SONY DSC

GLOBAL Channel Resources (GCR), perusahaan penyedia  layanan berbasis Cloud dan pasar online yang bermarkas di Singapura, hari ini mengadakan Seminar yang Smart Retail Portal di Indonesia. Seminar yang ditujukan bagi para system integrator dan value added reseller ini diselenggarakan berkat kerjasama dengan PT Global Master Teknologi (GMT), perusahaan dalam negeri yang selama ini menjadi mitra  GCR.

Seminar diadakan pada 19 November 2015 di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta, mulai pukul 9  hingga 15.00 WIB. Melalui seminar yang mengangkat tema Smart Retail Automation,  CGR berharap peserta nantinya dapat memberdayakan bisnis berdasarkan perspektif customer.

Seminar ini menjelaskan  konsep Online to Offline to Online (O2O2O), yakni sebuah metode yang efektif untuk para distributor dalam menyediakan layanan bagi industri retail. O2O2O merupakan cara untuk terus dapat berkomunikasi dengan customer baik jalur tradisional ataupun digital yang pada akhirnya  akan menghasilkan lingkaran retail yang tepat. Hal ini sangat penting, khususnya untuk toko-toko konvensional yang selama ini bersaing dengan penjual yang bergelut dalam bisnis e-commerce ataupun para peretail diskon.

Sebagai informasi, selama ini GCR telah berpengalaman dalam mengoperasikan suatu  marketplace berbasis online untuk Smart SaaS dan terhubung dengan solusi internet of thins (IoT). Melalui layanan-layanan yang ditawarkan, para partner distributor dapat menyediakan, mengintegrasikan, merakit, mempromosikan dan men-deploy smart SaaS dan total solusi IoT dari vendor partner penyedia solusi kepada para customer.

Di seminar ini, GCR dsn PT. GMT menjelaskan dan mendemonstrasikan video sistem analysis, suatu portal marketing berbasis WiFi yang mampu menghasilkan uang sendiri. Sistem penganalysis video juga dapat menghitung trafik pengunjung dari suatu toko, melakukan tracking rute belanja, mengindentifikasi detail demografisnya, membantu para pemain retail untuk mengevaluasi kampanye marketing mereka serta menyesuaikan penempatan produk secara dinamis.

Selain itu, portal marketing berbasis WiFi dan pengontrol aplikasi bisa menjadi alat broadcast marketing yang hebat yang menyediakan coverage WiFi bagi customer. Di shopping Mall, dan di cruise center, pengontrol aplikasi dapat mengirimkan iklan mobile ke perangkat mobile milik customer yang saling terhubung dan Portal Marketing berbasis WiFi, sekaligus menyediakan statistik yang akurat untuk toko dalam merencanakan promosi produk dan jasa mereka dengan biaya  yang efektif.

SONY DSC

Tony Tsao, Chairman GCR di sela-sela acara mengatakan, “Saya sangat terkejut karena sebagian besar peserta seminar dan system integrator begitu antusias mengikuti seminar, terutama saat segmen solusi IOT yang kami tunjukkan. Ini berarti bahwa banyak peserta yang mencari peluang untuk diversifikasi bisnis mereka diluar usaha perdagangan konvensional untuk mengembangkan ide-ide baru.”

Sebagian besar dari mereka, papar Tony, menemukan bahwa pelanggan akan menjadi kata kunci untuk menjual solusi IoT karena penting untuk memberi mereka fleksibilitas yang besar dan kesempatan untuk membuat pendapatan retensi jangka panjang. Dengan kata lain, menjual layanan TI adalah era baru disamping menjual hardware. Layanan IoT adalah satu-satunya cara cerdas untuk membantu memperbaiki return on investment (ROI) setiap perusahaan. “Oleh karena itu GCR termotivasi untuk lebih produktif mencari partnership di Indonesia,” jelas Tony.

Sementara, PT. GMT yang berpengalaman dalam penjualan produk tentunya memiliki channel distribusi yang luas,  sehingga PT GMT dipercaya dapat membantu memperkenalkan solusi yang ditawarkan GCR kepada customer di seluruh Idonesia, sekaligus memberikan nilai tambah dan mempererat ikatan dengan para customer.

Sarki Gunawan, Direktur PT. GMT menyampaikan, “Ini adalah pertama kalinya PT GMT menyelenggarakan seminar yang bekerjasama dengan GCR. Kedepan, kami berencana dapat mengadakan seminar secara rutin, mengingat solusi dan layanan berbasis internet begitu cepat berkembang sehingga para system integrator memerlukan update yang cepat pula.”

Pada kesempatan itu, Sarki juga menyampaikan kebanggaannya karena acara ini dihadiri oleh begitu banyak partner PT. GMT dan juga para pengusaha yang bergabung dalam Asosiasi Pengusaha Komputer (Apkomindo).

Mengomentari hal ini, Soegiharto Santoso, Ketua Umum DPP Apkomindo yang turut hadir mengatakan, “Apkomindo menyambut baik cara yang digelar GCR dan PT GMT karena sejalan dengan misi Apkomindo, dimana dalam kondisi ekonomi nasional yang relatif lesu, para pebisnis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diharapkan tidak hanya mengandalkan penjualan hardware, karena daya beli masyarakat tengah menurun. Masyarakat dan pelaku ekonomi mengharapkan solusi yang efektif untuk memajukan usaha mereka. Maka solusi IoT menjadi salah satu jalan keluar yang tepat.”

Soegiharto juga menyampaikan, Apkomindo terbuka untuk menjalin kerjasama seluas-luasnya dengan berbagai pihak demi kemajuan bisnis TIK bagi seluruh anggotanya. 

loading...