Sejak beberapa tahun lalu, perangkat berbasis Android kedatangan lawan yang cukup berat yaitu perangkat dengan Windows Phone 8. Sistem operasi dari Microsoft tersebut memang cukup menarik minat pengguna perangkat mobile di dunia.

Lucky Gani 1SIAPA yang tidak mengenal Windows? Sistem operasi buatan Microsoft tersebut bukan hanya sukses dikembangkan untuk komputer dan notebook saja, tetapi juga untuk perangkat bergerak atau mobile. Lewat Windows Phone 8, Microsoft cukup membentuk pasar fanatik.

Salah satu kunci diterimanya sistem operasi Windows Phone adalah dengan menggandeng mitra yang tepat. Nokia salah satunya. Nokia yang namanya sempat tenggelam, kembali eksis di pasaran setelah menggandeng Microsoft. Beberapa seri smartphone Lumia yang diproduksi mulai dari untuk kelas premium, menengah hingga low-end cukup laris di pasaran.

Tak berhenti di situ, Microsoft juga gencar bekerjasama dengan vendor lokal untuk meluncurkan smartphone dan tablet berbasis sistem operasi Windows. Raksasa software ini mengaku cukup puas dengan hasil penjualan tablet Windows lokal sejauh ini.

Business Group Head Windows Division Microsoft Indonesia, Lucky Gani, mengungkapkan bahwa mitra lokal adalah salah satu bagian penting dalam menumbuhkan pasar Windows di Tanah Air.
Bahkan, tablet Windows 8.1 hasil kerjasama dengan Advan diklaim membuahkan hasil manis. “Hasilnya positif sekali, bahkan di master dealer juga telah terjual ribuan unit,” kata Lucky kepada BISKOM belum lama ini.

Lucky yang memulai karir di Microsoft Indonesia pada September 2012 ini memaparkan, bukan hanya dengan Advan, Microsoft juga sempat melakukan kerjasama dengan Speed Up saat meluncurkan tablet Windows 8.1 pada Oktober 2014 lalu.

Berikut kutipan wawancara BISKOM Lucky Gani, lulusan Bisnis Internasional dari Universitas Edith Cowan, Australia, yang sebelumnya pernah meniti karir di Gate Invention dan 3M Health Information System ini.

Apa yang menyebabkan Microsoft akhir-akhir ini agresif menggandeng mitra lokal?
Bagi kami, mitra lokal sangat penting, terutama karena produk lokal kini semakin diterima di pasaran karena kualitasnya yang terjamin. Di sisi lain, hasil manis penjualan tablet Windows di Indonesia dengan menggandeng Advan dan Speed Up misalnya,  berhasil membuktikan kepada vendor lokal lain bahwa sistem operasi ini tak kalah dari kompetitornya yang banyak digunakan di smartphone dan tablet.

Banyak respon baik karena mereka sudah lihat buktinya. Salah satu daya tarik utamanya adalah karena tablet Windows sudah dilengkapi Office. Kendati demikian, Microsoft tak akan cepat puas. Kedepan, Microsoft  memastikan akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

Apa alasan Microsoft memilih Advan sebagai partner dari Windows?
Memilih Advan adalah hal yang sangat strategis buat kami. Sebaliknya menurut Advan, kami pun adalah pilihan yang strategis buat mereka. Advan adalah salah satu vendor tablet terbaik karena berhasil menjadi nomor satu di Indonesia dan juga nomor 3 di Asia Pasifik. Selain itu juga memiliki service center yang tersebar di berbagai wilayah. Kami jelas senang bekerjasama dengan mereka, apalagi pengambilan keputusan bisnis Advan terkonsentrasi di Jakarta sehingga lebih mudah dan cepat.

Dengan kolaborasi antara Intel, Microsoft dan Advan yang baru saja terjalin, kami berharap dapat memberikan suatu hal yang berbeda di Indonesia yaitu hadirnya Windows 8.1 dalam bentuk tablet dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya sekitar Rp. 2 juta saja.

