AMD4AMD selaku pengembang kartu grafis ternama di dunia kembali menelurkan produk terbarunya dengan berbagai teknologi yang dapat membawa para gamer memasuki sebuah era baru dalam PC gaming. Tidak tanggung-tanggung, untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen yang berbeda, AMD menyediakan 6 model kartu grafis Radeon yang masuk dalam jajaran R9 dan R7 300.

Disampaikan  Chief Gaming Scientist AMD, Richard Huddy, rangkaian Radeon terbaru dari AMD ini merupakan kartu grafis pertama di dunia yang menggunakan revolusioner HBM (High-Bandwidth Memory) berupa memori baru yang dapat memberikan kinerja per watt 3x lebih besar dibandingkan yang sebelumnya. Selain itu, grafis ini mendukung pengalaman gaming 4K dan solusi VR (Virtual Reality) paling canggih.

AMD2“Kartu grafis generasi baru AMD ini membawa resolusi super tinggi, pengalaman VR yang luar biasa, memberikan dukungan baru untuk API (Application Programming Interface) yang lebih canggih seperti DirectX 12 dan Vulkan, serta form factor terbaru yang dinamis untuk memenuhi kebutuhan virtual dengan harga yang terjangkau,”ujar Huddy, di Jakarta (29/6).Disebutkannya, rangkaian AMD Radeon generasi terbaru yang diluncurkan meliputi R9 Fury X (US$ 649), R9 390X (US$ 429), R9 390 (US$ 329), R9 380 (US$ 199), R7 370 (US$ 149) dan R7 360 (US$ 109).

R9 Fury X, dijelaskan Huddy, merupakan graphic processing unit (GPU) paling canggih dan inovatif yang diciptakan untuk pasar enthusiast dengan memori GDDR5 4.096-bit yang dirancang secara premium. Meski demikian, GPU ini dibuat dengan ukuran hanya sekitar 7,5 inci atau 19 cm saja sehingga lebih fleksibel.

Sementara itu, untuk kelas yang berbeda, Radeon R9 300 memberikan grafis berkekuatan 4K yang didukung teknologi Virtual Super Resolution yang memungkinkan tampilan HD berkualitas 4K. Seri ini juga membuat dunia virtual tampak nyata dengan membawa teknologi AMD LiquidVR, serta dilengkapi AMD FreeSync untuk menghilangkan gambar lag dan patah-patah.

Sedangkan seri R7 300 dirancang untuk menjalankan gaming online dengan kinerja lebih tinggi dari 60fps pada 1080p  atau 1440p. Selain itu, seri ini juga bisa menjalankan game secara multi-display berkat teknologi AMD Eyefinity.

Secara keseluruhan, grafis generasi terbaru yag diluncurkan ini sudah dilengkapi dengan DirectX 12, OpenGL 4.5 dan Vulkan. Dimana teknologi yang dihadirkan AMD merupakan sebuah er baru dalam PC gaming yang mengedepankan performa gaming, fleksibiltas dan kualitas gambar. •ANDRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.