FireEye3SEBUAH perusahaan pencipta dan pengembang platform keamanan berbasis mesin virtual mengumumkan keberhasilannya mengungkap sebuah operasi spionase cyber yang kemungkinan menyerang Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, FireEye sebagai perusahaan yang memfokuskan pelayanan untuk memberikan perlindungan serangan cyber ini mendeteksi serangan sudah terjadi sejak 10 tahun lalu dengan menargetkan negara-negara di Asia Tenggara dan India, termasuk Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Menurut Chief Technology Officer FireEye, Bryce Boland, temuan ini berawal saat FireEye memeriksa malware yang ditujukan kepada badan-badan di Asia Tenggara dan India. Ternyata terdeteksi sebuah operasi intelijen cyber bernama APT 30, yang menggunakan teknik Advanced Persistent Threat (APT) yang kemungkinan besar disponsori oleh pemerintah China.

“Pemerintahan dan bisnis di Indonesia menghadapi kelompok intelijen cyber yang melakukan operasinya secara terus-menerus serta memiliki sumber daya manusia dan dana yang besar. Kelompok ini menerapkan alat, taktik dan prosedur penyerangan APT 30 secara konsisten sejak operasinya berlangsung,” ujar Boland, di Jakarta (28/5).

Penyerangannya sendiri, disebutkan Boland, menargetkan utuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan hal-hal yang dibutuhkan pemerintah China untuk intelijen mereka, yaitu isu politik, ekonomi, dan militer, wilayah sengketa, dan diskusi yang berhubungan dengan legitimasi Partai Komunis China.

Dengan adanya penemuan ini, Boland berharap organisasi-organisasi di Indonesia untuk mulai mendeteksi, mencegah, menganalisis dan merespon dengan cepat kepada ancaman yang terus berkembang ini. Pihaknya, FireEye siap membantu menyediakan perlindungan dari berbagai ancaman tersebut.

Dirinya pun memperkenalkan FireEye Threat Prevention Platform yang mampu memberikan perlindungan secara real-time terhadap serangan yang dinamis tanpa menggunakan signature untuk melindungi sebuah organisasi dari berbagai vektor ancaman yang ada, dan mendeteksi semua tahap dari sebuah siklus serangan. “Inti dari platform FireEye ini adalah mesin eksekusi virtual yang dilengkapi dengan alat pendeteksi ancaman yang dinamis, untuk mengidentifikasi dan memblokir serangan cyber secara real time,” tutup Boland. •ANDRI

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.