5. Geek StoreKONSEP pelayanan berbeda racikan PT Alvotel Start Up Company, Geeks Store, hadir perdana di Bandung, tepatnya di pusat belanja elektronik dan gadget, Bandung Electronic Centre 2, Jalan Purnawarman, Kota Bandung.

Direktur Alvotel, Edi Suryobroto mengungkapkan, pesatnya pertumbuhan di sektor teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) jadi salah satu hal yang dipandang sangat menjanjikan, sehingga diperlukan sebuah layanan berbeda dan memuaskan konsumen. “Harus diakui, pasar telekomunikasi di banyak negara, tak terkecuali Indonesia, berkembang pesat. Kami ingin ikut meramaikannya, dan pada satu bulan pertama, ditargetkan nilai transaksi mencapai Rp. 2,5 miliar,” kata Suryo saat peresmian Geeks Store (21/5).

Menurut Suryo, pertumbuhan pada sektor TIK yang mencapai dua digit merupakan suatu hal positif yang bisa dimanfaatkan perusahaan di mana saat ini banyak berkembang perangkat smartphone. “Kami ingin meramaikan apa yang terjadi di pasar perangkat telekomunikasi yang sedang tumbuh pesat,” ujarnya.

Konsep yang disajikan pun  tergolong unik. Sebab, terang Suryo, selain counter beragam merek ponsel terkenal, di dalamnya juga menyediakan fasilitas kafe, yang memungkinkan setiap pengunjung bisa bersantai, sebelum atau sesudah menjatuhkan pilihan kepada ponsel favoritnya.

Di Geeks Store juga terdapat layanan costumer service untuk provider Esia dan XL, yang setiap saat bisa memberikan layanan kepada pelanggannya. Juga ada ruang meeting dan koneksi internet yang per-jamnya disewakan Rp.400 ribu, sudah termasuk free WiFi.

Geeks Store melayani dan menyediakan beragam gadget mulai dari feature phone, smartphone, phablet, tablet serta perlengkapan aksesoris layanan telekomunikasi yang dilengkapi dengan outdoor cafe serta ruang meeting.

“Sehingga pembeli bisa mendapatkan referensi gadget terkini sambil bersantai dengan orang terdekat seperti teman, pacar, atau keluarga,” kata Suryo. Geeks Store juga memiliki area customer service bagi pelanggan operator seluler baik GSM maupun CDMA.

SONY DSC

Dipilihnya kota Bandung untuk pertama kalinya ini menurut Suryo Kota Bandung tampak dinamis di mana konsumennya memiliki daya kreativitas tinggi dan up to date atau mengikuti tren perkembangan serta daya beli yang tergolong tinggi. ” Bandung Electronic Centre dipilih lantaran mall ini merupakan salah satu tempat barometernya pusat elektronik dan gadget di Bandung,” jelasnya.

Dalam sebuah survei disebutkan Bandung menduduki ranking 6 kota Twitter di dunia. Itu artinya, warga Bandung senang beraktvitas di sosial media. Perkembangan sosial yang begitu pesat tidak lepas dari perkembangan teknologi gadget seperti smartphone, phablet, dan tablet yang terus meningkat.

Dari data tersebut bisa dilihat bahwa warga Bandung termasuk orang-orang yang gadget freak. Nah, peluang itu yang dilihat oleh Geeks Store sebagai ‘startup company’ yang memulai usahanya membuka pasar retail penjualan gadget.

Suryo mengakui Geeks Store memilih Bandung sebagai tempat membuka store perdana berkonsep unik yaitu one stop store retail store, karena melihat bahwa warga Bandung merupakan konsumen yang sangat unik dan memiliki daya kreativitas tinggi dan selalu up to date mengikuti perkembangan zaman.

Apa lagi yang membedakan Geeks Store dibandingkan dengan toko gadget lainnya? Kalau membeli gadget di Geeks Store, konsumen akan ditawari aplikasi yang keren seperti Kakatu, Semai, dan Moco. Aplikasi-aplikasi itu merupakan aplikasi edukasi yang ingin memberikan pengetahuan, permainan, sekaligus penjagaan untuk anak-anak kita. Masalah anak-anak yang sudah gadget freak rupanya diperhatikan oleh pihak Geeks Store sehingga Geeks Store menggandeng para pembuat aplikasi gadget yang bermanfaat bagi keluarga dan anak-anak.

“Nah, untuk aplikasi yang kami embeded di gadget yang kami jual, kami juga banyak bekerjasama dengan para developer kreatif dari Bandung untuk mengembangkan program parenting control. Aplikasi ini free of charge alias gratis,” terang Suryo.

Hingga Juni 2015 Geeks Store juga mengadakan promo special yaitu diskon 5% untuk semua produk selama masa pembukaan toko. Yang lebih asyik, setiap bulan Geeks Store mengadakan “Lelang Gadget”, pengunjung bisa mendapatkan gadget keren dengan harga miring dari lelang tersebut. Pada acara pembukaan pun langsung diadakan lelang dan antusiasme pengunjung begitu tinggi. Terbukti dengan terjualnya Samsung S6 Edge, Samsung Galaxy Note 4, LG G3, Lenovo Livo dari acara lelang tersebut.

Selain itu ada promo Lucky Dip diskon sampai 50% untuk transaksi minimum Rp2 juta. Kalau beli gadget di Geeks Store senilai Rp2 juta, pembeli berhak mendapat Lucky Dip, pilih kupon yang isinya berbagai merek gadget, lalu pembeli berhak mendapat diskon 50% untuk merek gadget yang dipilihnya. Bahkan kalau berbelanja Rp. 6 juta di Geeks Store, pembeli juga berhak mendapat hadiah Blackberry.

Selain itu Geeks Store juga punya  ciri khas lainnya yang tidak ada di store lainnya. Setiap bulannya bakal ada lelang gadget yang dibuka dengan  harga 50% dari  harga normal. Lewat  mekanisme  penawaran yang dipandu  oleh juru lelang, kita bisa menawar gadget dengan harga yang jauh lebih murah  dari harga normal.

Kalau punya rencana membelikan  kado  gadget,  Geeks Store adalah  pilihan yang pas buat berbelanja. Bisa cash  atau kartu kredit. Selain belanja langsung alias offline di Istana Bandung Electronic Center 2 lantai  UG-AC 08,  kita juga bisa  membeli gadget dari Geeks Store  secara online yang akan melayani pembeli selama 24 jam lewat  geeksstore.id.

Suryo mengatakan, selain pemasaran melalui ritel offline store, Alvotel juga akan menyasar penjualan online di mana e-commerce memang tumbuh pesat. “Tidak hanya pasar ritel offline, tapi perlahan akan memasuki pasar ritel online serta pasar korporat. Kami akan langsung masuk ke perusahaan-perusahaan dengan program bundling dengan operator dan distribusi ke retail outlet yang ada di seluruh Indonesia,” kata dia.

Ke depan, imbuh dia, setelah beroperasinya Geeks Store di BEC Bandung, pihaknya akan membuka lebih banyak store di kota-kota besar lainnya baik pengelolaan secara langsung maupun dilepas dengan konsep franchise. “Bandung kami jadikan pilot project. Kalau yang ini sukses, kami akan kembangkan ke kota-kota besar lainnya di Indonesia,” pungkas Suryo.

Pada kesempatan tersebut, hadir Soegiharto Santoso, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia, yang mendukung peresmian Geeks Store sebagai salah satu usaha memperkenalkan teknologi kepada masyarakat. IWA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.