Merasakan Gairah TI 2015

Ditulis pada 31 December 14

woman holding a smartphoneSETIAP akhir tahun, kami biasanya menyajikan Headline perkembangan dunia teknologi informasi (TI) terkait kondisi terkini dan prediksi tahun depannya. Sajian ini masih kami pertahankan hingga kini agar pembaca bisa merasakan gairah dan hingar bingarnya industri TI di tanah air maupun internasional di tahun mendatang.

Seperti prediksi tahun-tahun sebelumnya, kami juga tetap mengandalkan data statistik perkembangan TI dari International Data Corporation (IDC), sebuah lembaga riset internasional yang paling rajin melakukan kajian dan riset serta merilis hasil tinjauan mereka. Hal ini juga tak lepas dari keutuhan akan data akurat dan terpercaya karena selama ini IDC menjadi referensi bagi banyak media di dunia dalam menganalisa apa yang sedang dan akan terjadi nanti di industri TI.

Menyambut tahun 2015, kami khusus menampilkan prediksi pertumbuhan TI dari segi smartphone dan gadget karena sengitnya persaingan antar vendor smartphone, phablet dan tablet diperkirakan akan semakin seru. Meski demikian, pemain besar di industri smartphone, seperti Lenovo, Acer, Sony, Asus, Xiomi, HTC dan sebagainya, kian optimis menyambut tahun bershio Kambing Kayu ini.

Selain prediksi pasar smartphone dunia, kami juga membahas mengenai pembangunan akses internet dan broadband di Indonesia. Melalui Menteri Komunikasi dan Informatika yang baru, Rudiantara, optimisme bahwa Indonesia akan segera merasakan akses internet yang lebih cepat dan lebih merata di seluruh desa, kembali muncul.

Rudiantara sendiri pada banyak kesempatan telah mengungkapkan komitmennya bahwa akses internet kedepan akan turut menjadi backbone pertumbuhan ekonomi negara, sekaligus menjadi andalan bagi pembangunan sumber daya manusia.

Akhirnya, selamat membaca. Tak lupa, kami segenap kru BISKOM mengucapkan Selamat Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. Semoga sukses untuk kita semua.