Trikomsel-biskomPENYELENGGARAAN Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan yang dilaksanakan PT. Trikomsel Oke Tbk. (Trikomsel) akhirnya menyetujui dan mengesahkan Laporan Keuangan Tahunan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014 termasuk Laporan Tahunan Direksi dan Laporan Pengawasan Dewan Komisaris serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada Dewan Komisaris dan Direksi Trikomsel yang menjabat selama tahun 2014.

Dalam laporannya, Trikomsel berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan netto sebesar Rp 411,56 miliar yang secara keseluruhan pendapatan menjadi Rp. 10,78 triliun di tahun 2014. Terjadinya pertumbuhan ini, menurut Direktur Trikomsel, Juliana Samudro, ditunjang oleh meningkatnya penjualan lokal terutama pada penjualan ritel yang meningkat sebesar Rp. 462,46 miliar.

Peningkatan juga terjadi pada laba usaha Trikomsel selama tahun 2014 yang tercatat sebesar Rp. 1,08 triliun meningkat dibandingkan tahun 2013 yang tercatat sebesar Rp. 1,03 triliun. Namun terjadi penurunan pada laba bersih yang sebelumnya di tahun 2013 mencapai Rp. 479 miliar menjadi Rp. 314 miliar di 2014.

“Laba bersih mengalami penurunan disebabkan oleh meningkatnya beban keuangan Trikomsel yang dipengaruhi tingginya infasi dan terdepresiasinya nilai tukar Rupiah terhadap USD sepanjang tahun 2014,” ujar Juliana, di Jakarta (24/4).

Dengan terjadinya penurunan tersebut, pemegang saham Trikomsel sepakat tidak membagikan dividen tahun ini. “Dari laba bersih yang didapat, sebesar Rp. 1 miliar sebagai cadangan umum dan sisanya sebesar Rp. 313,41 miliar dibukukan sebagai Laba Ditahan. Keputusan ini dimaksudkan untuk memperkuat struktur modal kerja Trikomsel dan untuk menopang pertumbuhan kinerja Trikomsel yang terus tumbuh,” papar Juliana.

Perlu diketahui, Trikomsel sebagai perusahaan distributor dan peritel produk komunikasi mobile telah memiliki jaringan gerai ritel “OkeShop” dan “Global Teleshop” kurang lebih 900 outlet dan melayani ribuan peritel pihak ketiga yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk lebih mengembangkan bisnisnya, di tahun ini Trikomsel telah melakukan kerjasama dengan SingPost untuk memberikan solusi layanan bisnis ecommerce yang lengkap dan kepuasan berbelanja online bagi para konsumennya. ANDRI

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.