Home Figur Biskom HUNTER CHEN: Edimax Tonjolkan Estetika Setiap Produk

HUNTER CHEN: Edimax Tonjolkan Estetika Setiap Produk

95

INTERNET TELAH MENJADI KEBUTUHAN WAJIB BAGI MASYARAKAT MODERN SEKARANG INI. HAL INI MENJADI PENYEBAB TUMBUHNYA PERANGKAT NIRKABEL YANG SEMAKIN PESAT GUNA MEMENUHI KEBUTUHAN AKSES INTERNET BERKECEPATAN TINGGI, JANGKAUAN YANG LUAS DAN BANDWIDTH YANG BESAR.

SEIRING pertumbuhan perangkat nirkabel di seluruh dunia, Edimax sebagai penyedia perangkat networking ternama terus melakukan inovasi untuk memperkaya produknya, mulai dari router, WiFi range extender (penguat sinyal WiFi), IP camera, hingga switch.

Untuk bisa bersaing di pasar networking, Edimax pun tidak hanya mengandalkan teknologi terdepan yang dikembangkannya tetapi juga mendesain produknya lebih stylish, mudah digunakan serta ergonomis. Inovasi inilah yang kemudian membawa Edimax mendapatkan beragam penghargaan internasional. Bahkan baru-baru ini, perusahaan yang berkantor pusat di Taiwan dengan tagline “Networking People Together” berhasil membawa dua produknya memenangkan Red Dot Design Award yang merupakan penghargaan yang diakui secara internasional sebagai simbol produk berkualitas.

“Keberhasilan produk terbaru kami, yakni Edimax EW-7438RPn Air dan CAP1750 meraih penghargaan Red Dot Design Award 2015 semakin membuktikan bahwa Edimax merupakan perusahaan teknologi informasi (TI) terkemuka yang selalu mengedepankan fitur, fungsi dan inovasi,” ujar Hunter Chen, Director OBM Sales Division, Edimax Technology.

Edimax dengan pengalaman lebih dari 24 tahun di industri jaringan telah melayani lebih dari 70 negara melalui saluran distribusi yang ada seperti California, Belanda, Inggris, Polandia, Rumania, Perancis, Jerman, Australia, India, Ukraina, UEA, Rusia, Italia, Spanyol, China, Singapura, dan Hong Kong. Di Indonesia sendiri keberadaan Edimax sudah ada sejak 2009, namun baru di awal tahun 2014, Edimax membangun kantor cabangnya di Jakarta.

Di pasar Indonesia sepanjang tahun 2014 sudah puluhan ribu unit produk Edimax yang terjual dengan kontribusi terbesar didapat dari router yang menyumbang 25%, range extender WiFi 20%, switches 15% dan IP camera 10%. Bermodalkan kesuksesan ini, Edimax mulai melakukan ekspansi segmentasi dengan merilis Edimax Pro di awal tahun 2015.  Produk ini akan berbeda dengan produk Edimax lainnya karena khusus didedikasikan untuk segmen korporat dengan spesifikasi dan teknologi yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, berikut ini hasil wawancara BISKOM dengan Hunter Chen di Service Center PT. Edimax Teknologi Indonesia, Ruko Mangga Dua Square Blok A No.5, Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Utara.

Edimax Technology baru-baru ini memenangkan dua penghargaan Red Dot Product Design. Bisakah Anda ceritakan tentang hal ini dan penghargaan lainnya yang telah dimenangkan sebelumnya?

Produk kami sangat bagus sehingga secara alami diikuti dengan memenangkan berbagai macam penghargaan. Ditambah terlibat aktif dengan berbagai media dan lembaga-lembaga internasional penyelenggara award.

Kami sangat konsisten untuk hal tersebut. Di tahun lalu, Edimax juga memenangkan Red Dot Awards, Taiwan Excellence Awards, Computex d & i (design & inovasi) Award dan lainnya. Sebelumnya kami juga mendapatkan penghargan Editor’s Choice awards dari PCPro.co.uk dan berhasil masuk peringkat besar di Smallnetbuilder.com.

Red Dot Product Design Award sebagai ajang nominasi yang bergengsi mungkin puncaknya. Dimana jurinya merupakan tim internasional yang berbasis di Jerman yang berjalan setiap tahunnya selama lebih dari 50 tahun. Produk kami memang unik yang mewujudkan inovasi dan nilai, sehingga di Taiwan sendiri kami mendapatkan pengakuan dengan menjadi pemenang Taiwan Excellence Award sehingga kami bisa bergabung dalam  kampanye Taiwan Excellence di seluruh dunia dan Edimax masuk peringkat the top 35 Most Valuable International Taiwanese Brands dari Interbrand di 2014. Interbrand adalah sebuah organisasi yang sangat bergengsi dan cukup berpengaruh penghargaan yang diberikannya.

HUNTER CHEN-Biskom2

Edimax memperkenalkan berbagai produk  Edimax Pro untuk bisnis tahun lalu. Mengapa pergeseran fokus pada perusahaan? 

Kami merasa memiliki kemampuan yang kuat di korporasi sehingga menempatan diri untuk mengembangkan lini produk perusahaan. Kami sudah punya beberapa pengalaman di sana dengan latar belakang original design manufacturer (ODM) dan telah menunjukkan kekuatan kami di pasar SOHO.