Seberapa besar hal tersebut dapat menarik pelanggan?
Tentu sangat besar. Intel mendukung kedua tablet yang baru saja diluncurkan,  yakni Vanbook W80 dan W100, lewat chipset Intel Bay Trail-CR quad-core yang menawarkan kekuatan setara PC desktop namun dengan konsumsi daya yang rendah, sedangkan Microsoft menyokong dengan sistem operasi Windows 8.1 dan aplikasi Office 365.

Tablet dengan tenaga Intel dan sistem Windows ini bukan sekadar tablet untuk bermain, namun juga mampu mendukung produktivitas dan mendukung pembelajaran. Untuk mendukung fungsi yang lebih intuitif, seperti pengolahan dokumen, disertakan pula keyboard yang dijual terpisah.

Dukungan Office 365 akan menghadirkan pengolahan layaknya Microsoft Office di desktop baik itu dokumen (Word), spreadsheet (Excel), dan presentasi (PowerPoint). Selain itu, disediakan layanan cloud storage OneDrive gratis dengan kapasitas 1000GB.

Dengan hadirnya Office 365 pada tablet ini, apakah Advan Vanbook memang disasar untuk para pebisnis yang Mobile?
Office 365 memang memungkinkan setiap orang bekerja secara fleksibel, dimana saja,  di kantor, luar kantor. Yang artinya adalah Tablet ini memang diperuntukan bagi orang-orang yang memiliki mobility, selain itu para pelajar yang sering mengerjakan tugas sekolah dimana pun serta kolaborasi satu sama lainnya untuk berkreeasi. Pasar inilah yang kami sasar di Indonesia sehingga platform kami bisa digunakan dan dimakssimalkan oleh para konsumen di Indonesia.

Setelah memproduksi tablet, bagaimana dengan kelanjutan dari smartphone Windows mendatang?
Saya rasa smartphone Windows dan tablet Windows menjadi bagian dari ekosistem dari Microsoft Indonesia, kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen Indonesia dengan memberikan berbagai service dan kemampuan produk yang berkualitas. Kami berkomitmen untuk di Indonesia,  kami akan tetap tumbuh, baik itu dari smartphone, tablet ataupun desktop.

Apa harapan Anda dari kerjasama ini?
Setiap Advan Vanbook ada di mana-mana, di gunakan oleh banyak orang, berada di dalam tas mereka, serta ada di berbagai tempat.

Secara spesifik, apa saja yang bisa kita dapatkan dari Windows 8.1?
Windows sendiri menawarkan bisa lebih produktif tanpa harus meninggalkan hiburan yang berkualitas di tablet.  Windows 8.1 dan Windows Phone saat ini telah menyediakan beragam aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Windows phone sendiri dirancang agar penggunanya tetap dapat terhubung dengan pekerjaan ataupun jejaring sosial. Saat ini lebih dari 100.000 apps telah tersedia di Windows Store dan 175.000 di Windows Phone Store terdiri dari berbagai kategori jejaring sosial, game, musik dan lain-lain.

Bagaimana dengan aplikasi, apakah Microsoft juga menggandeng mitra lokal?
Kehadiran aplikasi menjadi faktor pendukung lain kesuksesan Microsoft, karenanya kami terus berupaya menumbuhkan jumlah aplikasi di Windows Store, guna menarik lebih banyak pengguna. Tak ketinggalan, kerjasama dengan pengembang lokal akan turut diperkuat.
Menengok kesuksesan Solite Studio yang berhasil menjadi juara dua Imagine Cup 2013, Microsoft optimis dengan kreativitas pengembang lokal. Kami terus berkomunikasi dan menjaga hubungan dengan mereka.  Di Indonesia sendiri, para pengembang lebih tertarik membuat aplikasi yang terkait dengan pendidikan, kesehatan, gaya hidup, dan hiburan termasuk game.

Microsoft memiliki banyak produk dan layanan. Manakah yang berkontribusi paling tinggi untuk perusahaan?
Betul. Selama ini Microsoft tidak hanya melayani kebutuhan konsumen pribadi dan pemerintah saja, tetapi juga segmen bisnis seperti telekomunikasi, manufaktur, perusahaan jasa, shipping, dan sebagainya. Saya tidak bisa menyebutkan segmen mana yang menjadi porsi besar konsumen Microsoft, yang jelas kami terbuka untuk memberikan pelayanan pada semua segmen. •ARIE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.