Dahua2BEBERAPA kota besar di Indonesia yang mulai menggaungkan pembangunan smart city di kotanya, tampaknya telah mengundang berbagai perusahaan penyedia perangkat teknologi informasi (TI) global untuk memasarkannya di Indonesia. Salah satunya, Dahua Technology yang menyediakan berbagai kebutuhan CCTV dan perangkat keamanan mulai meluncurkan solusi Smart Security Technology terbarunya yang terdiri dari produk-produk keamanan kelas high-end, seperti CCTV High-End, Access Control, Intrusion Alarm, Smart Lock, dan Video Intercom.

Menurut Sales Manager Indonesia, Dahua Technology, Debbie Du, untuk mewujudkan smart city tentunya diperlukan juga membangun sistem pengawasan video yang lengkap untuk keamanan publik dan transportasi. Dahua telah mempunyai solusi tersebut, yakni Solusi Smart City yang telah dimanfaatkan di beberapa negara.

Dicontohkannya, kota Hangzhou, Tiongkok yang telah mengamankan lebih dari 70% sistem lalu lintasnya menggunakan kamera Dahua yang mencangkup area lebih dari 15.596 km2. Sistem video terhubung dan data video ditransmisikan dengan menggunakan Fiber Optic ke stasiun polisi setempat, dan dari pusat manajemen kota ke pusat manajemen provinsi. Mengumpulkan video lebih dari 3.000 kamera yang dipasang di persimpangan jalan, terowongan, pintu masuk metro, gerbang sekolah dan lokasi publik lainnya yang memiliki intensitas tinggi.

“Kamera yang digunakan adalah kamera megapiksel dan 7/24 non-stop. Tujuannya untuk pengawasan yang berkelanjutan sehingga dapat lebih mengoptimalkan tenaga kerja polisi, memungkinkan sistem lalu lintas yang lebih efisien dan penanganan lebih cepat saat terjadi insiden,” ujar Debbie, di Jakarta (22/5).

Disebutkan, kota lainnya yang menggunakan Solusi Smart City Dahua adalah Brazil, Ventanilla di Peru dan kota besar lainnya. Dan diharapkan kota-kota besar di Indonesia juga bisa memanfaatkan teknologi yang ditawarkan Dahua.

Sementara itu, Sutanto, General Manager Sales PT Pacifik Teknologi Indonesia, selaku distributor dari Dahua, menyebutkan Smart Security Technology yang dibawa Dahua tidak hanya untuk proyek smart city tetapi juga diperuntukkan bagi proyek HRB (High Rise Building), termasuk Banking, Mining, Transportation dan proyek lainnya, yang membutuhkan produk dengan ketahanan terhadap cuaca ekstrim, benturan keras, dan fitur-fitur yang mendukung proyek tersebut.

“Kebutuhan keamanan semakin tinggi dari waktu ke waktu. Untuk itu Smart Security Technology dihadirkan tidak hanya mengandalkan teknologi tinggi tetapi juga solusi keamanan yang komprehensif, meliputi fasilitas CCTV, ATM DVR dengan fitur Text Inserter, Smart Lock, Access Control dan Intrusion Alarm yang terintegrasi dengan software CMS (Central Management System),” papar Sutanto.

Perlu diketahui, di Tiongkok, Dahua Technology merupakan merek yang direkomendasikan dan menjadi salah satu perusahaan keamanan yang paling berpengaruh. Berdasarkan hasil laporan Global IHS dan data ASMAG, Dahua menempati posisi nomor 2 di dunia dan mengalami pertumbuhan pendapatan sebesar 60 persen pada tahun 2009-2014. Saat ini Dahua telah memilki lebih dari 1.000 mitra global, dan telaah mengekspor produnya ke 180 negra dan daerah di dunia. •ANDRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.