Apkomindo-Biskom-1SETELAH hasil musyawarah nasional (munas) Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) 2015 di Hotel Ibis Style, Mangga Dua Jakarta, pada pertengahan Februari lalu melantik Soegiharto Santoso dan Muzakkir sebagai pasangan Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal serta Suwato Komala sebagai Bendahara Apkomindo terpilih untuk periode 2015-2018, kini giliran pimpinan Apkomindo tersebut melantik kepengurusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) untuk masa bhakti 2015-2018.

Berlangsung di Miramar Restoran, Jakarta, pada 25 Maret 2015, pelantikan Kepengurusan DPP Apkomindo ini dihadiri oleh para Ketua Umum dan perwakilan asosiasi serta perusahaan yang sejak lama telah menjadi mitra Apkomindo, diantaranya Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI), Asosiasi Peranti Lunak Telematika Indonesia (ASPILUKI), Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Komisi Sales Indonesia (KOMISI), Yayasan Onno Center  International, Dyandra Promosindo dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang diwakili Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika (Dirjen Aptika) Kemkominfo juga turut hadir memberi dukungaan.

Dalam sambutannya, Soegiharto Santoso yang akrab disapa Hoky ini menyampaikan bahwa dengan kepengurusan baru ini kiprah Apkomindo ke depan akan kembali diperhitungkan di dunia teknologi informasi (TI) tanah air, dan membina hubungan mitra dengan pemerintahan yang selama ini telah terjalin dengan baik dan saling menguntungkan. “Apkomindo akan kembali memegang peranan penting di dalam pemerintahan untuk merumuskan peraturan-peraturan baru di dunia TI. Kami juga akan segera melakukan aktifitas rutin Apkomindo yang selama ini kerap dilakukan,” sambut Soegiharto.

Aktivitas tersebut, paparnya, diantaranya adalah pameran komputer National IT Expo (NIX) di berbagai kota di Indonesia, One Banking, partisipasi dalam rapat-rapat dengan Kementerian Kominfo, Perdagangan, Perindustrian, dan Ristek, sosialisasi masalah hukum dan pajak, pelatihan-pelatihan TI, manajemen, keorganisasian, hardware dan software, partisipasi dalam kegiatan KADIN, sertifikasi perusahaan, kegiatan sosial kemasyarakatan, olahraga, gathering, dan lain-lain. Ia menyebutkan, Apkomindo akan terbuka untuk melakukan kerjasama dengan siapapun demi kemajuan industri TI di tanah air. “Apkomindo tidak hanya sekedar bekerjasama, tetapi juga mengajak kerja bersama-sama dan berkarya untuk bangsa,” semangatnya. Apkomindo-Biskom-2

Sementara itu Sekjen Apkomindo, Muzakkir mengatakan, semakin ketatnya persaingan bisnis di bidang TI tidak serta-merta dapat diartikan sebagai peluang bisnis yang semakin mengecil. Dari sudut pandang margin, mungkin sulit untuk kembali ke jaman keemasan di waktu yang lalu, namun dari segi volume dan utilisasi, bisnis TI tetap melaju dan tetap semakin besar dari tahun ke tahun. “Kami memandang pentingnya Asosiasi sebagai wadah tunggal yang mempertemukan dan sekaligus mempersatukan para pelaku bisnis TI di Indonesia, untuk bersama-sama mengambil market share yang lebih besar, menggali inovasi-inovasi bisnis, serta mencegah dan menanggulangi kendala-kendala yang dihadapi,” kata Muzakkir.

Menyambut baik atas kepengurusan Apkomindo yang baru, Ketua Umum Federasi Teknologi Indonesia (FTII), Sylvia Sumarlin menyebutkan, Apkomindo merupakan anggota dari FTII yang selama ini aktif mendukung program-program dari FTII, baik itu program sosialisasi maupun kerjasama dengan asosiasi-asosiasi yang lainnya. Sylvia pun sangat mendukung program Soegiharto yang menyuarakan ‘Kerja, Kerja dan Kerja’ seperti yang digaungan Presiden Joko Widodo. Namun demikian, kerja ini bukan hanya untuk diri sendiri tetapi bisa membuka peluang untuk berkomunikasi dalam hal turut serta menentukan Undang-undang.Untuk itu Apkomindo diharapkannya mulai ikut berpolitik.

“Berpolitik disini bukan berarti Apkomindo masuk ke partai, tetapi mulai ikut bergerak dan terlibat dalam masalah regulasi dan mendukung program-program pemerintah. Jangan sampai di era keterbukaan perdagangan ini industri lokal semakin terpojokkan dan menikmati pertumbuhan perekonomian yang setiap tahunnya mencapai 5,8% ini hanya sebagai penonton. Tetapi nantinya harus merasakaan bawa 5,8% itu berdasarkan made in industri bangsa sendiri,” papar Sylvia.

