HP SPROUT-2GEBRAKAN canggih baru saja dikenalkan Hewlett Packard (HP). Berupa PC Desktop All-in One (AIO), perangkat ini bukan hanya sekedar menyatukan mesin dalam satu tubuh monitor, namun juga mengemas proyektor keyboard yang bisa mengubah touchpad menjadi layar interaktif.

Diberi nama HP Sprout, PC desktop ini memiliki dimensi layar 23 inci yang mendukung resolusi Full HD 1080p dengan kanopi kamera dan proyektor yang akan menampilkan keyboard digital pada area touchpad. Dengan kata lain, HP Sprout tidak dilengkapi keyboard dan mouse.

Sebagai penggantinya, HP telah menyediakan sebuah workmat atau permukaan khusus interaktif di lokasi keyboard. Permukaan ini mampu merespon 20 titik jari secara bersamaan dengan dukungan beragam perintah gestur seperti mencubit atau menyapu layar. Mengingat ini adalah inovasi baru, pengguna mungkin harus melakukan adaptasi dahulu untuk mengoperasikan perangkat ini secara virtual melalui layar sentuh atau workmat yang ada.

Tidak hanya berfungsi untuk menampilkan keyboard dari kamera proyektor yang ada, area touchpad ini juga bisa digunakan sebagai alat scanning dokumen. Bahkan, area tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti mouse untuk navigasi menu yang ada di layar.

HP Sprout-1Di balik proyektornya, terdapat teknologi HP Illuminator dan Intel 3D RealSense. Selain itu, tersedia juga sebuah kamera beresolusi 14.6 megapiksel dan lampu LED. Dengan dukungan teknologi 3D RealSense, kamera tersebut dapat digunakan untuk memindai objek secara 2 dimensi atau 3 dimensi. Caranya, taruh objek yang ingin dipindai di atas workmat kemudian jalankan aplikasi pindai. Dengan segera hasilnya kemudian akan muncul di layar atau workmat dan bisa langsung dimanipulasi di layar atau di workmat dengan bantuan aplikasi khusus.

Bukan hanya mampu memindai objek secara 3D, HP Sprout juga mampu diandalkan sebagai mesin hiburan seperti untuk menikmati konten multimedia hingga bermain game. Untuk mengakomodir seluruh tugas yang dilakukannya ini HP Sprout ditenagai oleh prosesor Intel generasi ke-empat Core i7-4790S, besaran RAM 8GB yang bisa diekspansi hingga maximum 16GB, dan memiliki ruang penyimpanan SSD berkapasitas 1TB. Sementara sektor grafisnya dipercayakan pada chip grafis HD 4600.

Selain Grafis Intel HD, HP Sprout juga mengintegrasikan VGA Card dari Nvidia seri GeForce GT745A dengan memori RAM sebesar 8GB dan penyimpanan internal jenis HDD SATA sebesar 1TB serta jenis solid state Drive (SSD) sebesar 6GB.

PC Desktop yang telah resmi diperkenalkan di Manhattan, Amerika ini dibanderol dengan kiraan harga US$ 1.899 atau sekira Rp.23 jutaan. Hingga saat ini belum ada informasi resmi kapan produk ini akan tersedia di Indonesia. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.