Computex 2015TAK terasa, pada tahun ini Computex telah memasuki tahun ke 35. Pameran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang diselenggarakan di Taiwan, 2-5 Juni 2015 ini melibatkan lebih dari 2000 perusahaan TIK besar yang ada di negara tersebut.

Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) selaku co-organizer Computex 2015 mencatat bahwa kali ini sebanyak 76% peserta pameran ini berasal dari berbagai negara di Asia, sebanyak  10.6% dari Amerika Utara dan disusul Eropa sebanyak 7%. Angka-angka ini menunjukkan bahwa Computex menjadi   kesempatan yang paling ideal untuk peserta pameran internasional untuk memasuki pasar Asia.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Chang of the Taipei Computer Association, yang juga menjadi salah satu co-organizer Computex 2015, ada sekitar 1.000 bisnis TIK Taiwan yang hanya menghadiri Computex karena perusahaan-perusahaan tersebut berskala kecil menengah, sementara Computex sendiri berorientasi pada kegiatan ekspor yang besar.

Tahun ini, Computex bergabung dengan ASE, perusahaan semikonduktor terbesar di dunia, dan Haier, produsen terbesar di dunia elektronik konsumen. Tak ketinggalan, ARM Holdings dan BenQ berpartisipasi sebagai peserta pameran untuk pertama kalinya.

Selain diikuti lebih banyak peserta, Computex 2015 juga sukses menarik 38.550 pembeli internasional dari 165 negara. 10 negara dengan jumlah pembeli terbanyak berasal dari Daratan China, Jepang, Amerika Serikat, Hong Kong, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Jerman, Thailand, dan India. Ada peningkatan penting dari sisi pengunjung yang berasal dari Bangladesh, yakni  120% dibanding tahun lalu), Uni Emirat Arab (26%) dan Vietnam (79%). Secara keseluruhan, jumlah pengunjung pameran selama lima hari melebihi 130.000 orang. Sementara jumlah pembeli naik 15% dari China, 22% dari UEA, 19% dari Filipina dibanding tahun lalu.

COMPUTEX d&i awardsSelama acara, TAITRA menyelenggarakan lebih dari 4000 pertemuan 1-on-1 untuk menghubungkan langsung pembeli dengan peserta pameran. Kesimpulannya, 204 perusahaan dari 30 negara datang ke Computex 2015 ternyata sengaja mencari industri komputer, purchase order systems, produk pakaian, teknologi cetak 3D, chip memori, dan aksesoris ponsel. Pembeli kunci termasuk Best Buy dan Best Buy Kanada, Viasat, Staples Kanada, Viglen, ASI Corp, MA Laboratories, Ulmart, dan Toshiba Eropa.

Tahun ini, Acer mengumumkan perluasan Build-Your-Own-Cloud Ecosystem (BYOC), yang dikembangkan dengan 30 mitra yang berbeda dari berbagai industri TIK, seperti Ubuntu dan MediaTek. BYOC ini mengintegrasikan banyak hal yang terhubung berdasarkan platform Acer Open seperti mobil, komunikasi, kesehatan, dan rumah pintar.

Pada kesempatan ini, merayakan 50 tahun inovasi, Intel merilis generasi ke-5 Intel Core prosesor mobile di perusahaan e21 Forum, serta 10 model desktop dan mobile prosesor yang berbeda, yang terintegrasi dengan Intel Iris Pro Graphics.

Kejutan lain juga dipersembahkan oleh Microsoft yang memperkenalkan  Windows 10 sebagai debut di seluruh dunia pada 29 Juli mendatang, Nick Parker, Corporate Vice President Divisi Microsoft OEM, menjelajahi bagaimana rilis di seluruh dunia dari Windows 10 akan mengubah cara pengguna berinteraksi dengan perangkat mereka. Parker mengatakan, “Komitmen kami untuk memperluas kesempatan ekosistem dengan Windows 10 adalah merevolusi cara orang berinteraksi dengan perangkat mereka dan menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan pendapatan.”

Sementara itu Acer memperkenalkan monitor lengkung  34 inci yang terintegrasi dengan teknologi G-sync dari Nvidia, ARM menghubungkan IOT dengan prosesor Cortex-M, notebook gaming MSI GT72 memungkinkan Anda bermain hands-free berkat teknologi eye-tracking Tobii, dan MediaTek mengumumkan Helio P10 octa-core CPU.

Lebih dari 100 forum dan seminar juga dijadwalkan selama 5 hari, dengan Summit Forum, Wearable Technology Forum, Smart Kota Forum, dan Cloud Security Forum sebagai 4 highlights. Pada Summit Forum, Stan Shih, Pendiri dan Presiden Acer membahas “Internet of Beings” dan bagaimana platform Acer BYOC menempatkan manusia pada inti dari IOT dan IOB jaringan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden Senior e21FORUM Intel, Kirk Skaugen, membahas evolusi menuju dunia dimana hampir semua hal  memiliki potensi untuk saling terhubung.

Tentu saja, yang paling ditunggu dari Computex  adalah  d & i Award. Pada tahun ini, penghargaan diberikan untuk Dell untuk XPS 13 Ultrabook dan Alienware Area 51 gaming desktop, TPV Technology untuk AOC LX series curved TV dan Digital Signage X 27” Digital Sign, serta Smanos untuk K1 SmartHome DIY kit . Pemenang lainnya termasuk Acer, Asus, Philips, HTC, Gigabyte, Cougar, dan banyak lagi.

Sebanyak 72 produk memenangkan dipilih untuk penghargaan dari 271 entri produk. Dengan semakin populernya Awards, lebih dari 21.000 pengunjung menikmati Computex d & i paviliun yang terletak di Nangang Exhibition Hall.

Bagi Anda yang tidak sempat mengunjungi Computex 2015, jangan khawatir karena Computex Taipei 2016 akan segera hadir, dari 31 Mei sampai 4 Juni tahun depan. •YULIA CH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.