Hal senada juga disampaikan Dirjen Aptika Kemkominfo, Bambang Heru Tjahjono, yang turut mensupport kepengurusan baru Apkomindo 2015-2018 ini yang harapannya dapat turut mendukung dan mensukseskan berbagai kegiatan pemerintah dalam hal ini di Kemkominfo. Apkomindo-Biskom-3

“Pak Hoky (sapaan akrab Soegiharto Santoso -red) selama ini banyak membantu mensosialisasikan program-program di Kemkominfo. Tentunya kami sangat mengharapkan kerjasama ini terus berkelanjutan sehingga dunia TI Indonesia semakin semarak, pengguna internet terus tumbuh dan mengharapkan penggunaan nama domain .id semakin bertambah di Indonesia karena domain .id ini merupakan identitas bangsa. Selamat dan sukses saya ucapkan, semoga bersama Apkomindo dunia TI bisa semakin cakap, cerdas, kreatif dan produktif,” ujar Bambang.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Ernst Karel Remboen menyampaikan, “Selamat dan sukses buat APKOMINDO, semoga APKOMINDO tetap solid dan bertambah sukses. Besar harapan kita semua agar APKOMINDO bisa menjadikan industri TI menjadi basis produksi di Indonesia dan  dapat dipandang di pasar global.”

Di kesempatan yang sama, Pendiri Yayasan Onno Center International, Onno W. Purbo menyampaikan, “Kemitraan APKOMINDO dan Onno Center dapat diwujudkan dalam bidang pembinaan SDM TI di seluruh Indonesia. Sebab antara APKOMINDO dan Onno Center memiliki visi yang sama, yakni meletakkan SDM yang berkualitas sebagai basic dimana industri TI bisa terbentuk di Indonesia. Selamat bekerja dan berkarya kepada seluruh jajaran pengurus APKOMINDO, semoga sukses.”

Selanjutnya, pengurus DPP Apkomindo yang dilantik sesuai dengan Surat Keputusan Nomor  001/DPP/AP-DPP/III/2015 tentang Pelantikan Pengurus Dewan Pengurus Pusat APKOMINDO Masa Bhakti 2015-2018 adalah sebagai berikut: Hendra Widya (Wakil Sekretaris Jenderal 1), Erdy Djohan (Wakil Sekretaris Jenderal 2), Hardy Winata (Wakil Bendahara 1), Andri Sugondo (Wakil Bendahara 2), Andi Ho (Wakil Ketua Umum 1), Kris Anggioni (Kabid Organisasi & Pengembangan Anggota), Djunaidi (Kabid Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi), Mariman (Kabid Sosial & Budaya), Andy Christopher (Wakil Ketua Umum 2), Sugiatmo (Kabid Hukum), Sarki Gunawan (Kabid Perpajakan), Taufan Wijaya Sakti (Kabid Perbankan), Mangara Pangaribuan (Wakil Ketua Umum 3), Sutrisno Cahyadi (Kabid Hubungan Pemerintah & Antar Lembaga), Rahmad Widjaja Sakti (Kabid Pengembangan Usaha & Promosi), Hendri Andrigo Sutanto (Kabid Pameran), Richard Kartawijaya (Wakil Ketua Umum 4), Basuki Surodjo (Kabid Humas), Darian (Kabid Pendidikan & Pelatihan) dan Susanto Tjiew (Kabid Penelitian & Pengembangan). Pelantikan ini disaksikan 2 (dua) orang perwakilan dari Dewan Pengawas Apkomindo (DPA) yang ditetapkan dalam Munas 2015, yakni Agustinus Sutandar dan  Sutiono Gunadi.

Acara pelantikan Pengurus DPP APKOMINDO Masa Bhakti 2015-2018 juga didukung oleh AyoKlik, Epson, Lenovo, LG, Speed Up, TAITRA Taiwan Excellence dan Majalah BISKOM selaku media partner. ANDRI/M. TAUFIK (foto)

Arikel terkait:
BISNIS INDONESIA:
Bola Panas Apkomindo Meledak Di Indocomtech 2011
Apkomindo Yang Tak Pernah Lepas Dari Kekisruhan
DPP Apkomindo desak percepat Munaslub
Kemelut Di Apkomindo, Salah Siapa?
Asosiasi Pengusaha Komputer Akhirnya Pecah
Apa Kata Mereka Soal Perpecahan Apkomindo
Apkomindo Dapat Nahkoda Baru
KEMELUT APKOMINDO : Caretaker tuding Munas Solo ilegal

BISKOM:
APKOMNAS, Plan B Hasil Kesepakatan Bersama
Hakim Sarankan Jalan Damai Untuk Perselisihan Apkomindo
Munas Apkomindo Resmi Digelar
Apkomindo Pilih Soegiharto Sebagai Ketum Baru
Apkomindo Lantik Pengurus DPP Masa Bhakti 2015-2018
Kisruh Apkomindo: Gugatan Penggugat Tidak Dapat Diterima
Menkominfo: Apkomindo Harus Fokus Pada Bisnis Ekosistem

Jelang MEA di Krisis Ekonomi, Apkomindo Bangun Investasi SDM TI dan Lirik e-Commerce

Apkomindo Dukung Pemerintah Bangun Iklim Usaha Yang Sehat

INDOTELKO:
Apkomindo Gandeng Dyandra untuk Bazaar 2016

DETIK:
3 Cara Pemerintah Katrol SDM di Bidang ICT

APKOMINDO:
KILAS BALIK SINGKAT TENTANG SEJARAH INDOCOMTECH
Sidang Gugatan SK Kemenkumham RI, SAKSI PENGGUGAT TIDAK MAMPU BERIKAN PENJELASAN
Sidang Gugatan SK Kemenkumham RI, Hoky Yakin Kebenaran Akan Terungkap

Video terkait:
Video-video Munas Apkomindo 2015 dan Pelantikan Pengurus DPP Apkomindo

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.