Jadi secara alami ini merupakan langkah berikutnya menyediakan solusi jaringan lengkap untuk enterprise. Ditambah, kami memiliki jaringan layanan pelanggan yang kuat dan tempat yang bisa diadaptasi untuk perusahaan.

Bila melihat tren global dalam industri WLAN, maka terlihat pasar rumahan semakin besar sehingga sangat penting untuk diversifikasi dan menghasilkan lini bisnis baru.  Edimax Pro akan melakukannya dengan baik, terutama di pasar berkembang dan kami akan sulit dikalahkaan karena memiliki kekuatan teknologi jaringan terbaru namun memiliki harga paling terjangkau. Selain itu kami mempunyai program kemitraan yang besar untuk distributor dan reseller.

Apa jenis nilai tambah yang didapatkan konsumen dari produk Edimax?

Kami memiliki banyak hal, baru-baru ini saja telah menambahkan fungsi auto upgrade firmware ke router kami sehingga konsumen bisa melakukan up to date sendiri. Selain itu juga menambahkan fitur proxy DNS pintar yang benar-benar mudah digunakan dan memungkinkan pengguna melakukan pembatasan lokasi sekitar online. Selain itu router kami memiliki fungsi 5-in-1 yang artinya dapat berfungsi sebagai router WiFi, access points, range extenders, wireless bridges dan WISPs.

Pada dasarnya apa pun yang butuhkan di rumah telah tersedia. Ini merupakan fitur hebat karena kini semua orang dapat membangun jaringan di rumah dengan sangat  mudah dengan setup wizard kami yang baru. Padahal sebelumnya, pengguna harus flash firmware pihak ke-3 dan belajar sistem baru, dan sebagian besar konsumen rumah tidak akan tahu bagaimana melakukan hal tersebut. Lalu ada beragam aplikasi yang terkoneksi secara real time dengan perangkat smartphone Android atau iOS agar para pengguna mudah mengatur extender maupun kamera Edimax secara mobile. Fungsi unik dari extender Edimax juga meliputi aplikasi Good Night Mode dan WiFi Scheduling untuk mengatur secara otomatis sistem kerja WiFi pada malam hari.

Beragam inovasi ini membuktikan bahwa kami selalu mencari cara untuk memberikan nilai tambah. Kami telah berproduksi selama 30 tahun sehingga kualitas dari produk Edimax dapat dipercaya.   Bila melihat dari sisi harganya sendiri nilainya sangat kompetitif, sehingga kompetitor pun bisa kami kalahkan.

Bisa berikan contoh beberapa desain dan fungsi yang unik dari produk Anda? 

Desain produk kami menjadi lebih baik dan semakin baik setiap harinya. Kami telah mendirikan Design Center baru di HeadQuarter kami di Taipei. Jika dicontohkan ada BR-6288ACL dan EW-7288ACP yang merupakan produk yang tidak dapat ditemukan pada brand lain. Keduanya memiliki desain tegak nan unik yang sepenuhnya dapat menyatu dengan sempurna ke setiap sudut rumah, serta berteknologi tinggi dan modern.

Menjadi pemenang Red Dot Product Design Award dalam dua tahun terakhir berturut-turut tentunya dapat dilihat seberapa jauh kami telah berkembang dalam hal estetika. Si kecil EW-7438RPn Air adalah extender paling bergaya dengan lingkaran cincin LED di bagian depan yang dapat bertindak seperti lampu malam juga. Meskipun kecil, produk ini mempunyai daya yang besar di dalamya. Sedangkan CAP1750 adalah Edimax Pro jalur akses 11ac kelas perusahaan dengan bentuk tipis seperti disc.

Anda menyebutkan Design Center baru di Taipei. Bisakah Anda ceritakan lebih lanjut tentang hal itu?

Design Center ini didirikan tahun lalu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan desain dan mengembangkan citra merek perusahaan kami. Ini sangat membantu kami untuk memilki segalanya bersama dalam satu atap untuk menyatukan tema dan gagasan dalam mendesain produk, desain UI, desain kemasan hingga desain pameran. Dengan ini, grafis desainer berbakat dan desainer industri dapat bekerjasama dan berbagi sumber daya, keterampilan dan ide-ide. Design Center kami merupakan lingkungan yang mampu mendorong kreativitas menjadi lebih baik. Hal ini terlihat sangat menjanjikan untuk masa depan membawa profesional tingkat tinggi bersama dengan kebebasan untuk melakukan yang terbaik.

Lalu, bagaimana konsumen Indonesia bisa mendapatkan produk-produk berinovasi unggul ini?

Saat ini kami mempunyai traditional channel dan modern channel. Jadi produk kami sudah tersebar secara nasional melalui distributor-distributor kami yang ada. Produk kami mudah didapatkan, karena bisa dibeli juga secara online melalui modern channel kami, seperti Lazada, Bhinneka, Tokopedia, Blibli dan lainnya.

Selain itu kami juga ada corporate project yang bekerjasama dengan integrator system untuk mengerjakan proyek-proyek besar seperti hotel. Berbeda dengan brand lainnya, kami berani memberikan garansi 3 tahun untuk setiap produk Edimax, kecuali kamera yang hanya bergaransi 2 tahun. ANDRI/M. TAUFIK (foto)