Intel2RANGKAIAN produk terbaru dari Intel kembali diperkenalkan dengan mengusung chipset yang lebih kecil dan performa yang lebih cepat.  Tidak hanya itu, harga yang lebih terjangkaupun menjadi acuan Intel dalam mentranformasikan teknologi terbarunya sesuai dengan Hukum Moore yang dibangun oleh Gordon Moore salah satu pendiri Intel Coorporation.

Country Manager Intel Indonesia, Harry K Nugraha, dalam acara Intelligent Generations yang bertemakan Entering New World of Possibilities, menyebutkan Hukum Moore merupakan penggerak Intel untuk bisa menghadirkan berbagai teknologi terbaru. Untuk itu, menyambut 50 tahun berlakunya asas yang dikeluarkan Moore ini, Intel  memperkenalkan Prosesor Intel Core Generasi ke-5, Prosesor Intel Core M, dan Intel Compute Stick.

“Berkat Moore, kita bisa mengetahui dan menikmati teknologi komputer modern yang selama ini ada. Hukum ini pulalah yang menjelaskan bahwa jumlah transistor yang tergabung dalam sebuah chip akan berlipat ganda setiap 2 tahun, sehingga mendorong Intel terus berinovasi dengan cepat untuk menghadirkan teknologi terbaru yang dapat memudahkan kehidupan setiap orang dan meningkatkan produktivitas dalam berbagai aspek,” ujar Harry, di Jakarta (5/5).

Lebih lanjut, diterangkannya Prosesor Intel Core Generasi ke-5 telah menggunakan teknologi mikro arsitektur sebesar 14nm yang dirancang khusus untuk komputasi canggih yang lebih tipis, lebih ringan, dan lebih efisian di berbagai form factor; notebooks, 2 in 1, Ultrabook, Chromebooks, all-in-one desktop PC dan mini PC, sesuai dengan lifestyle dan workstyle.

Sedangkan Prosesor Intel Core M didesain tipis tanpa kipas secara spesifik untuk perangkat ultra-mobile 2 in 1, yang memiliki fungsi sebagai notebook dan tablet. Dibandingkan generasi sebelumnya,  chipset  ini dari sisi performa komputasi 50% lebih cepat, performa grafis 40% lebih cepat, 50% lebih kecil, dan konsumsi daya super rendah 4.5 watt dengan panas 60% lebih rendah.

Sementara itu, Intel Compute Stick merupakan komputer seukuran saku berbasiskan prosesor quad-core Intel Atom dengan sistem operasi Windows 8.1 atau Ubuntu dengan RAM 2 GB, ROM 32 GB, serta dilengkapi koneksi WiFi, Bluetooth 4.0 untuk keyboard dan mouse, mini-USB power supply dan slot micro SD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Menurut  Harry, Hukum Moore akan selalu menjadi acuan sebagai penggerak  inovasi dan transformasi yang dilakukan oleh Intel. “Misi kami adalah menyediakan berbagai perangkat pintar dan terhubung untuk menjawab kebutuhan, mentransformasi cara berkomputasi, dan terjangkau bagi konsumen dimanapun mereka berada,” tutup Harry. ANDRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.