga lebih cepat dengan kecepatan maksimum 1/32000 detik. Ini tentunya lebih baik dibandingkan X100s yang memiliki ISO maksimum ISO 25600 dengan kecepatan rana kamera yang terbatas hanya hingga 1/4000 detik.

FUJIFILM X100T-2Fujifilm juga melakukan pembaharuan pada jendela bidik (viewfinder), dengan menyatukan tampilan viewfinder optikal dan digital dalam satu jendela bidik. Jadi Anda bisa mengintip gambar nyata seperti di viewfinder optikal, dengan tambahan jendela kecil yang berupa intipan gambar digital di bawahnya.

Peningkatan lain adalah disertakannya 7 tombol Fn yang dapat disesuaikan fungsinya, kemudian resolusi layar LCD di belakang yang kini menjadi 1 juta titik, rana elektronik hingga 1/32000 detik (tercepat saat ini), serta simulasi film Classic Chrome baru. Selain itu Fujifilm juga menambahkan fungsi WiFi untuk memudahkan perpindahan gambar dari perangkat mobile lain seperti smartphone atau tablet.

Bersamaan dengan X100T, Fujifilm juga memperkenalkan dua lensa baru Fujifilm yaitu Fujinon XF50-140mm f/2.8 R LM OIS WR serta XF56mm f/1.2 R APD.

Fujifilm X100T mulai tersedia bulan November 2014 dalam pilihan warna hitam dan silver. Untuk harganya, Fujifilm membanderol US$ 1299.95 atau sekitar Rp. 15 Juta. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.