GlobalWebIndex3HASIL penelitian yang dilakukan GlobalWebIndex (GWI) menunjukkan telah terjadi penurunan penggunaan social network yang diiringi dengan mulai meningkatnya pengguna internet ke aplikasi mobile messaging. Hasil penelitian yang dilakukan hingga kuartal ketiga 2014 dengan melibatkan 170 ribu responden di 32 negara ini menunjukkan 40% dari pengguna internet global menggunakan aplikasi mobile messaging dan di Asia Pacific meningkat menjadi 46%. Di Indonesia sendiri terjadi peningkatan hingga 45% sejak tahun 2013.

Menurut Head of Trends di GlobalWebIndex, Jason Mander, dari hasil survei lembaga yang dipimpinnya menunjukkan alasan utama terjadinya peningkatan ini karena penggunaan aplikasi messaging yang bebas biaya atau gratis sebanyak 45%, dan 41% menyatakan lebih cepat dari menggunakan social network atau SMS untuk berkomunikasi, serta 41% karena banyak teman-temannya yang sudah menggunakannya.

“Aplikasi pesan mobile telah menjadi tingkat pertumbuhan yang utama di kalangan generasi muda, karena orang yang menggunakan social networking lebih pasif menjadikan layanan pesan sebagai cara cepat berkomunikasi,” ujar Jason di Jakarta (25/11).

Meski demikian, social networking masih tetap jadi primadona, meski sudah mulai ada kejenuhan bagi penggunanya untuk ngobrol di wall Facebook ataupun berbalas Twitter. Komunikasi mulai berpindah ke aplikasi messaging yang sifatnya lebih pribadi.

Dari mobile messaging yang ada saat ini, disebutkan GWI untuk wilayah Asia Pacific penggunaan WeChat menduduki posisi teratas yang mencapai 30%. Disusul Facebook Messenger yang mencapai 16% pengguna yang tidak jauh berbeda dengan Skype dengan 15% pengguna. Sementara WhatsApp hanya bertengger di posisi keempat dengan total pengguna 13%.

Di Indonesia sendiri WeChat merupakan aplikasi yang mengalami pertumbuhan paling signifikan dengan penggunaan aktif hingga 895%. Diungkapkan juga bahwa pengguna WeChat di Indonesia termasuk yang katif dalam melakukan mobile internet, dimana 62% melakukan belanja online, 85% mengupload foto dan 40% melakukan panggilan VoIP via mobile.

Meski demikian, WhatsApp masih menjadi yang paling populer dengan meraup 34% dari total pengguna, disusul Facebook Messenger sebanyak 28%, WeChat 18%, Skype 18%, dan Line 16%. •ANDRI

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.